Merasa Tidak Pantas Untuk Dicintai? Ketahui Alasan dan Solusi dari Perilaku Ini

Percayalah, ketika kamu merasa tidak layak dicintai, hal itu hanya pemikiranmu saja dan sungguh tidak benar.

oleh Wanda Andita Putri diperbarui 13 Sep 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi Ekspresi Sedih Credit: unsplash.com/Mikha

Liputan6.com, Jakarta - Penerimaan dan cinta merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia. Seorang psikolog, Abraham Maslow, mengidentifikasikan cinta dan rasa memiliki sebagai salah satu dari kebutuhan esensial manusia untuk menjalani hidup sepenuhnya.

Namun, segelintir orang masih mengalami keraguan dan kekhawatiran terhadap diri sendiri bahkan harga dirinya dalam mencari penerimaan serta rasa memiliki. Munculnya pertanyaan "Apakah aku layak untuk dicintai?" akan menjadi beban bagi seseorang dalam menjalani hidupnya. Oleh karena itu, ada perasaan kasihan terhadap diri sendiri merupakan suatu hal yang mesti diperhatikan.

Apakah Kebenaran dari Perasaan Itu?

Pada dasarnya, merasa tidak layak dicintai atau unlovable bermakna bahwa kamu merasa seolah-olah kamu tidak pantas untuk dicintai siapa pun. Perasaan ini muncul dari sejumlah keyakinan yang kamu pegang tentang dirimu, termasuk rendah diri.

Meskipun kamu mungkin merasa bahwa kamu tidak pantas dicintai, penting untuk kamu perhatikan bahwa hal itu tidak benar. Keyakinan yang kamu miliki berperan terhadap cara kamu berpikir tentang dirimu sendiri. Hal itu merupakan asumsi yang kamu buat dan yakini sebagai fakta. Apabila kamu memegang keyakinan bahwa kamu tidak pantas dicintai, kamu akan percaya bahwa hal itu benar.

Betapa pun besarnya perasaan kamu bahwa kamu tidak pantas mendapatkan cinta, itu tetap tidak benar. Merasa tidak pantas dicintai berasal dari perasaan negatif yang kamu miliki terhadap dirimu sendiri, tetapi sebenarnya kamu bisa mengatasinya.

Perasaan tidak layak dicintai ini juga dapat dialami dengan berbagai cara, seperti seseorang yang mungkin merasa bahwa dirinya buruk sehingga membuat orang lain tidak mungkin mencintainya. Bisa juga karena trauma masa lalu, seperti seseorang pernah melakukan kesalahan yang cukup fatal dalam hidupnya sehingga ia merasa tidak akan mungkin ada orang yang menginginkannya sebagai kekasih.


Mengapa Kamu Bisa Merasa Tidak Layak Dicintai?

Ilustrasi sedih (dok. Pixabay.com/sasint)

Kamu mungkin merasa bahwa kamu merupakan orang jahat dalam beberapa hal yang berkaitan dengan rasa tidak layak dicintai karena diri kamu yang sebenarnya. Kamu mungkin juga percaya bahwa kamu telah melakukan terlalu banyak kesalahan untuk dicintai atau pilihan yang kamu ambil menjadikan kamu seseorang yang tidak layak untuk dicintai.

Terdapat teori yang mengatakan bahwa perasaan tidak layak dicintai dapat berasal dari pengalaman masa kecil. Kamu mungkin pernah mengalami trauma yang memengaruhi kesehatan mental dan menghalangi kamu untuk merasa dicintai. Pengalaman menyakitkan ini dapat membentuk keyakinan sehingga membuat kamu merasa tidak layak dicintai.

Pada beberapa kasus, terdapat hubugan antara keyakinan bahwa kamu tidak layak dicintai dengan kondisi kesehatan mentalmu. Kondisi yang bisa membuat kamu merasa tidak bisa dicintai, seperti depresi, gangguan kepribadian, ketakutan, rendah diri, dan sebagainya.

Apa pun alasan dari perasaan tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar percaya dirimu kembali dan bisa mempraktikkan cinta terhadap diri sendiri agar lebih merasa berharga.


Apa Penyebab Kamu Merasa Tidak Layak Dicintai?

Ilustrasi sedih, kecewa, patah hati, putus cinta. (Photo by Austin Guevara from Pexels)

Menurut informasi yang dilansir dari halaman Health Reporter pada Rabu (12/9/2023), terdapat lima faktor penyebab dari munculnya perasaan tidak layak dicintai ini.

1. Interpretasi atau Pandangan

Salah satu alasan mengapa kamu mungkin merasa tidak dicintai bisa jadi karena interpretasi kamu terhadap keyakinan tentang diri kamu. Pada dasarnya, apabila kamu pernah mengalami perilaku tidak penuh kasih sayang pada masa lalu, pengalaman hidup ini dapat memaksa kamu untuk menafsirkan perilaku lain sebagai hal yang tidak penuh kasih sehingga membuat kamu merasa tidak dapat dicintai.

Sejatinya, penafsiran merupakan proses melihat semua tindakan melalui pandangan yang sesuai dengan semua yang kamu miliki. Artinya, apabila seseorang melakukan sesuatu yang kurang baik kepada kamu, kamu otomatis akan menganggapnya buruk karena kamu sudah merasa tidak dicintai.

Hal ini dapat menyebabkan masalah baru dalam hubungan dan kepercayaan dirimu. Kamu dapat melihat pola pikiran ini dalam pengalaman masa lalu ketika kamu mulai mencarinya dan melihat bagaimana kamu salah menafsirkan tindakan dan mengganggapnya sebagai tindakan negatif.

2. Ketidakamanan

Hubungan baru dapat menimbulkan rasa tidak aman bagi seseorang yang merasa tidak bisa dicintai. Rasa tidak aman ini mungkin membuat kamu percaya bahwa orang yang bersama kamu tidak akan mencintai kamu karena kamu tidak melihat harga dirimu.

Pengalaman negatif di masa lalu dan beberapa gaya keterikatan dapat meningkatkan pemikiran dan menghentikan kamu dari mengalami cinta sejati dalam suatu hubungan. Masalah keterikatan yang kamu alami mungkin bisa seperti rasa tidak aman yang berkembang sejak masa kanak-kanak.

 


3. Harga Diri Rendah

Ilustrasi sedih. (dok. Pixabay.com/Free-Photos)

Memiliki harga diri yang rendah dapat menyebabkan kamu merasa tidak layak untuk dicintai. Dalam hubungan, kamu mungkin merasa tidak cukup tampan atau tidak punya banyak hal untuk ditawarkan, tetapi keyakinan yang membatasi diri ini semua berasal dari perasan kamu terhadap diri sendiri. Harga diri yang rendah, seperti emosi sejenis lainnya, dapat disebabkan oleh hal-hal yang terjadi ketika kamu masih kecil atau hubungan lain yang kamu miliki. 

4. Trauma

Trauma yang terjadi dalam diri seseorang dapat membuat orang merasa tidak bisa dicintai. Mereka mungkin percaya bahwa mereka pantas menerima apa yang terjadi pada mereka dan hal ini dapat menghadapi mereka untuk merasa diterima atau dicintai orang lain.

5. Depresi

Orang yang mengalami depresi sering kali memiliki pemikiran dan keyakinan yang tidak berdasarkan kenyataan. Ketika kamu mengalami depresi, otak kamu mungkin memberi tahumu bahwa kamu tidak layak untuk dicintai.

 


Bagaimana Mengatasi Rasa Tidak Layak Dicintai?

Ilustrasi sedih, kecewa. (Photo by Eric Ward on Unsplash)

Apabila kamu yakin bahwa kamu tidak layak dicintai, hal pertama yang perlu kamu ingat adalah perasaan bukanlah fakta. Merasa tidak layak dicintai bukan berarti kamu benar-benar tidak pantas mendapatkan cinta. Kamu perlu mengetahui bahwa ada pemikiran yang kadang tidak benar sehingga tidak masalah bila kamu tidak menyetujuinya.

Setelah itu, kamu bisa lanjutkan dengan membuat jurnal menuliskan semua hal yang kamu rasakan, cobalah identifikasi pola dan pemicu kamu merasa tidak layak dicintai. Hal ini bisa kamu barengi dengan melacak suasana hati dan mengeksplorasi perasaan kamu. Selain itu, menulis jurnal juga mampu membantu mengeluarkan pemikiran kamu sehingga kamu dapat menempatkan suatu hal dalam perspektif yang beragam.

Tidak kalah penting, kamu juga perlu menetapkan batasan diri sebagai bukti bahwa kamu memprioritaskan diri sendiri. Beranilah untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang kamu tahu akan menyebabkan masalah pada kesehatan mentalmu.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya