Cerita Jokowi Tempuh Perjalanan Jakarta-Sukabumi Hampir 6 Jam Sebelum Ada Tol

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menceritakan pengalamannya menempuh perjalanan lebih dari lima jam dari Jakarta ke Sukabumi, Jawa Barat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 04 Agu 2023, 14:15 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak di Sukabumi, Jumat (4/8/2023). Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menceritakan pengalamannya menempuh perjalanan lebih dari lima jam dari Jakarta ke Sukabumi, Jawa Barat. Lamanya perjalanan itu ditempuh Jokowi sebelum ada Tol Ciawi-Sukabumi.

Dia bersyukur Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sudah diresmikan dan bisa dioperasikan, Jumat (4/8/2023). Keberadaan tol ini mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi.

"Alhamdulillah ruas Cigombong-Cibadak dan ini akan mempercepat perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi. Biasanya 5 jam menjadi 2,5 atau 2 jam. Bahkan sebelumnya ada yang sampai 6 jam, 9 jam, 8 jam," kata Jokowi usai meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, Jumat (4/8/2023).

Dia mengatakan lamanya perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi ini disebabkan adanya pasar dan pekerja yang keluar masuk pabrik. Oleh karena itu, terjadi kemacetan.

"Saya ngalamin sendiri sekali, hampir 6 jam (perjalanan Jakarta ke Sukabumi)," ujar Jokowi.

Dengan adanya Tol Ciawi-Sukabumi, Jokowi menyebut mobilitas orang dan barang akan semakin cepat. Jalan bebas hambatan ini juga mempermudah perjalanan ke destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi.

"Kalau mau ke Pelabuhan Ratu, ke Geopark Ciletuh, ke Ujung Genteng semuanya menjadi terbuka karena lebih cepat," tutur Jokowi.

Seksi Berikutnya Dibangun Secepatnya 

Dia memastikan pembangunan tol seksi berikutnya akan didorong secepatnya. Sehingga, bisa sampai ke Sukabumi Barat.

"Semuanya dorong secepatnya. Sampai nanti ke Sukabumi Barat," ucap Jokowi.

Pada sisi lain, Jokowi menyampaikan bahwa tol ini merupakan hadiah HUT ke-78 Kemerdekaan RI dari pemerintah untuk Provinsi Jawa Barat.

"Ya ini kado ulang tahun kemerdekaan yang ke-78 ke Provinsi Jawa Barat, khususnya ke Sukabumi," pungkas Jokowi.

 


4 Seksi

Sebagai informasi, ruas Cigombong-Cibadak merupakan bagian dari Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km. Saat ini pembangunan ruas tol ini sudah mencapai 75,55 persen dan ditargetkan selesai akhir 2021.

Secara kesuruhan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Kemudian Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 km, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Jalan ini nantinya terkoneksi dari Jakarta menuju Kota/Kabupaten Sukabumi dengan terhubung Tol Jagorawi di sebelah utara. Diharapkan dengan selesainya Tol Ciawi - Sukabumi akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya