Jadi Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin Kawal ASN TNI-Polri Netral di Pemilu 2024

Machmudin dia akan melalui giat sertijab bersama Ridwan Kamil terlebih dahulu, disusul dengan agenda rapat pimpinan di Jawa Barat.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 05 Sep 2023, 12:56 WIB
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Mendagri Tito Karnavian. (Tangkapan layar Youtube Kemendagri)

Liputan6.com, Jakarta - Bey Machmudin resmi dilantik menjadi Pj Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil. Bey Machmudin pun memastikan bekerja sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, khususnya dalam mengawal kelancaran Pemilu 2024.

"Yang pasti adalah kami jajaran pemerintah dan KPU, Bawaslu, dan lainnya akan memastikan bahwa Pemilu 2024 baik Pilpres, Pileg, dan Pilkada serentak berlangsung aman dan lancar, dan bisa menjamin bahwa ASN, TNI dan Polri netral," tutur Bey di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023).

Menurut Bey, dia akan melalui giat sertijab bersama Ridwan Kamil terlebih dahulu, disusul dengan agenda rapat pimpinan. Dia pun belum merinci langkah ke depan usai resmi menjadi Pj Gubernur Jawa Barat.

"Ya saya besok Rapim, apa yang prioritas kita kerjakan," jelas dia.

Bey mengaku siap menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Jawa Barat dan mengikuti pesan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Ya intinya bekerja dengan baik," Bey menandaskan.

 


Mendagri Resmi Lantik 9 Pj Gubernur, Nana Sudjana hingga Hassanudin

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik 9 Penjabat (Pj) Gubernur di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik 9 Penjabat (Pj) Gubernur di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat. Hal itu dalam rangka menggantikan para Guburnur yang telah habis masa jabatannya pada 5 September 2023.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (5/9/2023), acara pelantikan 9 Pj Gubernur mulai dilangsungkan pukul 09.17 WIB. Mendagri Tito Karnavian pun memimpin langsung sumpah kesembilan Pj Gubernur.

Adapun pelantikan baru diresmikan untuk 9 Pj Gubenur. Pelantikan Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi akan dilangsungkan pada 19 September 2023.

Adapun 9 nama yang dilantik sebagai Pj Gubernur hari ini adalah Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin; Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana; Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin; dan Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya.

Kemudian Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun; Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake; Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harrison Azroi; Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi; Pj Gubernur Sulsel Bahtiar, Baharuddin.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri), Benny Irwan mengatakan, mereka yang akan habis masa jabatannya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Papua Lukas Enembe.

Kemudian, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman.

Seluruhnya akan digantikan oleh sejumlah Pj Gubernur yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui mekanisme tes penilaian akhir (TPA).

Infografis Ragam Tanggapan Perwira Aktif TNI-Polri Jadi PJ Kepala Daerah. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya