Waspada, 6 Gejala Demensia Dapat Berkembang Sejak Anda Berusia 30 Tahun

Berikut ini tanda demensia yang harus diwaspadai karena dapat berkembang sejak Anda berusia 30 tahun

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Agu 2023, 15:32 WIB
Ilustrasi demensia. (Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang diperingatkan bahwa demensia dapat "sulit dikenali" karena sangat bervariasi, tetapi ada enam tanda yang harus diwaspadai dan dapat dimulai pada usia awal 30-an, kata seorang ahli.

Saat ini ada sekitar 900.000 orang yang hidup dengan demensia di Inggris dan angka ini dapat meningkat hingga 1,6 juta pada tahun 2040. Artinya, seseorang mengembangkan demensia setiap tiga menit tahun ini, menurut Alzheimer's Society.

Para peneliti sedang mencari cara untuk mengalahkan demensia dan ada banyak uji coba obat yang sedang dilakukan dengan harapan dapat memperlambat perkembangannya tetapi tidak ada obat untuk kondisi tersebut. Dan sulit untuk mendiagnosis demensia karena cenderung berbeda dari orang ke orang.

Tapi Bernadette Mossman, dari Vida Healthcare, mengatakan ada beberapa tanda yang harus diwaspadai. "Demensia adalah sindrom yang terkait dengan penurunan fungsi kognitif dan kemampuan mengingat yang mengganggu kehidupan sehari-hari, hingga seseorang tidak lagi mandiri," katanya.

"Tidak hanya ada beberapa jenis demensia [lebih dari 200 subtipe] tetapi gejalanya dapat bervariasi dari orang ke orang, yang membuatnya sulit untuk dikenali." Dia menambahkan: "Namun, ada beberapa tanda umum yang harus Anda waspadai."

Ini berkisar dari tanda demensia yang kebanyakan orang kaitkan dengan kondisi tersebut, kehilangan ingatan, hingga kesulitan berkonsentrasi dan perubahan suasana hati. Beberapa orang mungkin memperhatikan bahwa mereka memiliki tanda-tanda awal jika mereka mulai merasa sulit untuk mengikuti percakapan, bingung di mana mereka berada, atau sekadar melakukan tugas sehari-hari yang biasa.

"Sayangnya, saat ini tidak ada obat atau pengobatan untuk membantu orang pulih dari demensia," kata Ms Mossman kepada Express. "Tapi pendekatan yang tepat masih bisa memastikan orang yang hidup dengan demensia hidup dengan baik dan memiliki kualitas hidup yang baik."

Berikut ini enam tanda awal demensia tersebut:

  • Kehilangan memori
  • Sulit berkonsentrasi
  • Perubahan suasana hati
  • Berjuang untuk mengikuti percakapan
  • Kebingungan tentang waktu dan tempat
  • Kesulitan dalam melakukan tugas-tugas yang biasa

Sementara demensia secara logis dilihat sebagai kondisi yang mempengaruhi orang lanjut usia, orang berusia 30 tahun juga dapat mengembangkan penyakit ini. "Ketika seseorang mengalami demensia sebelum usia 65 tahun, ini dikenal sebagai 'demensia onset muda', atau 'demensia onset dini'," kata Ms Mossman.

Dan siapa pun yang percaya bahwa mereka menderita demensia disarankan untuk membuat janji temu dengan dokter di mana mereka dapat diberikan berbagai tes berbeda. Sayangnya pengobatan dan perawatan hanya dapat menunda timbulnya demensia.

Ms Mossman juga memiliki beberapa saran untuk pasien demensia ketika mereka mencapai tahap akhir dari kondisi tersebut. “Pertunjukan seni, melukis, bahkan terapi hewan, dapat memberikan kegiatan yang bermakna dan menyenangkan bagi penderita demensia,” ujarnya.


Wajib Coba, Ini 4 Cara Mengendalikan Emosi dengan Cepat

ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Raka Miftah from Pexels

Setiap hari, kita menghadapi segudang emosi, mulai dari yang sifatnya positif hingga negatif. Meskipun emosi bisa memperkaya hidup kita, terkadang emosi juga bisa membuat kewalahan dan menantang untuk dikelola.

Belajar mengatur emosi kita secara efisien bisa mengarah pada peningkatan kesejahteraan mental. Terkadang, kita akan mendapati diri kita tidak mampu mencari solusi komprehensif atau menyadari bahwa mengungkapkan emosi kita mungkin tidak sesuai untuk keadaan saat ini.

Dalam keadaan seperti itu, fokus utama kita menjadi kebutuhan untuk mengelola dan mengendalikan emosi kita secara efektif di saat yang tepat.

Oleh karena itu, ketahui beberapa cara untuk mengendalikan emosimu dengan cepat, seperti melansir dari Times of India, Sabtu (5/8/2023).

Selengkapnya...


5 Zodiak yang Malas Membalas Pesan Teks, Baik WhatsApp atau DM Instagram Sekalipun

Ilustrasi pria bahagia. (Photo by Jeremy McKnight on Unsplash)

Setiap orang memiliki seseorang dalam hidup mereka yang membutuhkan tiga hingga lima hari kerja untuk menanggapi pesan teks. Tidak masalah jika Anda membagikan TikTok yang lucu, mencoba membuat rencana, atau sekadar check-in untuk menyapa. Mereka juga tidak akan melihat pesan Anda - atau mereka akan langsung membaca, namun kemudian meninggalkan itu dalam keadaan 'read'.

Ada beberapa alasan mengapa tanda-tanda zodiak tertentu memiliki kebiasaan terkait pesan teks yang tidak dapat diprediksi - dan itu semua berkaitan dengan cara kepribadian mereka dipengaruhi oleh elemen tanda dan planet yang berkuasa. Demikian menurut Priscila Lima de Charbonierres, seorang astrolog profesional dan pendiri astrologi aplikasi kesehatan Soulloop.

Beberapa tanda zodiak memandang ponsel sebagai potongan plastik yang melelahkan dan tidak layak diperhatikan. Beberapa benci berkirim pesan teks, seringkali karena mereka lebih suka berbicara langsung. Dan yang lain terlalu sibuk dan tidak mau repot untuk membalasnya.

Selengkapnya...


7 Ciri yang Hanya Dimiliki Orang yang Menikmati Kesendirian, Anda Rasakan yang Mana?

Ilustrasi perempuan bahagia/copyright freepik.com/jcomp

Apakah Anda benar-benar suka menghabiskan waktu sendirian? Hal ini bukan berarti Anda single atau tidak memiliki teman sama sekali. Namun terkadang, walaupun Anda sangat menikmati waktu kebersamaan dengan teman-teman atau keluarga sekalipun, tapi tetap perlu "mengisi ulang" dan menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri.

Anda mungkin seorang introvert atau ambivert, yang berada di tengah-tengah antara introvert atau extrovert. Nah, menurut Hack Spirit, mereka yang suka menikmati waktu sendiri, ternyata memiliki ciri-ciri kepribadian khusus dibandingkan yang lainnya. Atau jika Anda cenderung lebih extrovert, tidak ada salahnya juga untuk membaca lebih detailnya di sini. Siapa tahu bisa menjadi wawasan baru saat sedang mendekati orang dengan kepribadian introvert.

Berikut ini adalah ciri-ciri yang biasa Anda atau mereka miliki, antara lain:

Selengkapnya...

Infografis Penjelasan Cuaca Panas Melanda Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya