Timnas Indonesia vs Turkmenistan: Begini Prediksi Susunan Pemainnya

Timnas Indonesia akan menghadapi laga berat lawan Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion Gelora Bung Tomo mulai pukul 19.30 WIB.

oleh Defri Saefullah diperbarui 08 Sep 2023, 14:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong harus bolak balik Surabaya-Solo untuk memantau skuad Garuda dan Indonesia U-23 yang memiliki agenda bersamaan (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia mencoba untuk mendongkrak posisi di ranking FIFA saat melawan Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (8/9/2023) mulai pukul 19.30 WIB. Indonesia saat ini ada di peringkat 150 FIFA, sedangkan Turkmenistan peringkat 138.

Berdasarkan rekor pertemuan, Indonesia sudah empat kali melawan Turkmenistan. Rekornya Indonesia menang 2 kali, imbang sekali dan kalah satu kali.

Kemenangan terakhir Indonesia terjadi pada 26 Juli 2011. Saat itu, Timnas Indonesia masih diperkuat Bambang Pamungkas Cs dan sudah berlalu 12 tahun lalu.

Timnas Indonesia dihadang masalah cedera pemain jelang laga melawan Turkmenistan. 4 pemain terpaksa dicoret karena masalah cedera yaitu Shayne Pattynama, Yakob Sayuri, Yance Sayuri dan Dimas Drajad.

Indonesia diperbantukan Timnas Indonesia U-23 di laga nanti yang mengirimkan 3 delegasinya yaitu Alfeandra Dewangga, Donny Tri Pamungkas dan Dzaky Asraf.

Timnas Indonesia tak perlu gentar dengan Turkmenistan. Dilihat dari 5 laga terakhir di laga internasional, Turkmenistan sedang tidak bagus.

Tim asuhan Mergen Orazov ini sudah tak menang di lima laga internasional terakhir. Teranyar, pada 11 Juni 2023 lalu, Turkmenistan kalah 0-2 dari Oman.

 


Indonesia Ubah Formasi Lawan Turkmenistan

Timnas Indonesia berlatih jelang laga menghadapi Turkmenistan dalam FIFA Matchday yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (9/9/2023) (Bola.com/Aditya Wany

Karena pemain yang cedera, Shin Tae-Yong mengaku akan mengubah formasi saat menghadapi Turkmenistan. Selama ini, Shin Tae Yong atau STY setia dengan formasi 3 bek, apakah ini akan diubah jadi 4-2-3-1?

Shin mengaku harus bolak-balik untuk memantau perkembangan timnas senior dan tim U-23 U-23 di Solo. Untuk itu, dia sering berkoordinasi dengan asisten pelatih, agar dapat mengetahui perkembangan anak asuhnya yang berada di Surabaya.

"Menurut laporan dari Coach Choi, tidak ada pemain yang bermasalah dan anak-anak dalam keadaan bagus menjelang pertandingan ini dan saya senang juga perkembangan timnas U-23 di Solo sangat luar biasa," katanya.

Maka, Shin berharap masyarakat pecinta sepak bola nasional, terutama yang berada di Surabaya, dapat hadir dan mendukung timnas Indonesia langsung ke GBT.

"Jika ada para suporter itu pasti akan ada hasil yang baik bagi para pemain, dan saya berharap dapat menang," tuturnya dikutip Antara.

 


Dendy Sulistyawan Jumpa Kawan Lama

Pemain Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan saat menghadapi Burundi pada laga pertama persahabatan FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Sementara itu, Pemain Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan mengatakan, sudah siap menghadapi Turkmenistan. Dia mendapat gambaran terhadap kemampuan lawan setelah melihat rekaman pertandingan negara yang berada di kawasan Asia Tengah itu.

"Kami para pemain sudah diperlihatkan video pertandingan Turkmenistan dan kami sudah mempersiapkan dengan baik," katanya.

Selain itu, ia menilai salah satu pemain Turkmenistan yang pernah merumput di dengannya saat di Persela, yakni Ahmet Atayew merupakan pesepak bola yang bagus.

"Ahmet Atayew pemain yang bagus dan senang sekali bisa bertemu dengannya saat pertandingan besok," tuturnya.

Untuk prediksi susunan pemain, bisa didapatkan di halaman berikutnya.

 


Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Turkmenistan

Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri kembali main untuk Garuda. Dia kemungkinan jadi starter lawan Turkmenistan (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Indonesia (4-2-3-1): Reza Arya Pratama; Alfreanda Dewangga,Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Sandy Walsh; Marc Klok, Rahmat Irianto; Asnawi, Egy Maulana, Lilipaly; Dendy Sulistyawan

Pelatih: Shin Tae-yong

Turkmenistan (5-3-2)Rasul Charyyev; Mekan Saparov, Guychmyrat Annagulyyev, Ykhlas Toydzhanov, Abdy Byashimov, Arzuvguly Sapargulyev; Teymur Charyyev, Akhmet Ataev, Murat Annaev; Begmyrat Bayov, Altymurad Annadurdyev.

Pelatih: Mergen Orazov.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya