Yayan King Musa, dari Profesi Waiter Hingga Buka 26 Cabang Usaha Berkat Main Game

Yayan King Musa dikenal dengan sebutan King Musa sebagai gamers sekaligus Youtuber.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Agu 2023, 20:16 WIB
Yayan King Musa (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menjadi pebisnis di usia muda bukan hal yang mustahil. Selagi berani memulai serta mengambil risiko, kesuksesan di bidang wirausaha dapat dicapai secara perlahan. 

Dengan bantuan kemajuan teknologi digital juga akan membuat aktivitas berbisnis menjadi lebih mudah. Seperti halnya yang dilakukan oleh influencer A Musayan Efendi, pengusaha muda asal Surabaya Jawa Timur. Pria biasa dikenal dengan sebutan King Musa sebagai gamers sekaligus Youtuber. Di Instagram, ia lebih sering dipanggil @yayanthekiller. 

Perjalanan karier @yayanthekiller sebetulnya cukup berliku. Bermodalkan uang dari hasil main game, kini dirinya sudah memiliki 26 cabang coffee shop di berbagai daerah. Yayan bahkan mengklaim, sudah memiliki ratusan karyawan dan meraup omset hingga milyaran rupiah. 

"Saya menjadi pengusaha dengan modal awal diperoleh dari YouTube. Hingga saat ini punya banyak usaha dimana mana,” ungkapnya dalam keterangan tertulis. 

 


Kerja Keras

Bagi Yayan, pencapaiannya ini merupakan buah dari kerja keras disertai dengan personal branding yang kuat. Tak heran, Yayan sangat aktif ngonten di berbagai platform media sosial. Sebut saja Instagram dan TikTok, dengan nama King Musa. Di sana ia sering berbagi inspirasi dan cerita menarik untuk ratusan ribu follower yang ia miliki. 

Adapun tema yang dibahas Yayan di TikTok ialah perihal karier dan pekerjaan, tips meraih kesuksesan hingga beragam kalimat motivasi. 

“Kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman di era digital ini. Karena tak cuma di Indonesia tetapi di seluruh dunia, sudah mulai fokus ke digitalisasi,” jelasnya. 

 


Tak Pernah Berubah

Pria yang pernah bercita-cita menjadi pesepakbola ini mengatakan, hidupnya tak akan pernah berubah bila terus berada di zona nyaman. Apalagi persaingan di dunia pekerjaan dan dunia wirausaha semakin ketat. 

“Dulunya di tahun 2017 saya hanyalah karyawan biasa yang bekerja di salah satu restoran di Surabaya. Saya hanyalah seorang waiter biasa dari situlah karir saya,” kata Yayan. 

 


Inspirasi

Yayan berharap usaha yang dibangunnya saat ini dapat terus bertumbuh dan menjadi inspirasi para generasi muda. Tak cuma itu, ia juga ingin mempekerjakan lebih banyak orang agar bisa mengikis angka pengangguran di Tanah Air. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya