7 Artis Ini Ternyata Lulusan SMP, Ijazah Atta Halilintar Baru Bisa Ditebus

Beberapa artis ini ternyata lulusan SMP.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 25 Agu 2023, 10:45 WIB
Artis Ini Ternyata Lulusan SMP (Sumber: Instagram/raffinagita1717, attahalilintar)

Liputan6.com, Jakarta Deretan artis tanah air selalu menjadi pusat perhatian. Mulai dari penampilan terbaru hingga kehidupan para artis dengan segala daya tariknya. Banyak artis yang memulai pekerjaannya dari kalangan masyarakat biasa. Bahkan perjuangan hidup mereka menjadi bukti artis tak selalu harus pendidikan tinggi.

Seperti belakangan tengah viral sosok aktor Atta Halilintar yang diketahui hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mengejutkannya, lewat kanal Youtube pribadinya, ijazah SMP Atta Halilintar sempat tertahan di sekolah asalnya selama 13 tahun terakhir. Suami Aurel Hermansyah itu mengungkap usai lulus dirinya tak bisa menebus ijazah SMP.

Tidak sendiri, Atta Halilintar juga bernasib sama dengan deretan artis yang berijazah SMP. Sebut saja penyanyi go internasional Anggun C Sasmi yang hanya punya ijazah SMP. Ada juga Raffi Ahmad yang kini dikenal sebagai artis yang tajir tak tamat SMA. Mereka berhasil membuktikan bisa menjadi artis bahkan pengusaha.

Ternyata alasan para artis tanah air tak melanjutkan sekolah usai lulus SMP ini beragam. Kisah mereka menjadi awal mula perjuangan di dunia hiburan. Berikut Liputan6.com merangkum 7 artis yang hanya lulusan SMP melansir dari berbagai sumber, Jumat (25/8/2023).


1. Atta Halilintar

7 Transformasi Atta Halilintar, Sebelum Tenar Hingga Kini Sudah Transplantasi Rambut (IG/attahalilintar YT/AH)

Dikenal sebagai salah satu Youtuber dengan subscriber terbanyak, Atta Halilintar bisa bernapas lega usai menebus ijazah SMP. Selama 13 ijazah pria dua anak itu tertahan dan baru bisa ditebus. Diketahui, dahulu orang tua Atta Halilintar tak sanggup membayar pengambilan ijazah yang membuat Atta tak menjadikan ijazah modal untuk sukses.


2. Raffi Ahmad

RANS FC - Ilustrasi Raffi Ahmad RANS FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Raffi Ahmad, yang sering disebut sebagai Sultan Andara, adalah salah satu contoh artis yang hanya lulusan SMP. Keputusannya untuk tidak melanjutkan ke SMA didorong oleh keinginannya untuk berkarier sebagai artis demi mendukung keluarganya.

Kini Raffi Ahmad seorang selebriti terkenal di Indonesia yang dikenal sebagai aktor, penyanyi, dan presenter. Dia juga memiliki bisnis di berbagai bidang, termasuk industri hiburan dan fashion


3. Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi penyanyi 48 tahun tampil memukau saat nyinden dalam acara yang digelar di Paris, Prancis pada 8 Juni 2022 waktu setempat. Anggun berhasil membuat bangga Indonesia di mata dunia. (Instagram/anggun_cipta)

Anggun C Sasmi, yang memiliki suara emas dan terkenal di berbagai belahan dunia, ternyata hanya tidak tamat SMA. Keberhasilannya dalam karier musik internasional membuktikan bahwa bakat dan dedikasi juga memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan.

Dia terkenal karena kariernya sebagai penyanyi solo dengan hits seperti "Mimpi" dan "Snow on the Sahara." Anggun juga aktif dalam menulis lagu, berakting, menjadi juri di acara bakat, dan telah berkolaborasi dengan banyak musisi terkenal dalam karier panjangnya dalam industri musik dan hiburan.


4. Celine Evangelista

Celine Evangelista (Sumber: Instagram/celine_evangelista)

Celine Evangelista, mengorbankan pendidikannya demi membantu keluarganya yang sedang mengalami kesulitan ekonomi. Meskipun hanya lulusan SMP, Celine memiliki karier yang sangat sukses dalam industri hiburan.

Celine Evangelista juga aktif dalam dunia bisnis dan endorser produk. Ia telah menjadi brand ambassador untuk berbagai brand ternama yang dikenal hingga ke mancanegara. Dengan popularitasnya sebagai selebriti, Celine Evangelista telah mendukung berbagai produk dan bisnis melalui kolaborasi endorsement


5. Inul Daratista

Inul Daratista tak bisa diinfus (Instagram/inul.d)

Inul Daratista juga merupakan selebriti yang memiliki latar belakang pendidikan hanya sampai SMP. Namun, kesuksesannya dalam dunia musik dangdut dan bisnis membuktikan bahwa pendidikan tinggi bukanlah satu-satunya jalan menuju sukses.

Istri Adam Suseno ini juga telah merilis berbagai album musik, berperan dalam sinetron dan film, serta tampil di acara televisi. Karier Inul Daratista terutama berfokus pada industri hiburan Indonesia.

 


6. Aliando Syarief

Transformasi Aliando Syarief dari Kecil hingga Tubuh Gempa (Sumber: Instagram/aliandoo)

Aliando Syarief memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan SMA dan hanya punya ijazah SMP karena fokusnya pada karier sebagai artis. Meskipun begitu, dia tetap mengambil ujian paket C, menunjukkan bahwa pendidikan tetap menjadi prioritasnya meskipun dalam bentuk yang berbeda.

Aliando Syarief kini dikenal sebagai aktor. Dia pertama kali dikenal lewat perannya dalam sinetron, termasuk peran utamanya dalam sinetron "Ganteng Ganteng Serigala" yang membuatnya populer. Selain berakting, Aliando juga merilis beberapa lagu dan memiliki karier musik


7. Kevin Aprilio

7 Potret Kevin Aprilio Berjenggot Tipis Ini Curi Perhatian, Dulu Sempat Lebat (Sumber: Instagram/kevinaprilio)

Kevin Aprilio memutuskan untuk berhenti di SMA untuk mengejar impian musiknya. Keputusannya ini menunjukkan bahwa keberanian untuk mengejar passion dapat membawa kesuksesan, bahkan tanpa gelar pendidikan yang tinggi.

Kevin Aprilio merupakan seorang musisi, produser musik, dan mantan presenter televisi Indonesia yang terkenal sebagai anggota dari grup musik "Vierra" dan aktif dalam produksi musik serta karier televisi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya