Warga Eropa Bersiap Mengungsi dari Nigeria yang Tegang Pasca Kudeta

Warga Prancis dan Eropa akan dievakuasi pada Selasa dari Nigeria, enam hari setelah kudeta menggulingkan salah satu pemimpin pro-Barat terakhir di Sahel yang dilanda jihadis. dan memicu demonstrasi anti-Prancis.

oleh Arny Christika PutriFadjriah Nurdiarsih diperbarui 02 Agu 2023, 13:35 WIB
Warga Eropa bersiap mengungsi dari Niger yang tegang pasca Kudeta
Warga Prancis dan Eropa akan dievakuasi pada Selasa dari Nigeria, enam hari setelah kudeta menggulingkan salah satu pemimpin pro-Barat terakhir di Sahel yang dilanda jihadis. dan memicu demonstrasi anti-Prancis.
Penumpang terlihat di luar Bandara Internasional Diori Hamani di Niamey pada 1 Agustus 2023. Warga Prancis dan Eropa akan dievakuasi pada Selasa dari Nigeria, enam hari setelah kudeta menggulingkan salah satu pemimpin pro-Barat terakhir di Sahel yang dilanda jihadis. dan memicu demonstrasi anti-Prancis. (AFP)
Ratusan warga negara Eropa dievakuasi dari Nigeria setelah kudeta militer yang menjerumuskan negara Afrika Barat itu ke dalam krisis politik dan mengguncang kawasan tersebut. (Handout / Etat Major des Armées / AFP)
Presiden Mohamed Bazoum digulingkan pada tanggal 26 Juli oleh pengawalnya sendiri, dalam kudeta ketiga di wilayah tersebut dalam beberapa tahun terakhir setelah pengambilalihan kekuasaan di negara tetangganya, Mali dan Burkina Faso. (Photo by Lou Benoist / AFP)
Dua pesawat Airbus A330 yang dikirim oleh Prancis tiba di bandara di ibukota Niamey pada Selasa sore. (Photo by Handout / Etat Major des Armées / AFP)
Sedikitnya 262 orang, termasuk 12 bayi, telah meninggalkan negara itu dengan menggunakan satu pesawat, kata Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna. (Photo by Lou Benoist / AFP)
Setelah kerumunan massa yang bermusuhan berkumpul pada hari Minggu di luar kedutaan besar Prancis dan Nigeria menuduh Prancis berencana untuk melakukan intervensi militer, Paris mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan menarik warganya dan menawarkan untuk mengevakuasi warga Eropa lainnya. (STRINGER / AFPTV / AFP)
Diperkirakan terdapat 600 warga negara Perancis di Nigeria, tidak termasuk turis yang sedang berkunjung atau penduduk Perancis yang saat ini berada di luar negeri. (Photo by Lou Benoist / AFP)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya