Pengurus Daerah ICMI Jakarta Barat Siap Kolaborasi Ekonomi Syariah dan Kerakyatan

ICMI merupakan suatu wadah para cendekiawan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan umat Islam dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta iman dan takwa.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Agu 2023, 13:09 WIB
Majelis Pengurus Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jakarta Barat periode 2022-2027 resmi dilantik. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Pengurus Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jakarta Barat periode 2022-2027 resmi dilantik. ICMI Jakarta Barat siap menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan, ekonomi syariah, dan UMKM halal Indonesia.

ICMI adalah sebuah organisasi muslim di Indonesia dan merupakan wadah untuk bersinergi, berkomunikasi, dan berprestasi guna mengangkat harkat kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara Indonesia dalam rangka pengabdian kepada Allah SWT.

Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto dalam sambutannya menyampaikan ICMI merupakan suatu wadah para cendekiawan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan umat Islam dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta iman dan takwa.

"Pilihan ini tepat, karena penguasaan IPTEK dan IMTAQ akan menjadi faktor penentu bagi suksesnya pembangunan Indonesia," jelasnya, Selasa (8/8/2023).

Ketua Orwil ICMI DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria perkembangan IPTEK yang harus di imbangi dengan peningkatan IMTAQ sehingga ada yang dapat menjaga kita untuk tetap dijalan yang lurus dijaman teknologi seperti sekarang.

"Semoga kita terus berperan aktif dalam penyebaran informasi yang benar dan kepada seluruh pengurus ICMI Jakarta Barat untuk tidak berpolitik praktis," jelasnya.

Pemilihan tema 'Membangun Sinergi Para Cendekiawan Muslim dalam Mewujudkan Pembangunan Daerah' dalam pelantikan itu disematkan dengan harapan yang cukup besar. ICMI ORDA Jakarta Barat akan terus merajut sinergi para cendekiawan muslim yang berada di wilayah khususnya di Jakarta Barat.

Ketua ORDA ICMI Jakbar, Muhammad Fandy Wirawan menyampaikan bahwa ekonomi berbasis Syariah juga turut memiliki potensi besar di Indonesia. Hal ini berdasarkan data Kementerian Agama, dimana jumlah pondok pesantren (ponpes) di Indonesia pada 2020 berjumlah 28.194 yang 44,2 persen di antaranya berpotensi ekonomi.

Dalam pelantikan ini dilakukan juga sebuah penandatangan MOU antara ICMI ORDA Jakarta Barat dengan beberapa perusahaan sebagai simbol akan dilaksanakannya program kerja ICMI Jakarta Barat dalam masa bakti 2022-2027.

ICMI ORDA Jakarta Barat juga memberikan wakaf sebanyak 200 Alquran yang diserahkan secara simbolis kepada Walikota Jakarta Barat untuk wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat.

Adapun jajaran pengurus yang dilantik antara lain Muhammad Fandy Wirawan sebagai Ketua, Hendra Hermawan sebagai Sekretaris, Agus Riyanto sebagai Bendahara serta 60 orang pengurus lainya.

 

 

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya