Ganjar Dorong Kedaulatan Pangan dari Hulu ke Hilir, Sudah Diterapkan di Jateng

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo akan mendorong kedaulatan pangan dari hulu ke hilir. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Rapat Kerja Nasional IV PDIP di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/8/2023).

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 30 Sep 2023, 01:01 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan bakal calon presiden (capres) 2024 dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo akan mendorong kedaulatan pangan dari hulu ke hilir. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Rapat Kerja Nasional IV PDIP di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/8/2023).

“Semua diminta untuk serius mengurus persoalan pangan ini. Ya dari hulunya sampai hilir termasuk modernisasi, ya pupuknya termasuk bibit bagusnya,” kata dia.

Adapun, hal ini sudah dilakukannya saat menjadi Gubernur Jawa Tengah. Dia melakukan pengembangan kerja sama dengan Thailand terkait penguatan ketahanan pangan di bidang pertanian.

Selain itu, telah sukses melakukan Gerakan Seribu Embung, khususnya dalam membantu perairan pertanian. Bahkan, sejak 2015 sudah terbangun 1.135 embung yang banyak berperan dalam mengairi sawah, khususnya sawah tadah hujan saat kemarau.

Kemudian Ganjar juga memberikan bantuan bahan bakar untuk petani dalam mengairi sawah dan kebun.

“Makanya PDI perjuangan hari ini rakernasnya bicara pangan, dan itu sangat strategis apalagi sekarang lagi terjadi El Nino ini menjadi sesuatu yang isu paling dibutuhkan oleh rakyat,” sambungnya.

Per Juli 2023, tingkat kesanggupan dan luas tambah tanam (LTT) komoditas pertanian di Jawa Tengah untuk padi sebanyak 80.680 hektare dengan LTT 39,91 persen. Lalu jagung, kesanggupannya 40.028 hektare dengan LTT 53,09 persen.

Untuk komoditas pertanian kedelai, Provinsi Jawa Tengah memiliki kesanggupan lahan seluas 4.352 hektare dengan tingkat LTT 36,88 persen di 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

 

 


Jokowi Terkesan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkesan dan memuji ide serta gagasan calon presiden (capres) 2024 dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo terkait kedaulatan pangan saat acara Rakernas IV PDIP di JIExpo Jakarta, Jumat (29/9/2023). Jokowi meyakini Ganjar mampu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia itu.

"Tadi sudah disampaikan Ibu Ketua Umum Megawati terkait bagaimana kita harus menyiapkan pangan kita. Saya setuju sekali. Dan lebih setuju lagi dengan apa yang disampaikan Capres kita, Pak Ganjar Pranowo," kata Jokow saat menyampaikan pidatonya.

"Tadi saya bisik-bisik sama Pak Ganjar. Nggak usah lama-lama, perencanaannya disiapkan sekarang. Nanti habis dilantik (jadi presiden), besoknya langsung masuk soal kedaulatan pangan. Sehingga kedaulatan pangan, swasembada pangan bisa kita miliki," sambungnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya