Mengenal Gunung Bongkok Purwakarta, Wisata Alam yang Ditutup Mengantisipasi Karhutla

Gunung Bongkok merupakan destinasi bagi para pencinta alam yang ada di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

oleh Asep Mulyana diperbarui 19 Sep 2023, 04:00 WIB
Kawasan wisata alam Gunung Bongkok di Kabupaten Purwakarta. Cocok bagi para pecinta Hiking. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Purwakarta Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, punya seabrek lokasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Tak hanya di pusat kota, keberadaan lokasi wisata ini juga tersebar di hampir seluruh wilayah ini. Gunung Bongkok adalah salah satunya.

Gunung Bongkok, merupakan destinasi wisata alam yang bisa dibilang sangat menarik bahkan menantang. Lokasinya, berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru. Kawasan wisata tersebut, tak hanya menyuguhkan keindahan alamnya tapi juga menjadi surganya bagi para pecinta Hiking.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, dodi Samsul Bahri menjelaskan, selama ini mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bongkok itu untuk Hiking. Selain itu, para pendaki juga bisa menikmati sunrise dari atas gunung.

"Gunung Bongkok, menjadi salah satu suguhan yang menarik untuk wisatawan," ujar Dodi, Senin (18/9/2023).

Bagi mereka yang belum berpengalaman, jangan khawatir karena masih bisa merasakan sensasi naik gunung. Sebab, ada pemandu yang bisa menemani para wisatawan hingga ke puncak.

Dodi menjamin rasa lelah setelah mendaki gunung, akan hilang seketika setelah sampai di puncak. Apalagi, para pengunjung akan disuguhi pemandangan lanskap Purwakarta dari ketinggian, sehingga menjadi bonus tersendiri bagi para pendaki.

Menurut Dodi, Gunung Bongkok ini tingginya hanya 975 mdpl. Artinya, untuk ukuran sebuah gunung batu ini tak terlalu tinggi. Sehingga, bisa dengan mudah didaki oleh pendaki pemula.

Keunggulan objek wisata ini, yaitu pemandangannya yang sangat menarik. Bahkan, gunung bebatuan ini terlihat cukup unik. Sehingga, sangat cocok juga buat liburan keluarga. Untuk mencapai puncak, dibutuhkan waktu sekitar satu sampai 1,5 jam.

Tak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa fasilitas. Seperti outbound, kolam renang, spot selfie, dan lainnya. Adapun untuk bisa melihat sunrise yang menyelinap dari balik gunung dan perbukitan, para pendaki harus berangkat dari sekitar pukul 05.30 WIB.

"Sunrise di Gunung Bongkok ini, sangat eksotik," kata Dodi.

 


Ditutup Sementara

Dodi mengatakan, untuk sementara waktu kawasan wisata Gunung Bongkok ini tak bisa dikunjungi. Belum lama ini, dinasnya juga telah mengeluarkan imbauan kepada para pengelola terkait penutupan beberapa destinasi wisata alam tersebut. Hal ini dilakukan, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan di musim kemarau sekarang ini.

"Dari imbauan itu, ada tiga wisata alam yang saat ini operasionalnya ditutup sementara. Di antaranya, wisata pendakian Gunung Parang, Gunung Bongkok dan Gunung Lembu," ujarnya.

Meski begitu, lanjut dia, wisatawan tak perlu khawatir. Karena di Kabupaten Purwakarta masih banyak lokasi wisata alam yang bisa dikunjungi. Sebut saja di antaranya, kawasan Situ Kahuripan Wanayasa dan Taman Batu Cijanun.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya