Perjalanan JKT48 Menjadi Girl Group Terdepan di Indonesia Bersama IDN Media

JKT48 merupakan sister group pertama grup idol Jepang AKB48 yang berada di luar Jepang.

oleh Aditia Saputra diperbarui 03 Agu 2023, 22:04 WIB
JKT48 (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta JKT48 merupakan grup idol populer di Indonesia yang telah mencapai kesuksesan yang luar biasa sejak menjadi bagian dari ekosistem IDN Media. Memanfaatkan ekonomi kreator sebagai sektor industri baru yang menjanjikan, IDN Media telah mengembangkan potensi setiap anggota JKT48 sebagai kreator konten, yang menghasilkan engagement yang lebih kuat dari audiens baik secara online maupun offline.

Selain itu, JKT48 juga memanfaatkan teknologi yang dimiliki IDN Media seperti live streaming di IDN Platform, sehingga mereka dapat tetap terhubung dengan para penggemar mereka selama pandemi serta memupuk loyalitas para penggemar yang lebih tinggi bahkan di masa setelah pandemi.

JKT48 sendiri merupakan sister group pertama grup idol Jepang AKB48 yang berada di luar Jepang. JKT48 dengan cepat mendulang popularitas, terdiri dari perempuan muda Indonesia yang menunjukkan bakat mereka dan berinteraksi dengan para penggemar secara rutin melalui berbagai acara, seperti handshake, roadshow hingga pertunjukan rutin di teater JKT48 yang berlokasi di Jakarta.

Sejak tahun 2022, JKT48 resmi bergabung di dalam ekosistem IDN Media. Dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya yang dimiliki IDN Media, JKT48 terus melebarkan sayap, tidak hanya menjadi performers yang memukau penggemar lewat rilisan lagu-lagu dan pertunjukan, tetapi juga mengembangkan potensi masing-masing anggota JKT48 untuk berkarya di industri hiburan yang terus berkembang seiring perkembangan teknologi.

"Industri content creators adalah industri yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Perubahan dalam format konten tidak membatasi orang untuk menjadi kreatif dan menghasilkan konten. Mereka ingin menghasilkan konten yang bisa menghibur orang, dan semoga bisa menghasilkan keuntungan. Mengingat potensi industri content creator di Indonesia, IDN Media yakin bahwa JKT48 dapat bertahan sebagai grup idola Indonesia. Para anggota dapat tumbuh tidak hanya sebagai bagian dari grup, tetapi juga berkembang sebagai individu bertalenta yang dapat mengeksplorasi lebih banyak peluang dalam ekonomi pembuat konten," ujar Winston Utomo, Pendiri dan CEO IDN Media, menjelaskan salah satu alasan untuk akuisisi tersebut kembali pada tahun 2022.

 


Base Penggemar

Aksi panggung member JKT 48 saat menghibur penonton dalam acara 'JKT48 Request Hour Setlist Best 30 2017', Jakarta, Sabtu (4/11). Para fans memilih 30 lagu dari antara seluruh lagu yang ada dengan cara voting. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

JKT48 memiliki base penggemar yang masif dan solid. Loyalitas penggemar terlihat dari pergerakan mereka yang masif dalam mengikuti kegiatan idol kesukaan mereka ke berbagai event konser dan handshake. Pengaruh JKT48 yang begitu besar terhadap keputusan para penggemarnya dalam mengkonsumsi konten, barang, dan jasa yang dipromosikan JKT48 menjadikan masing-masing anggota JKT48 sebagai kreator konten potensial dengan daya tawar yang tinggi untuk berkolaborasi dengan brand.

IDN Media pun menyadari potensi setiap anggota JKT48 sebagai kreator konten. Karenanya, IDN Media memberikan pelatihan, sumber daya, dan dukungan untuk membantu para anggota JKT48 mengembangkan personal branding mereka dan menciptakan konten yang positif dan relevan untuk para penggemarnya di berbagai platform. Pendekatan ini memungkinkan JKT48 membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens melalui program Temen Ngobrol dan Temen Makan di platform live streaming IDN Live. Program ini berhasil membangun interaksi antara para anggota JKT48 dengan audiens melalui berbagai keseruan.

 


Menghasilkan Konten

Selain JKT48, beberapa nama besar juga tampil di panggung Festival 6. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Lebih lanjut, IDN Media mendorong para anggota JKT48 untuk mendiversifikasi skill mereka di industri hiburan yang bergerak dinamis ini melalui ICE, sehingga mereka dapat menghasilkan konten yang sejalan dengan kepribadian mereka. ICE adalah agensi pembuat konten di dalam ekosistem IDN Media yang menghubungkan brand dan kreator konten untuk berkolaborasi. ICE memungkinkan kreator konten dan influencer berpengalaman maupun baru untuk mendapatkan kesempatan berkolaborasi dengan brand. Sementara itu, brand dapat memilih menggunakan jasa content creator dan influencer yang sesuai untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. ICE memiliki peran signifikan dalam menumbuhkan ekonomi kreator.

Perkembangan anggota JKT48 ini tidak hanya memperkuat JKT48 sebagai sebuah grup idola tetapi juga memupuk loyalitas di antara para penggemar yang menghargai perjalanan masing-masing anggota kesukaan mereka.

Didukung dengan teknologi terkini, IDN Media menjembatani kesenjangan antara JKT48 dan penggemar mereka saat pandemi. Fitur live streaming di IDN Platform menjadi wadah bagi grup ini untuk tetap terhubung dengan audiens mereka. Anggota JKT48 memanfaatkan live streaming untuk berinteraksi dengan penggemar, berbagi momen di balik layar, menyelenggarakan pertunjukan, melakukan sesi tanya jawab, dan membagikan konten-konten eksklusif lainnya. Adaptasi teknologi ini memungkinkan JKT48 untuk tetap hadir di tengah penggemar setianya dan membangun loyalitas merek bahkan meski interaksi fisik terbatas.

“Pandemi yang melanda Indonesia membatasi interaksi sosial sehingga melumpuhkan industri hiburan saat itu. Untungnya, IDN Platform melalui IDN Live dapat membantu JKT48 meningkatkan engagement melalui sesi live streaming rutin. Dengan demikian, JKT48 masih dapat berinteraksi dengan penggemar setianya dan menghibur penonton di tengah masa sulit," kata Zefanya Deby, Head IDN Platform.

 


Live Streaming

Pemanfaatan live streaming dan platform digital lainnya selama pandemi memberikan kesan yang mendalam bagi penggemar JKT48. Penggemar dapat menjalin hubungan emosional yang lebih dalam dengan JKT48 sehingga meningkatkan loyalitas penggemar. Saat dunia secara bertahap kembali normal pasca-pandemi, relasi yang terjalin selama masa pandemi ini diharapkan dapat meningkatkan engagement dan loyalitas audiens bagi JKT48.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya