Polisi: Objek Kebakaran Museum Nasional 4 Ruangan di Gedung A Prasejarah

Polisi memastikan, kebakaran Gedung A Museum Nasional atau Museum Gajah sudah berhasil dipadamkan. Saat ini petugas tengah melakukan proses pendinginan.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 16 Sep 2023, 22:59 WIB
Bagian belakang bangunan Museum Nasional terlihat runtuh akibat kobaran api. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Sabtu (16/9/2023) malam. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin turun langsung ke lokasi.

Dia menerangkan, area yang terbakar adalah Gedung A yang digunakan untuk ruang pamer dan penyimpanan koleksi prasejarah. Sementara itu, Gedung B dan C tidak terkena dampak.

"Setelah kami datangi memang betul terjadi kebakaran di Gedung A di sana tertulis ruang prasejarah Gedung A. Jadi di sini total ada tiga gedung yakni Gedung A, Gedung B dan Gedung C. Nah yang terbakar Gedung A," kata dia kepada wartawan, Sabtu malam (16/9/2023).

Komarudin merinci, ada empat ruangan di Gedung A yang terbakar. Dua ruang disebut menyimpan barang-barang bersejarah. Adapun, digambarkan Komarudin, di sisi kanan dua ruang yang hangus. Sementara itu, dua ruangan hangus terbakar di bagian tengah.

"Memang di sana ada tempat penyimpanan dan juga ruang tunggu," ujar dia.

Komarudin mengatakan, api sudah berhasil dilokalisir. Saat ini, petugas pemadam masih melakukan proses pendinginan.

"Sampai saat ini kita belum bisa masuk lebih jauh ke dalam karena memang kondisi yang masih dalam proses pendinginan tentu nanti setelah dinyatakan aman oleh tim dari damkar baru identifikasi akan masuk. Tentu nanti akan didampingi oleh para ahli tentunya ahli yang lebih tau untuk menilai kerugian daripada barang-barang yang rusak," tandas dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya