Viral Dua Kelompok Warga Terlibat Bentrok di Jakut, Diduga karena Sengketa Tanah

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan, mengatakan, pemicu bentrokan diduga karena persoalan sengketa tanah.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Sep 2023, 12:45 WIB
Dua kelompok warga terlibat bentrok di kawasan Kapuk Muara, Jakarta Utara pada Senin, 4 September 2023. (Tangkapan Layar Instagram @jakut.info)

Liputan6.com, Jakarta - Dua kelompok warga terlibat bentrokan di kawasan Kapuk Muara, Jakarta Utara pada Senin, 4 September 2023 kemarin. Keributan viral di media sosial. Salah akun @j*k*t.i*fo mengungah rekaman video ke instagram.

Beberapa warga yang membawa balok dan kayu serta bambu panjang terlihat menyerang kelompok lawan. Terlihat di antaranya terkena pukulan benda-benda tumpul. Bentrokan membuat emak-emak histeris ketakukan.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan, mengatakan, pemicu bentrokan diduga karena persoalan sengketa tanah.

"Ini memang berawal dari sengketa, dugaan kami berawal dari sengketa tanah berujung bentrokan," kata Gidion dalam keterangannya, Selasa (5/9/2023).

Gidion mengatakan, pihaknya saat itu langsung mengerahkan anggota untuk meredam aksi kedua kelompok supaya persoalan tidak melebar. Sebanyak 130 personel gabungan dikerahkan.

"Kita akan melakukan mediasi dengan melibatkan stakeholder yang ada. Mudah-mudahan mendapatkan langkah-langkah dan titik temu yang baik untuk semua pihak," ujar dia.


Polisi Selidiki Laporan Terkait Tanah

Ilustrasi bentrokan.

Gidion menerangkan, Polres Metro Jakarta Utara sedang menyelidiki satu laporan polisi terkait tanah yang permasalahkan. Ada tiga orang yang membuat laporan atas dugaan menduduki lahan tanpa izin.

"Itu sudah kita sampaikan," ujar dia.

Sementara itu, beberapa warga dilaporkan luka-luka akibat bentrokan tersebut. "Korban jiwa tidak ada, masih kita identifikasi ada 4 orang yang luka dalam peristiwa itu," tandas dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya