Berkat Erick Thohir, FIFA Hibahkan Dana Terbesar kepada Indonesia

Bantuan FIFA ini dinilai merupakan kepercayaan yang besar terhadap Indonesia. FIFA memandang PSSI era Erick Thohir benar-benar berkomitmen memajukan sepak bola secara menyeluruh.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Sep 2023, 15:55 WIB
Ketua PSSI, Erick Thohir, mengunjungi Kantor FIFA di Jakarta. (Bola.com/Dok.Twitter Erick Thohir).

Liputan6.com, Jakarta - Kemampuan diplomasi Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir di dunia internasional tidak diragukan lagi. Berkat jaringan dan diplomasi Erick Thohir, FIFA menyalurkan dana hibah terbesar kepada Indonesia untuk membangun Training Center di Ibu Kotota Nusantara (IKN).

Dana tersebut merupakan terbesar yang pernah diterima suatu negara anggota FIFA.

“FIFA sendiri, pada saat ini untuk phase 1 membantu kurang lebih pendanaan 85,6 miliar rupiah. Ini pertama kali. FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara,” kata Erick Thohir, dikutip dari Youtube KompasTV, Jum’at (22/09).

Bantuan dari FIFA tersebut dinilai merupakan kepercayaan yang besar terhadap Indonesia. FIFA memandang PSSI di era Erick Thohir benar-benar berkomitmen memajukan sepak bola secara menyeluruh.

“Komitmen dari FIFA sendiri melihat rencana daripada transformasi sepak bola Indonesia yang kita harapkan bisa tentu bersih dan berprestasi,” ucap Erick Thohir.

Kemampuan diplomasi Erick Thohir memang tidak dapat diragukan. Salah satu contohnya saat Indonesia berhasil menghindar dari sanksi FIFA karena batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Saat itu, Erick Thohir rela pergi ke Qatar untuk bernegosiasi dengan FIFA.

Dalam negosiasi tersebut, Erick Thohir turut membuat Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Kepercayaa kepada Erick Thohir, membuat FIFA memutuskan membuka kantor Asia-Pasifik di Indonesia.

Erick Thohir pun berterima kasih atas kepercayaan FIFA yang diberikan kepada Indonesia. Erick menyebut kepercayaan FIFA merupakan cerminan keyakinan dunia internasional kepada Indonesia dalam pembangunan IKN.

“Saya rasa simbol bahwa dunia internasional pada hari ini FIFA percaya bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara,” pungkas Erick Thohir.


Erick Dinilai Telah Teruji

Sementara itu Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang Salahudin mengatakan Erick Thohir telah teruji sebagai pemimpin dengan berhasil merubah PSSI ke arah lebih baik. Sebab, kata Salahudin, telah banyak bukti konkret pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berhasil memajukan sepak bola Indonesia.

"Selama memimpin, saya melihat Erick Thohir ini hasilkan prestasi di PSSI yang semakin jelas dan dirasakan oleh publik," ujar Salahudin melalui keterangan tertulis, Kamis (21/9/2023).

"Sebagai Presiden Jokowi sangat percaya kepada Erick Thohir untuk bisa wujudkan harapan-harapan positif dalam membangun Indonesia, salah satunya dengan PSSI ini," pungkas Salahudin.

Diketahui sebelumnya, Erick Thohir berkomitmen dalam membangun Timnas Indonesia. Timnas Indonesia di semua kategori umur terbukti mampu mencatatkan prestasi membanggakan di berbagai kejuaraan.

Terbaru, Erick Thohir tengah mengupayakan meningkatkan kualitas pemain muda untuk Piala Dunia U-17 dan akan diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 pada 2025 mendatang.

Selain itu, bersama PSSI, Timnas Indonesia U-24 juga berhasil meraih kemenangan pertama dalam ajang Asian Games 2022 yang diadakan di Hangzhou, Cina dengan mengalahkan Kirgiztan dua gol tanpa balas.

 

Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya