Serba-serbi The Nun 2, Iblis Valak Kembali Menghantui

Spin-off The Conjuring berlanjut dengan The Nun 2. Film yang disutradari oleh Michael Chaves ini akan menyuguhkan kisah seputar kembalinya iblis Valak.

oleh Putu Elmira diperbarui 07 Sep 2023, 12:00 WIB
The Nun 2 berlatar tempat di Prancis tahun 1956. Dimulai dari pembunuhan seorang pendeta yang kemudian menyebarkan teror. Suster irene sekali lagi akan berhadapan langsung dengan kekuatan jahat biarawati iblis, Valak. (Warner Bros. Pictures via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Spin-off The Conjuring berlanjut dengan The Nun 2. Film yang disutradari oleh Michael Chaves ini akan menyuguhkan kisah seputar kembalinya iblis Valak.

Dikutip dari Screenrant, Kamis (7/9/2023), The Nun 2 adalah film terbaru di Conjurverse. Saat ini ada delapan entri dalam saga The Conjuring. The Nun pada 2018 berperan sebagai prekuel dari peristiwa The Conjuring 2 dan mengikuti asal usul iblis, Valak, yang bentuknya termasuk Nun.

Valak awalnya digambarkan sebagai makhluk yang tampak seperti setan. Perubahan di menit-menit terakhir mengangkat Valak menjadi makhluk yang mampu bertahan dalam spin-off yang berdiri sendiri.

Pada 2023, iblis Valak kembali untuk The Nun 2, kali ini berlatar di Prancis. The Nun sendiri menerima review yang sangat beragam tetapi menghasilkan keuntungan yang akhirnya menghasilkan The Nun 2.

Ulasan yang Didapatkan The Nun 2

Ulasan dan tanggapan kritis didapatkan The Nun 2 pada pemutaran awal. Hal tersebut menunjukkan bahwa film The Nun teranyar ini adalah pintu masuk yang kuat untuk franchise tersebut.

Kebanyakan kritikus percaya bahwa The Nun 2 lebih baik dari pendahulunya, dan bukan hanya dengan selisih yang kecil. Film horor baru ini dianggap sebagai peningkatan monumental dari film aslinya, dengan ketakutan, intensitas, dan babak ketiga yang mengejutkan mendapatkan pujian yang tiada habisnya. Meskipun The Nun 2 dijuluki sebagai film terakhir dalam dunia The Conjuring, para kritikus menyebut bahwa The Nun 2 berdampak signifikan terhadap film tersebut.


Pujian dan Kritik untuk The Nun 2

Masih sama seperti film sebelumnya, The Nun 2 akan kembali diperankan oleh Taissa Farmiga sebagai Suster Irene dan Valak yang diperankan oleh Bonnie Aarons. (Warner Bros. Pictures via AP)

BJ Colangelo sedikit mengkritik cerita The Nun 2. Ia menyebut, "Ceritanya terasa seperti tiga film berbeda yang memperebutkan plot utama, tapi ketakutan membuatku melompat dari kursiku."

Shannon McGrew sangat gembira dengan film tersebut, berkomentar bahwa The Nun 2 sangat ekstra dan bekerja sangat keras sehingga dirinya sekarang langsung terobsesi. Tessa Smith membenarkan apa yang diharapkan semua orang. Ia mengungkapkan bahwa The Nun 2 jauh lebih baik daripada film pertama, lebih menakutkan dan lebih intens.

Perilisan The Nun 2

Dikutip dari IMDb, The Nun 2 dirilis di tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia, Meksiko, dan Filipina, film ini telah resmi tayang pada Rabu, 6 September 2023.

Sementara, The Nun 2 rilis pada Kamis, 7 September 2023 di Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, Denmark, Akuador, Spanyol, Hong Kong, Hungaria, Italia, Kuwait, Kazakhstan, Belanda, Portugal, Singapura, Slovakia, Taiwan, dan Ukraina. Selanjutnya,  perilisan pada Jumat, 8 September 2023 akan berlangsung di Andorra, Kanada, Kamerun, Estonia, Finlandia, Inggris, India, Norwegia, Polandia, Islandia, Swiss, Turki, dan Amerika Serikat.


Daftar Pemeran The Nun 2

Adegan di film The Nun (Warner Bros)

Saat berbincang dengan EW pada 2019, produser franchise The Conjuring Peter Safran menyatakan sekuel sedang dikembangkan untuk The Nun 2, yang tampaknya akan memiliki alur cerita yang sangat menyenangkan. Ia juga menyatakan mengenai kemungkinan tindak lanjutnya, "Saya pikir ada keniscayaan untuk film Nun yang lain."

Banyak film di dunia film The Conjuring menampilkan wajah-wajah baru di setiap bagiannya. Hal tersebut dikarenakan film-film yang berbeda berlangsung dalam periode waktu yang berbeda dan merinci berbagai hantu atau kepemilikan karakter baru.

Pemeran Nun 2 akan melanjutkan tren ini sampai batas tertentu. Namun, The Nun 2 akan menghadirkan pemeran dari The Nun kembali.

Bonnie Aarons akan kembali sebagai wujud biarawati iblis Valak. Melawan Valak lagi di The Nun 2 adalah Suster Irene ( Taissa Farmiga). Beberapa penggemar berteori bahwa dia adalah Lorraine Warren (Vera Farmiga) yang lebih muda. Jonas Bloquet juga kembali untuk The Nun 2, seperti yang diungkapkan oleh produser James Wan yang membagikan berita pemeran The Nun 2 di media sosial.


Cerita The Nun 2

Poster The Nun II. (Source: Warner Bros)

Cerita The Nun 2 juga hanya berlatar beberapa tahun setelah kejadian di film pertama, yakni ekitar 15 tahun sebelum kejadian The Conjuring. The Nun 2 memiliki naskah yang ditulis oleh Akela Cooper, yang juga menulis naskah untuk Malignant dan M3GAN.

Michael Chaves menyutradarai The Nun 2. Chaves juga menyutradarai dua spin-off The Conjuring terakhir, The Curse Of La Llorona dan The Conjuring: The Devil Made Me Do It.

Produser James Wan yang memberikan lebih detail tentang Frenchie dalam cerita The Nun 2. James Wan mengomentari situasi Frenchie dalam cerita The Nun 2, dengan menyatakan, "Frenchie telah move on dari film pertama dan dia berada di sekolah Katolik sebagai tukang-penjaga lahan."

Wan juga membahas persahabatan Frenchie dengan Suster Irene, menambahkan, "Saya menyukai persahabatan platonis yang mereka berdua miliki. Dia sangat peduli padanya, dan dia ingin melakukan semua yang dia bisa untuk membantunya."

Film ini kemungkinan akan melihat Irene berkonflik antara cintanya pada Frenchie dan juga mengetahui bahwa dia harus melawan kejahatan dalam dirinya. Kabarnya, telah terjadi serangkaian pembunuhan yang tampaknya dilakukan oleh Nun tersebut. Kini, Suster Irene (Taissa Farmiga) yang telah dikukuhkan penuhnya kembali di The Nun 2 untuk menyingkirkannya.

infografis journal Fakta Film Horor Digemari Masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah).  

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya