Cak Imin Pesimistis Kaesang Mau Gabung Koalisi Perubahan

Cak Imin yakin bergabungnya Kaesang Pangarep ke PSI akan mengubah konstelasi politik nasional.

oleh Muhammad Ali diperbarui 26 Sep 2023, 07:52 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (Istimewa)

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ragu Kaesang Pangarep akan membawa PSI untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan. Hal itu menanggapi pengangkatan Kaesang menjadi ketua umum PSI.

Cak Imin mengatakan, Kaesang arahnya akan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

"Saya belum tahu, nanti kita lihat. Karena kita dengar sudah bergabung dengan Pak Prabowo," katanya dalam keterangan video, Selasa (26/9/2023).

Cak Imin yakin bergabungnya putra bungsu Presiden Joko Widodo itu akan mengubah konstelasi politik nasional. Ia menilai langkah Kaesang cukup berani.

"Ini akan mengubah konstelasi tentu saja. Di mana pilihan PSI menjadikan mas Kaesang sebagai ketua umum ini sebagai pilihan yang berani dan mas Kaesang saya kenal, ya orang yang berani juga mengambil langkah-langkah politik juga," ujar Cawapres Koalisi Perubahan ini.

Cak Imin enggan menilai apakah langkah Kaesang merupakan cara melanggengkan dinasti politik Jokowi. Ia hanya berharap langkah politik Kaesang itu akan bermanfaat.

"Saya sebagai politisi tentu tidak arif untuk berkomentar negatif. Tapi sebagai sesama politisi, ya kita hanya bisa mengucapkan selamat dan moga-moga bermanfaat buat rakyat Indonesia," kata wakil ketua DPR RI ini.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mengumumkan Kaesang Pangarep sebagai ketua umum. Kaesang menjadi Ketua Umum PSI menggantikan Giring Ganesha yang ditunjuk sebagai anggota Dewan Pembina PSI.

"Mari kita sambut dengan penuh semangat ketua baru kita Kaesang Pangarep," kata Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9) malam.

 


Kaesang: Saya PSI

Sebelum resmi diumumkan, sebuah tayangan video memperlihatkan Kaesang Pangarep disertai tulisan Ketua Umum PSI.

"Saya Kaesang saya PSI," kata Kaesang yang muncul dalam tayangan video tersebut.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

 

 

Infografis Kode Keras Dukungan PSI ke Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya