Dies Natalis ke-60 IPB, Jokowi: Anak Saya Dua Lulusan IPB

Adapun putri Jokowi, Kahiyang Ayu lulus studi S2 di Sekolah Bisnis IPB pada tahun 2019 dengan predikat Cum Laude atau "Dengan Pujian". Sedangkan, suami Kahiyang, Bobby Nasution yang juga Wali Kota Medan lulus pendidikan S1 dan S2 IPB.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Sep 2023, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (7/11). Jokowi miminta pemenuhan perumahan bagi ASN, TNI, dan Polri diperhatikan juga aksesbilitas ke tempat kerja. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor (IPB), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). Jokowi mengatakan dua anaknya merupakan alumni IPB.

Adapun putri Jokowi, Kahiyang Ayu lulus studi S2 di Sekolah Bisnis IPB pada tahun 2019 dengan predikat Cum Laude atau "Dengan Pujian". Sedangkan, suami Kahiyang, Bobby Nasution yang juga Wali Kota Medan lulus pendidikan S1 dan S2 IPB.

Mulanya, Jokowi menyapa sejumlah menteri yang hadir dalam Dies Natalis ke-60 IPB. Dia pun bertanya-tanya apakah para menteri yang hadir merupakan lulusan IPB.

"Pak Mendikbud, Pak Mentan, Bu Menteri KLHK, Pak Menteri UMK dan Koperasi, Pak Mensesneg, Bu Menaker, Pak Menteri Investasi. Enggak tau kelihatannya ini semua menteri lulusan IPB? Enggak? Enggak, kalau anak saya 2 lulusan IPB," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (15/9/2023).

Jokowi menyebut IPB sangat istimewa sehingga dirinya harus hadir langsung di Dies Natalis ke-60. Dia menceritakan awalnya tak bisa menghadiri Dies Natalis ke-60 IPB yang direncanakan digelar pada 1 September 2023.

"Buat saya IPB sangat spesial karena sebelum saya terima undangan untuk acara Dies Natalis IPB ini tanggal 1 September, kebetulan saya enggak bisa, sudah bertabrakan dengan jadwal yang sudah direncanakan," ujarnya.

Dia lalu disarankan untuk mengirim video sambutan untuk Dies Natalis ke-60 IPB. Namun, Jokowi menuturkan dirinya bisa dimarahi oleh keluarga besar IPB apabila tak hadir.

"Saya diberitahu 'Pak tapping saja, kirim video'. Bisa dimarahi keluarga besar IPB saya kalau seperti itu," ucapnya.

Jokowi menyampaikan dirinya sudah berjanji kepada Rektor IPB Arif Satria untuk hadir ke Dies Natalis ke-60 IPB. Dia pun senang akhirnya bisa hadir langsung di acara tersebut.

"Sejak awal saya sudah disampaikan oleh Pak Rektor, 'Pak (Presiden), nanti waktu Dies Natalis ke-60 hadir'. Insya Allah saya hadir. Saya sampaikan semangat gitu, ternyata tanggalnya tadi tanggal 1 September bertabrakan dengan jadwal lain dan akhirnya pada pagi hari ini kesampaian saya bisa hadir di sini," tutur Jokowi.


Harapan Jokowi Untuk IPB

Dia pun berharap di usia ke-60 tahun, IPB dapat semakin jaya dan kontributif untuk memecahkan permasalahan bangsa serta berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Jokowi ingin IPB menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten.

"Saya ingin IPB jadi sasana untuk menghasilkan insan-insan unggul yang tidak hanya kompeten di akademik, tapi juga punya karakter yang baik, memiliki akhlak yang baik, yang cinta Tanah Air, yang punya optimisme tinggi, yang selalu ingin membantu sesama. Saya yakin IPB University sangat bisa mengambil peran itu," pungkas Jokowi.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya