Jokowi Resmikan Venue FIBA World Cup 2023 Indonesia Arena

Indonesia Arena resmi diresmikan jelang FIBA World Cup 2023 yang dimulai 25 Agustus 2023.

oleh Thomas diperbarui 07 Agu 2023, 12:30 WIB
Peresmian Indonesia Arena oleh Jokowi

Liputan6.com, Jakarta- Tiga minggu jelang FIBA World Cup atau Piala Dunia Bola Basket 2023, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan venue pertandingan Indonesia Arena yang berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (7/8/2023) siang.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasaste oleh Jokowi. Acara peresmian turut dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, Menparekraf Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono.

"Hari ini kita telah memiliki yang namanya Indonesia Arena. Sebuah stadion dengan kapasitas 16 ribu penonton kurang lebih. Dibangun dengan biaya Rp 640 miliar. Pembangunan selama 18 bulan sangat cepat sekali, ujar Jokowi dalam pidato sambutannya.

"Indonesia Arena ini bisa dipakai untuk turnamen basket utamanya tapi juga bisa untuk badminton, voli, futsal dan juga tentunya untuk konser. Jadi yang mau konser silakan segera daftar karena saya yakin ini akan lebih banyak digunakan untuk konser. Saya lebih senang kalau lebih banyak dipakai untuk olahraga tapi konser jg penting saya jg senang."

Indonesia Arena pertama kali akan dipakai untuk event Piala Dunia Bola Basket atau FIBA World Cup 2023. Ajang bergengsi bagi insan bola basket ini akan berlangsung 25 Agustus 2023.

 


Banjir Pemain NBA do FIBA World Cup 2023

Di FIBA World Cup 2023, Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Filipina dan Jepang. Indonesia akan menghelat laga kualifikasi Grup G dan H. Sedangkan fase gugur semuanya akan dipentaskan di Filipina.

Sederet pemain NBA akan tampil di Indonesia Arena. Kanada menjadi tim dengan pemain NBA terbanyak yang akan main di Indonesia. Ada bintang Denver Nuggets Jamal Murray, Dillon Brooks, RJ Barrett hingga Shai Gilgeous Alexander.

Prancis juga bakal menyertakan pemain top NBA seperti Rudy Gobert, Nicolas Batum dan Evan Fournier. Kemudian ada juga bintang Latvia Kristaps Porzingis hingga pemain NBA yang ikut main film Juancho Hernangomez dari Spanyol.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya