PDIP Akan Gelar Rakernas IV di Jakarta pada 29 September 2023

Hasto menerangkan, Rakernas IV PDIP ini merupakan bagian konsolidasi usai diumumkan nama-nama caleg yang ikut dalam Pemilu 2024.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 10 Sep 2023, 18:10 WIB
Rakernas III PDIP juga menghasilkan sejumlah 57 rekomendasi internal yang seluruhnya disetujui oleh seluruh peserta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV pada 29 September 2023 mendatang. Rakernas IV PDIP ini akan mengangka tema tentang 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat'.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menerangkan, Rakernas merupakan bagian konsolidasi usai diumumkan nama-nama calon-calon legislatif (caleg) yang ikut dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Mereka bergerak door to door, sehingga selama satu setengah bulan terakhir caleg telah memahami peta di setiap daerah pemilihannya.

"Nah dalam rangka peringatan hari tani dengan Undang-Undang Pokok Agraria, maka partai mengadakan Rakernas dengan tema membangun kedaulatan untuk kesejahteraan rakyat. Ini sangat penting karena pangan menyangkut hak hidup rakyat," ujar dia.

Hasto menyebut, Rakernas hari pertama akan membahas tentang pangan, tentang pemberdayaan petani, juga tentang bagaimana penggunaan teknologi tepat guna bagi kepentingan petani untuk meningkatkan produksi.

"Bagaimana mengatasi masalah pupuk, bagaimana irigasi yang lebih baik benih riset dan ini akan dibahas di hari pertama," ucapnya.

"Kalau tidak salah tanggal 29 September, karena tanggal 28 itu bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad, nanti tolong dikoreksi, karena bertepatan Maulid Nabi Muhammad maka tanggal 29 itu diadakan Rakernas dengan tema untuk kesejahteraan rakyat," ujar Hasto Kristiyanto.

 


Pembekalan Caleg dan Strategi Memenangkan Ganjar

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani dan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo berpose bersama saat konferensi pers di sela-sela Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lebih lanjut, Hasto melanjutkan, hari kedua Rakernas akan membahas pembekalan caleg untuk memahami peta di setiap dapil sekaligus membahas strategi memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Baru pada hari ketiga rekomendasi bahwa rakernas akan dilakukan bertempat di Kemayoran," ucap Hasto.

"Ini sudah dipersiapkan cukup lama karena partai ini kan merencanakan agenda agenda besar selama lima tahun," Hasto menandaskan.

Infografis Puan Maharani Sebut Nama Termasuk AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya