Jangan Lama-Lama Tidur Siang, Berapa Durasi yang Ideal?

Tidur siang terlalu lama juga dapat menjadi bumerang. Oleh karena itu penting untuk kita memahami cara mendapatkan hasil yang maksimal dari tidur siang.

oleh Tim Health diperbarui 11 Agu 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi perempuan tidur siang. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan seperti hari ini bisa menjadi salah satu cara untuk bisa bersantai termasuk tidur siang. Namun, jangan lama-lama ya tidur siang karena bisa mengganggu ritme tidur nanti malam.

Bagi orang dewasa, usahakan untuk tidur siang hanya 10 hingga 20 menit. Semakin lama Anda tidur, semakin besar kemungkinan Anda merasa kesulitan tidur di malam hari.

Lalu, Ahli Spesialis Ilmu Tidur di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine, Rafael Pelayo mengingatkan agar tidak tidur siang setelah pukul 15.00.

"Tidur siang di waktu lain, selain dari 12.00 sampai 15.00. Jika lebih dari jam 15.00 dapat membuat Anda lebih sulit tidur di malam hari," kata Rafael Pelayo mengutip Health Digest.

 Lalu, ciptakan lingkungan yang kondusif agar bisa tidur siang. Bila memungkinkan tidur sianglah di tempat yang tenang dan gelap dengan suhu ruangan yang nyaman dan sedikit gangguan.

Setelah tidur siang, berikan diri Anda waktu untuk bangun sebelum melanjutkan aktivitas. Hindari aktivitas yang membutuhkan respons cepat atau tajam.

Apa Manfaat Tidur Siang?

Tidur siang menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan orang dewasa, antara lain:

  • Relaksasi
  • Mengurangi kelelahan
  • Peningkatan kewaspadaan
  • Peningkatan suasana hati
  • Peningkatan kinerja

Efek dari Tidur Siang

Tidur siang bukan untuk semua orang. Beberapa orang tidak bisa tidur di siang hari atau kesulitan tidur di tempat lain selain tempat tidurnya sendiri.

Lalu, beberapa orang juga mengeluhkan hal berikut bila tidur siang, diantaranya:

  • Inersia tidur. Anda mungkin merasa pusing dan bingung setelah bangun dari tidur siang.
  • Masalah tidur malam hari. Tidur siang singkat umumnya tidak mempengaruhi kualitas tidur malam hari bagi kebanyakan orang. Namun jika Anda mengalami insomnia atau kualitas tidur buruk di malam hari, tidur siang mungkin akan memperburuk masalah tersebut. 

 

 


Kapan Harus Mempertimbangkan untuk Tidur Siang?

Pertimbangkan untuk tidur siang jika Anda:

  • Mengalami kelelahan atau rasa kantuk yang tidak terduga
  • Akan mengalami kurang tidur, misalnya karena shift kerja yang panjang
  • Ingin menjadikan tidur siang terencana sebagai bagian dari rutinitas harian Anda

 

 


Jadi Sering Tidur Siang, Apa Indikasi Masalah Kesehatan?

Jika Anda mengalami peningkatan kebutuhan untuk tidur siang dan tidak ada penyebab nyata kelelahan dalam aktivitas yang Anda jalani, konsultasikan dengan dokter.

Anda mungkin sedang mengonsumsi obat atau mengalami gangguan tidur atau mungkin kondisi medis lain yang mengganggu tidur malam sehingga Anda lebih membutuhkan waktu untuk tidur siang.

(Penulis: Marisa Atalia)  

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya