Melihat Proyek Pembangunan Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia

Kawasan industri besar-besaran yang sedang dibangun di pulau tropis Kalimantan yang telah menarik investasi asing dan domestik bernilai miliaran dolar

oleh Arny Christika Putri diperbarui 14 Sep 2023, 17:35 WIB
Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI)
Kawasan industri besar-besaran yang sedang dibangun di pulau tropis Kalimantan yang telah menarik investasi asing dan domestik bernilai miliaran dolar
Seorang pekerja mengoperasikan alat berat di lokasi pembangunan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Mangkupadi, Kalimantan Utara, Indonesia pada Kamis, 24 Agustus 2023. (AP Photo/Yusuf Wahil)
Kawasan industri yang sedang dibangun di Indonesia di pulau tropis Kalimantan yang telah menarik miliaran dolar investasi asing dan domestik ini merusak lingkungan di wilayah tempat tinggal dan migrasi spesies yang terancam punah. (AP Photo/Yusuf Wahil)
Kalimantan Industrial Park adalah “proyek strategis nasional” yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai produsen utama sumber daya strategis. (AP Photo/Yusuf Wahil)
Rencananya kawasan ini akan diperluas dua kali lipat menjadi sekitar 30.000 hektar (74.130 hektar), menjadikannya salah satu kawasan industri terbesar di dunia. (AP Photo/Yusuf Wahil)
Menurut Presiden Joko Widodo, KIPI akan menjadi kawasan industri hijau (green industrial park) terbesar di dunia. (AP Photo/Yusuf Wahil)
Kawasan KIPI dipersiapkan sebagai lokasi sejumlah industri, antara lain ev baterai, petrokimia, dan alumunium. (AP Photo/Yusuf Wahil)
Kawasan industri ini lokasinya berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Panajam Paser, Kalimantan Timur. Bahkan, dikabarkan "hanya" berjarak 185 kilo meter (km) dari IKN. (AP Photo/Yusuf Wahil)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya