Demokrat Putuskan Dukung Prabowo, AHY Langsung Pamit ke Puan

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengungkapkan jika Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah berkirim pesan kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Sep 2023, 07:50 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di acara peluncuran buku Tetralogi AHY di Djakarta Theater XXI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengungkapkan jika Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah berkirim pesan kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani, setelah Demokrat mendukung Prabowo.

Dia menilai, jika rasa persahabatan sudah dibangun sejak awal maka tidak akan ada pengkhiatan.

"Begini persahabatan itu jadi kunci utama para founding father mendirikan negara ini perbedaan sikap politik para pendiri negara ini, karena persahabatan bisa mendirikan negara. Kali ini persahabatan mengalahkan segala-galanya persahabatan sejati itu lah yang sesungguhnya membuat ikatan itu bertambah-tambah energi dan enggak mungkin berkhianat karena bersahabat," ujar dia.

Dia pun bercerita bagaimana proses Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat dalam menentukan keputusan. Dia menyebut MTP memberikan waktu dua minggu untuk segera mengambil keputusan bagaimana langkah Demokrat di Pilpres 2024.

Dalam waktu dua minggu, semua pihak membangun komunikasi baik di Koalisi pengusung Ganjar maupun dengan koalisi pengusung Prabowo.

"Kita selama dua Minggu semuanya berkomunikasi baik ke merah ke PDIP ke Ganjar maupun ke Gerindra dua-duanya," ungkapnya.

"Di Minggu pertama sama hangatnya, terus intensif sekali. Nah di Minggu kedua mulai sedikit melambat di sebelah sana dan disebelah sini terus makin kencang," sambung dia.

Hinca menjelaskan, karena waktu yang semakin singkat akhirnya Majelis Tinggi Partai Demokrat memutuskan untuk mendukung koalisi Gerindra.

 


AHY Berkomunikasi ke Puan

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani bersama Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpose didampingi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dalam jumpa pers seusai melakukan pertemuan di Plataran, Hutan Kota Gelora Bung Karno, Minggu (18/6/2023). (merdeka.com/Arie Basuki)

Usai keputusan itu diambil, Majelis Tinggi Partai memerintahkan kepada AHY untuk berkomunikasi ke Puan perihal keputusan tersebut.

"Kita katakan oke kita ambil keputusan, dan teman-teman begitu Majelis Tinggi Partai kemarin selesai mengambil keputusannya, Mas AHY sebagai Ketum yang punya hubungan sangat baik dengan Mba Puan mengirim pesan dan pamit," ungkapnya.

"Mba kami telah begini begini seperti saya jelaskan tadi itu, telah terjadi dialog diskusi dan cukup panjang tapi memang waktu yang sangat terbatas MTP harus mengambil keputusan maka kami memutuskan hari ini seperti ini mohon maaf belum bisa bersama di tahun 2024 tapi komunikasi dan silaturahmi terus kita jaga utk membangun negeri bersama-sama," tambah Hinca.

Puan pun, kata Hinca, merespon dengan baik pesan dari AHY. Dan berharap agar komunikasi tetap terjaga meskipun berbeda arah koalisi.

"Enggak berapa lama langsung dijawab, bagus baik Mas terima kasih kita jaga silaturahmi ini komunikasi saya kira komunikasi berdua sangat bagus sekali sesama putri dan anak presiden saya kira contoh yang baik dan menarik," tuturnya.

"Jadi komunikasi langsung sudah dijalankan, karena kita juga minta dari MTP kepada Ketum untuk mengkomunikasikan kepada siapa anda berkomunikasi yang selalu saya sampai kalau kau datang tanpa muka pulanglah kau tampak punggung," imbuh Hinca.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Ragam Komentar Puan Maharani Sebut AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya