Kuota Tiket Kereta Cepat Whoosh Tahap 2 Ludes, Warganet Keluhkan Banyak Permasalahan Saat Memesan

Masyaakat sangat berminat merasakan langsung pengalaman menggunakan kereta cepat ini. Namun, tidak dapat diabaikan bahwa pendaftaran uji coba ini juga menimbulkan beberapa keluhan.

oleh Henry diperbarui 25 Sep 2023, 17:26 WIB
Kereta Api Cepat kini telah resmi ditetapkan sebagai daftar Objek Vital Nasional (dok: KCIC)

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) alias Whoosh sudah resmi dibuka kembali. Nantinya, akan tetsedia perjalanan kereta cepat hingga 30 September 2023 mendatang. Uji coba operasional KA Cepat Whoosh yang diselenggarakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menarik perhatian banyak pihak.

Pendaftaran untuk tahap kedua uji coba KA Cepat Whoosh baru saja dibuka pada Minggu, 24 September 2023, dan ternyata mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat. Bahkan, dalam waktu sangat singkat, kuota untuk periode 14 hingga 30 September 2023 telah terisi penuh, mencerminkan minat besar dari masyarakat terhadap pengujian operasional kereta cepat ini.

Saat membuka laman resmi untuk memesan tiket kereta cepat tersebut yaitu https://ayonaik.kcic.co.id./, kita mendapati kalau tiket sudah habis dipesan. "TERIMA KASIH Kuota uji coba periode 14-30 September 2023 telah terisi 100%. Terima kasih atas antusiasme Sobat terhadap Kereta Api Cepat!" tulis pengumuman di halaman depan situs pemesanan tersebut pada Senin (25/9/2023).

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki minat kuat untuk mengeksplorasi dan merasakan langsung pengalaman menggunakan kereta cepat ini. Namun, tidak dapat diabaikan bahwa pendaftaran uji coba ini juga menimbulkan beberapa keluhan.

Sebagian masyarakat mengeluhkan bahwa situs web resmi untuk pendaftaran selalu mengalami gangguan sehingga kesulitan dalam memilih jadwal keberangkatan. Pengalaman para pemesan tiket itu banyak beredar di media sosial termausk di Twitter.

Salah satunya di akun resminya yaitu @KeretaCeoatID. Banyak yang menceitakan pengalamannya bisa mendapatkan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang masih gratis sampai akhir bulan ini. Tak sedikit juga yang meluapkan kekesalannya karena tak bisa mendapatkan tiket dengan berbagai masalah yang dihadapi.


Curhat Warganet Sulit Dapat Tiket

Tiket Kereta Cepat Whoosh Tahap 2 Sudah Ludes, Warganet Keluhkan Banyak Gangguan Saat Memesan.  fioto: https://ayonaik.kcic.co.id./

"Ini web bikin mental health terganggu,” keluh seorang warganet.

"Min.... Ini gimana, dari malem jam 00 servernya error terus, kalo pun masuk ke link nya, jadwalnya ga bisa diakses, sy on time tetep ga bisa, apa yg salah ???" tanya warganet yang lain.

"Ngga jelas websitenya. Ya down lah, ya ngga ada kejelasan lah tiketnya masih tersedia apa sudah habis. Jadinya php. Orang orang bingung ni masih tersedia apa engga 3," timpal warganet lainnya.

"Buka lagi kapaan min? . Aku belum kebagian :( padahal mantengin terus . Tau tau penuh mulu heran," komentar warganet lainnya.

"Min kalo gini udah kaaaan? see you bezoook miinq," tulis warganet lain yang berhasl mendapatkan tiket.

Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Kamis, 21 September 2023, Direktur Perencanaan Startegis dan Pengembangan Usaha PT KAI (Persero) John Robertho mengatakan bahwa tarif kereta cepat akan berlaku saat uji coba gratis selesai pada akhir September 2023.

"Ini kan lagi proses di regulator di DJKA, ini kemungkinan besar Oktober (mulai berbayar)," terang dia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 20 September 2023. John mengungkapkan saat ini belum diputuskan berapa besaran harga tiket KCJB. Hanya saja, dia sudah memberikan usulan.

 


Perkiraan Harga Tiket Kereta Cepat

Tiket Kereta Cepat Whoosh Tahap 2 Sudah Ludes, Warganet Keluhkan Banyak Gangguan Saat Memesan. fioto: Twitter @KeretaCepatID

Harga tiket yang akan berlaku di Oktober 2023 nanti diusulkan sebesar Rp300 ribu untuk kelas ekonomi premium tanpa termasuk biaya LRT dan KA Feeder. Kemudian, diusulkan juga Rp350 ribu untuk tiket bundling dengan LRT dan KA Feeder. 

Mengenai nama Whoosh untuk kereta cepat tersebut, Ketua Tim Panel Sayembara Identitas Jenama, Triawan Munaf mengatakan WHOOSH memiliki kepanjangan Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Nama Whoosh diambil dari setiap huruf awal dari masing-masing kata tadi.

Menurutnya, ini menggambarkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dapat diartikan, Waktu Hemat, merujuk pada waktu tempuh dari KCJB yang sekitar 40 menit dari Jakarta ke Bandung. "Ini semua lengkap dalam singkatan ini, Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal, Whoosh, Whoosh, Whoosh," jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap asal usul munculnya nama 'Whoosh' sebagai nama baru dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Menurutnya, 'Whoosh' tergambar dari kemampuan kereta cepat melaju dengan kecepatan tinggi.

Menhub Budi menyebut penamaan ini muncul dari diskusi santai antara Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan sejumlah menteri kabinet. Menurutnya, penamaan Whoosh menjadi momen unik di antara menteri yang saat itu menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung.


Kuota Uji Coba Kereta Cepat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Rabu (13/9/2023).

Ketika Jokowi dan para menteri menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung, kata Whoosh sering dikeluarkan sebagai ungkapan kegembiraan. "Ini unik, dalam tidak minggu terakhir kami berdialog, Pak Presiden, Pak Pratikno, Pak Triawan, Pak Erick Thohir dan kawan-kawan, japri-japrian dan diskusi," sebut dia dalam Konferensi Pers, Kamis, 21 September 2023.

Sebelumnya, PT KCIC membuka kuota uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara bertahap. KCIC kembali buka registrasi uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai 24 September 2023 untuk perjalanan uji coba pada 25-30 September 2023.

"Jadi karena memang kami membuka kuota secara bertahap, untuk perjalanan 25-30 September kuotanya akan kami buka kembali pada tanggal 24 September nanti, sehingga masyarakat nanti tanggal 24 bisa mulai standby lagi untuk ikut mendaftar," kata GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa.

Menurut Eva, pembukaan kembali registrasi masyarakat pada 24 September 2023 karena tiket uji coba KCJB baik dari Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung dan dari Stasiun Halim Jakarta yang dibuka Minggu ini telah habis hingga 24 September 2023.

 

Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya