Aksi Dokter Diagnosa Pengidap Tumor di Restoran Ini Banjir Pujian, Tak Terduga

Pelanggan restoran dikejutkan diagnosa dokter.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 23 Agu 2023, 20:02 WIB
Aksi Dokter Diagnosa Pengidap Tumor di Restoran Ini Banjir Pujian (sumber: Douyin via SCMP)

Liputan6.com, Jakarta Gejala penyakit dalam hanya bisa dilakukan oleh dokter berpengalaman. Tak heran jika ada beberapa jenis penyakit yang tak diketahui penderitanya, bahkan sampai usia dewasa. Seperti sebuah kisah seorang pasien penderita tumor yang tidak tahu jika dirinya punya kelainan sampai seorang dokter mendekatinya.

Seorang dokter di Tiongkok baru-baru ini menjadi sorotan di negaranya karena tindakan heroiknya dalam menyelamatkan nyawa seorang wanita asing. Dokter bernama Zhao Ming dengan niat baiknya mendekati sesama pelanggan restoran mie memastikan wanita itu memiliki penyakit yang serius.

“Tumor yang dideritanya ganas. Karena naluri dokter saya, saya harus memberi tahu dia meskipun ada kemungkinan saya disalahpahami, ” kata Zhao Ming.

Zhao Ming merupakan anggota senior departemen bedah saraf di Rumah Sakit Rakyat Kota Zhuji di provinsi Zhejiang, Tiongkok timur. Keberhasilannya dalam menyelamatkan nyawa seorang wanita menjadi bukti betapa pentingnya peran seorang dokter dalam masyarakat.

Pasalnya, wanita yang tak disebutkan namanya itu tak tahu jika dirinya menderita tumor yang bisa membahayakan. Melansir dari SCMP dan CCTV, berikut Liputan6.com merangkum kisah aksi dokter diagnosa pengidap tumor di restoran, Rabu (23/8/2023).


Dokter Terkejut Melihat Ciri-Ciri Tumor Wanita Sesama Pelanggan Restoran

Aksi Dokter Diagnosa Pengidap Tumor di Restoran Ini Banjir Pujian (sumber: Douyin via SCMP)

Zhao Ming melihat wanita tersebut di sebuah restoran. Ia tidak bisa mengabaikan fakta bahwa penampilan wanita itu terlihat tidak normal. Bibir tebal, hidung lebar, dan tulang dahinya menonjol, serta jari-jarinya yang tebal dan besar, semuanya merupakan gejala khas adenoma hipofisis hormon pertumbuhan.

Meskipun Zhao Ming merasa khawatir bahwa tindakannya mungkin dianggap menghina penampilan wanita tersebut, dia merasa sudah menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang dokter untuk memberikan bantuan. Kejadian tersebut berlangsung pada pada November 2022 lalu.

Dia dengan lembut menghampiri wanita itu dan mulai bertanya tentang kondisinya. Pertanyaannya tentang diabetes membawa mereka ke arah yang benar. Dokter Zhao mencurigai adanya tumor di otak wanita tersebut.

Wanita yang awalnya merasa terkejut dengan perhatian Zhao Ming, akhirnya merasa tenang dan mendiskusikan kesehatannya dengannya. Dokter ini dengan bijak menawarkan nomor ponselnya, memberikan kemungkinan untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut atau perawatan.

Wanita tersebut mengungkapkan bahwa diagnosis Zhao Ming membuatnya syok. Pasalnya, tidak ada dokter lain yang pernah memperhatikan kondisinya sebelumnya. Beberapa hari kemudian, pemeriksaan menyatakan bahwa wanita itu benar-benar menderita tumor hipofisis, persis seperti yang telah didiagnosis oleh Zhao Ming di restoran.


Agendakan Operasi Pengangkatan Tumor

Aksi Dokter Diagnosa Pengidap Tumor di Restoran Ini Banjir Pujian (sumber: Douyin via SCMP)

Khawatir akan diagnosa tumor yang dideritanya, wanita itu segera menghubungi Zhao Ming untuk meminta operasi yang sangat dibutuhkannya. Beberapa hari kemudian, operasi dilakukan dan tumor berhasil diangkat. Wanita ini pulih sepenuhnya dan keluar dari rumah sakit hanya dalam waktu seminggu.

Wanita itu bersyukur dan tak henti-hentinya berterima kasih kepada Zhao Ming atas pengabdiannya yang telah menyelamatkan nyawanya. Kisah luar biasa ini sebenarnya sudah diberitakan oleh media lokal tahun lalu, tetapi menjadi viral setelah pemerintah provinsi Zhejiang mempromosikannya secara online sebagai bagian dari perayaan Hari Dokter China pada 19 Agustus.

Reaksi publik terhadap tindakan baik Zhao Ming sungguh mengesankan. Banyak orang di media sosial memuji kebaikan hatinya dalam "mencampuri urusan orang lain". Tak sedikit netizen yang mengingatkan betapa kata-kata yang baik dapat memiliki dampak yang lebih besar daripada jumlah uang. 

Ada juga harapan agar lebih banyak dokter menunjukkan belas kasihan dan kepedulian seperti yang ditunjukkan oleh Zhao Ming dalam peristiwa ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya