PDIP Coret Ridwan Kamil dan AHY dari Daftar Kandidat Cawapres Ganjar

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengungkapkan bahwa Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah tidak masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Sep 2023, 13:49 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ridwan Kamil.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengungkapkan bahwa Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah tidak masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo.

Puan menjelaskan, nama AHY dicoret karena Partai Demokrat sudah menyatakan sikap untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada pilpres 2024.

"Tadinya kan muncul namanya Mas AHY, tapi karena Demokrat pindah atau memutuskan bersama Mas Prabowo, ya tentu saja sepertinya tidak mungkin," kata Puan saat menghadiri Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama (NU) 2023 di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (18/9/2023).

Sementara itu, Ridwan Kamil yang sebelumnya begitu kuat bakal mendampingi Ganjar, namanya dipastikan dicoret dari daftar. Pasalnya, Partai Golkar yang merupakan partai Ridwan Kamil, juga berada dalam barisan pendukung Prabowo Subianto.

Golkar pun sampai saat ini masih mendorong nama Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai cawapres. Puan Maharani tidak yakin Partai Golkar bakal bermain dua kaki di pilpres 2024.

"Pak RK, Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo. Pak RK merupakan kader Golkar. Lagi pula saya dengar munas di Golkar tetap memutuskan capres cawapresnya tetap Mas Airlangga," ujar Puan.

"Jadi tidak mungkin satu kader ada di sini, gerbongnya ada di tempat lain," tegas Puan.

Untuk empat nama yang masih dipertimbangkan untuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, dan Menkopolhukam Mahfud MD.

"Masih nama-nama yang ada Pak Erick Thohir, Pak Sandi Uno, Pak Andika, Pak Mahfud," ujar Puan.

Khusus nama Mahfud, dipertimbangkan sebagai bakal cawapres yang merepresentasikan Nahdlatul Ulama. "Mungkin, Pak Mahfud salah satunya," kata Puan.

Baca juga Sindir Ridwan Kamil, PDIP: Jangan karena Bertemu Megawati Merasa akan Dipilih Jadi Cawapres


Golkar Siapkan Ridwan Kamil Jadi Gubernur, Bukan Cawapres

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memakai jas kuning dan kartu anggota PartaiGolkar yang diberikan langsung oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Jakarta,Rabu (18/1/2023). Ridwan Kamil resmi bergabung dengan Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Partai Golkar menyiapkan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur (cagub), bukan sebagai cawapres Ganjar.

Pernyataan itu disampaikan Airlangga usai bertemu petinggi Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat pada Kamis (14/9/2023) malam.

"Pak RK posisinya sebagai gubernur ya, oke," kata Airlangga kepada wartawan.

Airlangga menuturkan, Partai Golkar mendorong Ridwan Kamil maju di kontestasi pemilihan gubernur (pilgub) 2024, entah sebagai cagub Jawa Barat atau cagub DKI Jakarta.

"Gubernur apakah (wilayah), Pak RK sendiri yang pilih," ucap Menko Perekonomian ini.

Saat kembali dipertegas apakah bakal maju di pilgub DKI Jakarta atau pilgub Jabar, Airlangga hanya menjawab singkat. "Jawa Barat," ucap Airlangga Hartarto memungkasi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Bursa Cawapres Pendamping Ganjar dan Prabowo (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya