Yusril: Dari Segala Kalkulasi Rasional, Pak Prabowo Punya Potensi untuk Menang

Prabowo Subianto diprediksinya, akan diuntungkan saat berkompetisi dengan dua bakal calon Presiden lainnya, yakni Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 27 Agu 2023, 10:57 WIB
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra memprediksi, bila bakal calon Presiden yang diusung partainya, Prabowo Subianto, akan maju ke putaran kedua pemilihan Presiden Indonesia tahun 2024.

Prabowo Subianto diprediksinya, akan diuntungkan saat berkompetisi dengan dua bakal calon Presiden lainnya, yakni Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

“Dari 3 pasangan capres yang maju, Insya Allah kalkulaksi PBB, Prabowo akan masuk ke putaran kedua. Dan pada waktu putaran kedua, kita lihat pasangan yang kalah akan masuk ke siapa. Baik ke calon A atau B. Tapi yang jelas calon yang kalah akan bergabung ke Pak Prabowo,” tutur Yusril, Minggu (27/8/2023).

Namun, lanjutnya, jika sejak awal hanya ada dua pasangan calon, berarti ada paslon yang ketiga yang gagal. Pengikut yang gagal ini kembali diprekdisi Yusril, akan memberikan dukungannya kepada Prabowo Subianto.

"Jadi dari segala kalkulasi rasional, Pak Prabowo punya potensi untuk menang,” katanya.

Yusril menyerukan kepada jajaran segenap partai pendukung, menjaga hubungan yang baik dan kerja sama harmonis di tingkat pusat, digalangkan juga di tingkat wilayah, cabang, hingga ranting.

“Jangan sampai terjadi tabrakan, karena kita punya kepentingan. Kita harus saling memperkuatkan satu sama lain. Terkhusus di luar pulau Jawa pengaruh ke PBB cukup terasa,” katanya.

Siapa Cawapresnya?

Sementara, mengenai bakal calon wakil presiden, Yusril menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo. Siapa pun yang dipilih oleh Ketua Umum Partai Gerindra itu, entah mungkin perimbangan kekuatan, perpaduan Islam-Nasionalis, Jawa-luar Jawa, militer-sipil, menurut Yusril itu juga faktor-faktor yang cukup berpengaruh dalam Pilpres.

“Prabowo sudah 2 kali maju jadi capres dan belum berhasil. Tapi kali ini dengan dukungan bersama dan keputusan yang tepat yang beliau ambil nanti saat pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden pada Oktober mendatang, Insya Allah sekali ini Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres,” katanya.

Di lain pihak, Sekjen PBB Afriansyah Noor mengungkapkan, ketika Ketum PBB dan seluruh DPW bersepakat memberi dukungan kepada Prabowo Subianto menjadi capres, bertambahlah semangat PBB untuk menang.

"Mendukung Prabowo dampaknya seribu persen ke PBB. Artinya apa, ketika kita memberikan dukungan ke Prabowo, seluruh jajaran partai mulai dari DPP, DPW, DPC, hingga ranting siap memenangkan PBB bersama capres Prabowo,” ungkapnya.

 


PBB Ingatkan Kader Harus Kompak dan Semangat

Afriansyah menegaskan kepada para kader PBB bahwa yang harus diingat uang tidak segala-galanya, yang segala-galanya adalah kekompakan dan semangat berjuang.

“Sebagai orang yang diberi amanah oleh ketua umum tentunya tanggung jawab ini berat, tidak gampang. Tapi dengan kekompakan dan semangat juang para kader PBB saya jadi semangat dan yakin PBB menang serta memenangkan Pak Prabowo jadi presiden,” ucapnya.

 

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya