Prilly Latuconsina Cerita Soal Pengalaman Belajar Bahasa Jawa Krama untuk Film Budi Pekerti yang Baru Rilis Trailer

Pada film Budi Pekerti, Prilly Latuconsina mengambil peran sebagai sosok Tita, perempuan Jawa yang berdialog dengan bahasa Jawa Krama Inggil.

oleh Siti Sahira Aulia diperbarui 09 Okt 2023, 14:30 WIB
Poster Film Budi Pekerti (instagram/ rekatastudio)

Liputan6.com, Jakarta - Aktris muda berbakat Prilly Latuconsina lagi-lagi memukau publik lewat totalitas di film terbarunya, Budi Pekerti.

Dalam trailer filmnya yang dirilis baru-baru ini, peran wanita berdarah Ambon ini menjadi salah satu yang jadi sorotan publik. Pada film Budi Pekerti, Prilly Latuconsina mengambil peran sebagai sosok Tita, perempuan Jawa yang berdialog dengan bahasa Jawa Krama Inggil.

Tidak memiliki darah Jawa apalagi kemampuan berbahasa Jawa, Prilly membagikan pengalamannya belajar Krama Alus untuk perannya di film Budi Pekerti. Di akun TikTok pribadinya, dia membagikan cerita seru penuh tantangan tersebut.

"Ini video saat aku belajar Krama Inggil, membiasakan diri aku dengan kalimat-kalimat yang tidak pernah aku dengar," tulis Prilly Latuconsina di caption videonya.

 


Belajar 3 Bulan

Prilly Latuconsina Tanpa Makeup (Sumber: intsagram/prillylatuconsina96)

Di video tersebut, Prilly menuliskan beberapa keterangan dalam proses perjalanannya mempelajari bahasa Jawa Krama Inggil. Dia dibimbing oleh seorang dialect coach bernama Banyu Bening untuk memantapkan dialognya itu.

"September - Oktober dilatih sutradara Wregas Bhanuteja demi jadi Tita di film Budi Pekerti. November 2022 Tim Budi Pekerti datengin dialect coach buat aku, Mas Banyu Bening," tulis perempuan berusia 27 tahun itu. 


Belajar Lebih Giat

Prilly Latuconsina turut hadir untuk melihat world premiere film terbarunya yang berjudul ‘Budi Pekerti’ [@prillylatuconsina96]

Sudah ditayangkan lebih dulu dalam perhelatan Toronto International Film Festival (TIFF) 2023, tantangan di film Budi Pekerti memaksa Prilly untuk belajar lebih giat.

"Saat ka Wregas memberikan aku kepercayaan untuk membawakan karakter TITA, Aku janji sama diri aku sendiri untuk berlatih lebih giat." Begitu disampaikan Prilly di caption video TikTok tersebut.


Komentar Warganet

Prilly Latuconsina. (Foto: Dok. Instagram @prillylatuconsina96)

Cuplikan video yang membagikan proses Prilly belajar bahasa Jawa Krama Inggil tersebut disambut para pengikutnya dengan beragam pujian.

"aku yang asli Jawa, kromo alus benar benar gabisa, semangat terus kak Prilly," kata pengguna akun TikTok @ufavhu***.

"wah kromo inggil, ak org Jawa aj belum tentu iso lhoo," komentar pemilik akun @Nova Ton****.

"gila sih...keren banget...pasti gak mudah belajar basa jawa krama inggil...," tulis pengguna TikTok @sa**.

Infografis Kepunahan Bahasa Daerah

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya