IdeaFest 2023 Jadi Momentum LPDUK Kemenpora Bertransformasi, Menpora: Bakal Support Sportainment dan Motosport

LPDUK Kemenpora turun berperan aktif dalam mendukung event dan memberikan berbagai kontribusi positif.

oleh Gilar Ramdhani pada 07 Okt 2023, 13:00 WIB
Menpora Dito Ariotedjo dalam IdeaFest 2023. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta IdeaFest 2023 hadir dengan beragam program kolaborasi menarik dari para insan dan komunitas kreatif. Tujuan mereka sama yaitu mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Mengusung tema “Lead the Leap!”, IdeaFest 2023 yang bekerja sama dengan lebih dari 280 pelaku kreatif dalam 120 sesi yang terdiri dari IdeaFest Conference, Idea Talks, NexSpace, Art Market, dan Youth Summit telah berjalan sukses pada 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Sebagai official government partner, LPDUK Kemenpora turun berperan aktif dalam mendukung event dan memberikan berbagai kontribusi positif. LPDUK merupakan Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah Kemenpora yang didirikan pada tahun 2017 dalam rangka persiapan menghadapi Asian Games dan Asian Para Games 2018. LPDUK memiliki Visi “Menjadi Lembaga yang Profesional dan Akuntabel dalam Pengelolaan Dana dan Penyelenggaraan Usaha Keolahragaan di Indonesia”. 

Setelah enam tahun berkiprah, melewati banyak lika liku dan dinamika, termasuk situasi Pandemi Covid-19, LPDUK terus berbenah. Sesuai arahan Menpora Dito Ariotedjo, LPDUK mencoba melakukan transformasi dengan menjadi lembaga yang lebih progresif dan mendukung ekosistem Industri Olahraga Sebagai Bagian dari DBON.

Sebagai bagian dari langkah rebranding dan transformasi terhadap Badan Layanan Umum di bawah Kemenpora tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo meluncurkan logo baru Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), di sela-sela kegiatan Talkshow IDEAFEST2023, Sabtu (30/9).

Menpora Dito Ariotedjo dalam diskusi LPDUK Kemenpora. (Foto: Istimewa)

“Sebagai BLU, LPDUK ini konsepnya seperti venture capital, ketika saya duduk di Kemenpora, saya melihat lembaga ini sangat potensial, seperti mutiara yang belum dipoles. Makanya saya tunjuk Plt Direktur yang relatif masih muda dan progresif, ASN asli Kemenpora (untuk melakukan transformasi–red),” ujar Menpora Dito saat memberikan sambutan di acara Talkshow dengan Tema “Local and Proud: Championing the Advancement of Indonesia’s Sports Industry” at IDEAFEST2023.

Bambang Soesatyo dalam diskusi yang dihelat LPDUK Kemenpora. (Foto: Istimewa)

Dipandu Valentino Simanjuntak 'Jebret' itu Talkshow tersebut turut menghadirkan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan atlet Paragames M. Fadli Immammuddin serta Staf Khusus Menpora Mikha Tambayong. Plt. Direktur LPDUK Ferdinand Kamariki Tangkudung turut mendampingi Menpora.

Menpora Dito menghendaki LPDUK segera melakukan transformasi. Diawali ganti logo dan tak menutup kedepan ganti nama “Tapi yang paling penting adalah kedepan LPDUK melakukan investasi di sektor-sektor yang LPDUK memang harus ada di dalamnya,” kata Menpora Dito.

Dia mencontohkan, ke depan ada banyak platform digital yang bergerak di bidang sportainment yang dapat digandeng oleh LPDUK. Seperti Vindest, RANS, Jebret Media, hingga Atta Halilintar. Keberadaan platform-platform ini menurut Menpora pasti akan mendapat dukungan dari Kemenpora.

“Itu pasti kami support, yang penting pengembaliannya aman. Bagi LPDUK, walaupun itu wajib kembali dananya, tetapi yang harus kita dorong golnya itu dampak kepada industri dan olahraganya. Jadi tenang saja pasti kami support,” urai Menpora Dito.


LPDUK Bakal Dukung Event Olahraga Bertaraf Internasional

Raffi Ahmad dalam diskusi LPDUK Kemenpora. (Foto: Istimewa)

Menpora mengungkapkan nantinya LPDUK ini diarahkan juga pada event-event olahraga bertaraf internasional, termasuk juga motorsport serta menjalin berbagai kerja sama yang bersifat dukungan pada industri olahraga. Teranyar, Menpora mendorong LPDUK bekerja sama dengan PSSI dalam Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan November mendatang. Juga sudah terlibat pada Piala Dunia bola basket FIBA 2023.

Logo LPDUK Kemenpora. (Foto: Istimewa)

LPDUK yang didirikan pada 2017 dalam rangka persiapan Asian Games dan Paragames 2018, awalnya memiliki logo irisan empat warna yang saling melingkar, berubah menjadi logo seperti loncatan bola kuning dalam garis biru. Logo baru itu merepresentasikan sebuah kekuatan untuk transformasi, bergerak progresif dan meraih kepercayaan.

Dengan logo baru ini, LPDUK diharapkan bisa tumbuh menjadi Badan Layanan Umum (BLU) yang lebih progresif, kredibel dan dipercaya oleh stakeholder ekosistem industri olahraga.

IdeaFest 2023.

Sebagai informasi, di acara Talkshow dengan Tema “Local and Proud: Championing the Advancement of Indonesia’s Sports Industry” at IDEAFEST2023 yang dipandu Valentino Simanjuntak 'Jebret' itu turut hadir sebagai bintang tamu antara lain Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan atlet Paragames M. Fadli Immammuddin serta Staf Khusus Menpora Mikha Tambayong. Plt. Direktur LPDUK Ferdinand Kamariki Tangkudung turut mendampingi Menpora.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya