Bupati Halindra Kecewa Prestasi Tuban Jeblok di Porprov 2023,  Bakal Evaluasi Disparbudpora

Bupati Aditya Halindra Faridzky kecewa dengan prestasi kontingen Tuban di ajang Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023. Dia akan mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Muhammad Emawan Putra.

oleh Ahmad Adirin diperbarui 28 Sep 2023, 22:07 WIB
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky. (Adirin/Liputan6.com)

 

Liputan6.com, Tuban - Bupati Aditya Halindra Faridzky kecewa dengan prestasi kontingen Tuban di ajang Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023. Dia akan mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Muhammad Emawan Putra.

“Kami akan evaluasi khususnya kepada Dinas Parbudpora agar nantinya bisa di breakdown kepada cabor-cabor yang ada,” katanya, Rabu (27/9/2023).

Menurutnya, Porprov Jatim 2023 kontingen Tuban menurunkan sejumlah cabor-cabor yang dulunya tidak ikut. Termasuk, memberikan kesempatan kepada para atlet muda agar kedepannya bisa dimaksimalkan.

“Cabor-cabor saat ini kita cenderungnya memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda. Sehingga investasi tahun depan biar bisa lebih maksimal,” terangnya.

Dia mengaku jika prestasi kontingen Tuban turun bukan karena masalah anggaran. Sebab, dirinya menyampaikan anggaran yang digunakan untuk mengikuti event Porprov Jatim 2023 cukup tinggi.

“Kalau anggarannya lebih banyak. Bisa dicek. Kalau anggaran tidak ada penurunan, kalau di tahun ini malah lebih tinggi,” ucapnya.

Kendati demikian, bupati kembali menegaskan belum mau menyebut faktor utama pemicu prestasi Tuban turun di ajang Porprov Jatim. Sebab, dirinya masih menunggu hasil evaluasi yang masih berjalan.

“Harus kita evaluasi lebih detail, kenapa terjadi seperti ini. Tapi kalau dibilang penurunan, gak penurunan signifikan,” jelasnya.

 


Peringkat 13

Bupati Aditya Halindra Faridzky mentargetkan Tuban meraih 150 poin dan bisa masuk 10 besar di ajang Porprov VIII Jawa Timur 2023. Target itu disampaikan bupati ketika memberangkat kontingen Kabupaten Tuban, bertempat di Pendapa Kridho Manunggal Tuban, Rabu (6/9/2023).

Oleh sebab itu, Bupati Tuban mengucurkan logistik lebih Rp 3,2 miliar untuk mengikuti ajang Porprov Jatim 2023. Namun, anggaran miliaran rupiah itu belum mampu mendongkrak prestasi Tuban di event tersebut tetapi malah turun.

Porprov tahun ini kontingen Tuban hanya mampu mengumpulkan 130 poin dengan 12 medali emas, 23 perak, dan 36 perunggu. Capaian itu menempatkan Tuban berada di peringkat ke-13 dari 38 kota atau kabupaten se-Jatim.

Prestasi medali itu menurun dibandingkan pada Porprov VII Jatim tahun lalu. Saat itu kontingen Bumi Wali Tuban sukses berada diperingkat 12 dengan mengumpulkan 139 poin dengan total 70 medali. Rinciannya, 16 emas, 21 perak, dan 33 perunggu.

Ayam bekisar diambil sebagai ikon atau maskot Porprov VII 2022 Jatim kali ini. Maskot tersebut diberi nama Si Beki yang menggambarkan keberanian, kelincahan, dan kekuatan warga Jatim.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya