Dari Dirut Bank hingga Menteri, Ini Jebolan Bank Mandiri yang Ada di Pucuk Tertinggi

Bank Mandiri merupakan salah satu BUMN yang sukses mencetak jebolan-jebolan hebat serta mampu menempati pucuk pimpinan berbagai BUMN lainnya.

oleh Fachri pada 15 Sep 2023, 23:36 WIB
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan salah satu BUMN yang sukses mencetak jebolan-jebolan hebat serta mampu menempati pucuk pimpinan berbagai BUMN lainnya. Terbukti, sudah banyak jebolan Bank Mandiri yang menjadi direktur utama di bank BUMN lain hingga wakil menteri dan menteri di kabinet.

Bukti tersebut semakin menunjukkan bahwa mekanisme people development di Bank Mandiri terlihat sangat profesional dan membuat banyak Mandirian dibutuhkan di banyak institusi di luar, terutama di manajemen BUMN.

Terbaru, alumni Bank Mandiri yang menduduki pucuk pimpinan BUMN lainnya adalah Nixon L. P. Napitupulu. Dirinya diangkat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Dengan begitu, jebolan dari Bank Mandiri kini resmi menempati pucuk pimpinan 4 bank BUMN atau yang dikenal sebagai Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Selain dirinya, siapa lagi jebolan Bank Mandiri yang berkiprah di struktur kepemimpinan strategis di institusi lainnya? Berikut daftarnya!

Dirut BRI Sunarso

Direktur Utama BRI Sunarso.

Sebelum Nixon L. P. Napitupulu, terdapat Sunarso yang merupakan jebolan Bank Mandiri dan kini memimpin Bank BRI.

Sunarso memiliki perjalanan karier dalam pos-pos strategis di Bank Mandiri, seperti SVP Group Head Plantation Specialis, EVP Group Head Corporate Banking Agro Based, hingga Direktur Commercial & Business Banking.

Setelah itu, Sunarso dipercaya menjadi Wakil Direktur BRI pada 2015-2017, lalu menjadi Direktur Utama Pegadaian pada 2017-2019, dan kembali lagi ke BRI sebagai direktur utama pada 2019.

Dirut BNI Royke Tumilaar

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar

Ada pula Royke Tumilaar yang kini menjabat sebagai Dirut BNI. dirinya sempat mengisi jabatan struktural di Bank Mandiri seperti Group Head Regional Commercial Sales I, Direktur Treasury, Financial Institutions & Special Asset Management, hingga Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo.

Dirut KAI Didiek Hartantyo

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo (dok: KAI)

Selain bank BUMN, jebolan Bank Mandiri juga mengisi pos strategis di BUMN lainnya, salah satunya Kereta Api Indonesia. Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo sempat menjadi Senior Vice President di Bank Mandiri pada 2009 hingga 2011, Group Head Financial Institutions tahun 2010-2011, dan menjadi Executive Vice President dan Group Head Corporate Banking II hingga 2016 di Bank Mandiri.

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) pada Senin (11/9/2023) di Jakarta. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Tak hanya di lingkaran BUMN saja, namun jebolan Bank Mandiri juga memiliki kiprah di lingkaran pemerintahan. Jebolan Bank Mandiri yang menjadi menteri adalah Budi Gunawan Sadikin.

Ia sempat menjadi Direktur Utama Bank Mandiri periode 2013-2016 sebelum akhirnya menjabat sebagai Menteri Kesehatan era Jokowi.

Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo saat jumpa pers Rancangan Penggabungan PT. Pelindo I,II,III, dan IV, di Jakarta, Rabu (01/09/2021). Pelindo II akan menjadi Perusahaan Penerima Penggabungan dan Pelindo I, III dan IV akan bubar demi hukum tanpa proses likuidasi. (Liputan6.com/HO/Pelindo)

Selain Budi Sadikin, Kartika Wirjoatmodjo atau “Tiko” juga ditunjuk oleh Erick Thohir sebagai Wakil Menteri BUMN. Dirinya sempat menjadi Direktur Utama Bank Mandiri periode 2016-2019.

Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury

Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury. (Tira/Liputan6.com)

Tak hanya Tiko, Pahala Mansury ditunjuk oleh Jokowi sebagai Wakil Menteri Luar Negeri pada Juli lalu. Dirinya memulai kariernya di Mandiri sejak 2003 dan memiliki jabatan terakhir sebagai Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri sebelum akhirnya diminta Menteri BUMN Rini Soemarno kala itu sebagai Dirut PT Garuda Indonesia Tbk (Persero).

Dengan banyaknya jebolan Bank Mandiri yang berkiprah di institusi lain, hal itu memperlihatkan bahwa mereka memiliki pemahaman komprehensif dari berbagai sisi yang sangat berguna untuk dapat mengambil keputusan strategis dalam menjalankan tugas-tugasnya.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya