Resmi! Threads Versi Web Kini Bisa Diakses Pengguna di Indonesia

Threads versi web kini sudah tersedia untuk semua pengguna, termasuk di Indonesia. Begini pengalaman singkat dalam menggunakannya.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 25 Agu 2023, 09:31 WIB
Aplikasi Threads (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang telah dijanjikan oleh Meta pekan ini, mereka secara resmi mulai merilis versi web untuk jejaring sosial baru Instagram, Threads.

Pada Jumat (25/8/2023), Adam Mosseri, Head of Instagram, akhirnya mengumumkan bahwa Threads versi web kini sudah bisa diakses oleh semua pengguna, termasuk di Indonesia.

"Threads.net kini hadir untuk semua. Silahkan beri tahu bagaimana menurut Anda 🙏🏼" tulis Adam Mosseri melalui akun Threads-nya.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Threads versi web juga sudah dapat diakses di Indonesia melalui alamat Threads.net. Tampilan awal situs pun sudah berganti dari scan QR code aplikasi menjadi kolom login.

Jika masuk ke laman tersebut, pengguna bisa melakukan login dengan memasukkan username dan password Instagram.

Tampilan Threads versi web dalam mode gelap (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Tampilan Home Feed Threads versi web sendiri persis dengan apa yang sudah diungkap oleh Meta sebelumnya. Desain ini seakan memberikan desain campuran bernuansa Twitter, digabungkan dengan Instagram.

Bedanya, tombol navigasi untuk Home, Search, membuat postingan, Profil, dan notifikasi berada di bagian atas.

Sementara di bawah setiap postingan, bakal ada ikon untuk memberikan like, komentar, repost, dan share, serta jumlah balasan dan likes untuk unggahan tersebut.

Lalu di kiri bawah tampilan Threads Instagram, terdapat tombol untuk beralih antara For You yang berisi unggahan rekomendasi untuk pengguna, serta Following yang berisi postingan dari akun yang diikuti pengguna.

Di bagian kanan atas terdapat menu yang bisa dimunculkan dengan mengklik ikon dua garis. Salah satunya adalah Switch appearance, di mana pengguna bisa mengubah tampilan default yang berwarna putih, menjadi mode gelap.

Menu lain yang tersedia adalah About untuk informasi terkait situs web, Report a problem untuk melaporkan masalah, dan Log out.

Tampilan laman ini memang terasa kosong karena masih banyak ruang di bagian kiri dan kanan. Bukan tidak mungkin Instagram menyisakan bagian tersebut untuk fitur-fitur lain yang konon akan dihadirkan di platform.


Mark Zuckerberg Janjikan Fitur Baru di Threads

Tampilan situs Threads Instagram versi web (Meta)

Kehadiran versi web dari jejaring sosial Threads sendiri sudah dijanjikan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Dia juga janji mau meluncurkan lebih banyak fitur baru untuk media sosial yang disebut-sebut sebagai pesaing Twitter itu.

Hal tersebut usai dirinya, seperti dilaporkan BBC, mengakui Threads kehilangan lebih dari separuh pengguna.

Dalam town hall meeting internal, Zuckerberg mengatakan bahwa retensi pada aplikasi itu "lebih baik dari yang diperkirakan para eksekutif, tetapi itu tidak sempurna.

"Jika Anda memiliki lebih dari 100 juta orang yang mendaftar, idealnya akan luar biasa jika mereka semua atau bahkan setengahnya bertahan. Kita belum sampai di sana," kata Zuckerberg, mengutip NDTV, Rabu (2/8/2023).

Namun, co-founder Facebook itu juga mengklaim meski pengguna Threads anjlok, namun situasinya terbilang normal. "Penurunan pengguna itu wajar. Saya optimistis tentang peningkatan tingkat retensi saat kita menambahkan lebih banyak fitur ke aplikasi."

Sementara itu, Chris Cox, Product Officer Meta, mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak "pengait" yang mendorong retensi, demi menarik pengguna agar kembali ke aplikasi.

"Seperti memastikan orang yang menggunakan aplikasi Instagram dapat melihat Threads penting," ujarnya.


3 Fitur Baru Aplikasi Threads

Bos besar Facebook, Mark Zuckerberg alami kerugian besar usia tiga aplikasinya down hingga 6 jam. (Instagram/zuck).

Sebelumnya, Zuckerberg juga mengumumkan beberapa fitur baru buat aplikasi media sosial pesaing Twitter besutan Instagram, Threads.

Melalui unggahan di akun Threads-nya, Zuckerberg mengungkapkan bahwa ada tiga fitur baru yang bakal diluncurkan melalui pembaruan atau update untuk platform itu di pekan ini.

Mengutip unggahan itu, Kamis (10/8/2023), Mark Zuckerberg mengungkap, tiga fitur ini adalah mengirim langsung unggahan ke DM Instagram, teks alternatif kustom untuk foto atau video, dan tombol mention baru untuk menyebutkan akun seseorang.

Nantinya, pengguna akan mendapatkan opsi yang memungkinkan dia bisa merilis postingan dari Threads mereka, secara langsung ke Direct Message (DM) Instagram melalui tombol Send.

Dikutip dari Engadget, Reuters melaporkan, Chief Product Officer Meta Chris Cox menyebut fitur ini merupakan salah satu cara untuk memastikan "orang-orang yang menggunakan aplikasi Instagram dapat melihat Threads penting."

 


Verifikasi di Platform Fediverse Lain

Membuka aplikasi Threads Instagram di Play Store pada Kamis (6/7/2023). (Liputan6.com/Laudia Tysara)

Selain itu, opsi teks alternatif kustom adalah fitur aksesibilitas, yang memungkinkan pengguna menambahkan atau mengedit teks alternatif yang dibuat secara otomatis, untuk foto dan video sebelum mengunggah.

Fitur baru Threads lainnya adalah tombol mention baru, untuk memudahkan pengguna menyebutkan pengguna lain di unggahannya.

Lebih lanjut, Threads Instagram juga mempermudah verifikasi identitas di berbagai platform fediverse seperti Mastodon.

"Sekarang Anda dapat menambahkan tautan profil Threads Anda pada platform yang didukung, untuk memverifikasi identitas Anda," kata Head of Instagram Adam Mosseri melalui pengumumannya.

Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya