Kekeringan Parah di Amazon, Brasil Berstatus Darurat

Hutan hujan Amazon di Brasil sedang menghadapi kekeringan parah yang dapat mempengaruhi sekitar setengah juta orang pada akhir tahun, kata pihak berwenang pada hari Selasa.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 28 Sep 2023, 14:05 WIB
Kekeringan Akut Amazon, Brasil Berstatus Darurat
Hutan hujan Amazon di Brasil sedang menghadapi kekeringan parah yang dapat mempengaruhi sekitar setengah juta orang pada akhir tahun, kata pihak berwenang pada hari Selasa.
Anak laki-laki berjalan di samping rumah terapung yang terdampar di tempat yang dulunya merupakan tepi sungai Negro, di tengah kekeringan di Manaus, Brasil, Selasa, 26 September 2023. (AP Photo/Edmar Barros)
Hutan hujan Amazon di Brasil sedang menghadapi kekeringan parah yang dapat mempengaruhi sekitar setengah juta orang pada akhir tahun, kata pihak berwenang pada hari Selasa. (AP Photo/Edmar Barros)
Pihak berwenang di negara bagian Amazonas di barat laut Brasil mengumumkan keadaan darurat pada hari Selasa di 13 kota karena kekeringan yang ekstrem, sementara 16 lainnya berada dalam keadaan siaga. (AP Photo/Edmar Barros)
Permukaan sungai yang rendah dan air yang lebih panas telah membunuh banyak ikan yang terlihat mengambang di permukaan sungai, mencemari air minum, Menteri Lingkungan Hidup Marina Silva. (AP Photo/Edmar Barros)
Situasi ini membuat warga setempat kesulitan mendapatkan bahan pokok seperti makanan dan air. (AP Photo/Edmar Barros)
Di daerah ini, aliran sungai merupakan moda transportasi utama, namun permukaan sungai mencapai titik terendah sepanjang sejarah. (AP Photo/Edmar Barros)
Selain itu, kekeringan berdampak pada kegiatan perikanan yang menjadi sumber utama masyarakat tepi sungai. (AP Photo/Edmar Barros)
Menurut badan pertahanan sipil Brasil, kekeringan diperkirakan akan berlangsung lebih lama dan intens karena fenomena cuaca El Nino, yang menghambat pembentukan awan hujan. (AP Photo/Edmar Barros)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya