Ganjar Pranowo Dapat Doa dan Amalan Khusus dari Cucu Syekh Abdul Qadir Jailani, Apa Itu?

Bakal Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo didoakan oleh Syekh Muhammad Fadhil Jailani. Syekh Muhammad Fadhil Jailani adalah cucu ke-25 dari Syekh Abdul Qadir Jailani yang dikenal sebagai sufi mahsyur serta Sulthanul Auliya.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Okt 2023, 20:47 WIB
Bakal Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo didoakan oleh Syekh Muhammad Fadhil Jailani. (Tim Media Ganjar)

Liputan6.com, Jakarta Bakal Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo didoakan oleh Syekh Muhammad Fadhil Jailani. Syekh Muhammad Fadhil Jailani adalah cucu ke-25 dari Syekh Abdul Qadir Jailani yang dikenal sebagai sufi mahsyur serta Sulthanul Auliya. Ganjar Pranowo bertemu dengannya saat menghadiri acara ngunduh mantu pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek, Musthofa Aqiel Siroj, Minggu (8/10/2023).

Ganjar awalnya diperkenalkan Kang Muh panggilan Musthofa Aqiel Siroj dan keluarga kepada Syekh Fadhil Jailani sebagai kandidat Presiden 2024. Lalu setelah bertemu mempelai, Ganjar dipanggil oleh Syekh Fadhil.

Dengan dibantu penerjemah dan perwakilan keluarga, Syekh Fadhil menyampaikan beberapa hal kepada Ganjar. Sang syekh tampak sesekali menghitung jari-jemari yang diperhatikan Ganjar dengan seksama.

"Itu (yang disampaikan) doa dan amalan Syekh Fadhil Abdul Qadir Jailani buat Pak Ganjar," kata perwakilan keluarga yang mendampingi Ganjar saat bersama Syekh Fadhil, yaitu Riyad.

Menurut dia, amalan yang diberikan berupa lantunan doa untuk dibaca sebanyak 313 kali seusai Ganjar menunaikan salat.

"Itu (amalan) untuk Pak Ganjar supaya selalu kuat dan sehat, artinya beliau sangat peduli kepada Pak Ganjar," ungkapnya.

Sejumlah tokoh hadir dalam acara itu, di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, hingga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, KH Said Aqil Siroj yang merupakan kakak dari KH Mustofa, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy. Ada pula keluarga KH Maimoen Zubair yang menjadi besan dari KH Mustofa. Hadir di antaranya Taj Yasin Maimoen yang duduk berdampingan dengan seorang syekh.


Ganjar Mesra dengan Mahfud Md

Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo bersama Mahfud Md di acara ngunduh mantu dari putra ketiga dari Muhammad Musthofa Aqiel Siroj. (dok Tim Media Ganjar Pranowo)

Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo bersama sang istri Siti Atikoh menghadiri acara ngunduh mantu pasangan Muhammad Shobbah dan Nawwal Fayyadah. Ganjar Pranowo mengenakan balutan jas hitam serta kemeja bermotif garis hitam putih, dilengkapi peci hitam.

Sementara Siti Atikoh mengenakan dress batik berwarna coklat.

 Acara ngunduh mantu ini berlangsung di Ponpes Khas Kempek, Jalan Tunggal Pegagan, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu (8/10/2023).

Adapun Muhammad Shobbah merupakan putra ketiga dari Muhammad Musthofa Aqiel Siroj pengasuh di Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon, Jawa Barat dan juga Ketua Majelis Syariah di DPP PPP.

Sedangkan, Nawwal Fayyadah adalah putri dari KH Ni'amillah Aqil Siroj yang merupakan sosok ulama asal Kempek, Cirebon.

Ketika tiba Ganjar dan Siti Atikoh langsung disambut oleh pihak keluarga baik dari mempelai pria ataupun wanita. Ia pun berjalan bersebelahan bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Poljhukam) Mahfud Md.

 


Duduk Bareng

Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo bersama Mahfud Md di acara ngunduh mantu dari putra ketiga dari Muhammad Musthofa Aqiel Siroj. (dok Tim Media Ganjar Pranowo)

Ganjar dan Mahfud Md pun duduk bersebelahan dan terlihat akrab ketika di acara pernikahan ngunduh mantu. Selama acara itu pun mereka terlihat berbincang sesekali.

Menurut Ganjar, kedatangannya ini untuk memenuhi undangan dari Musthofa Aqiel Siroj yang pada hari ini melangsungkan acara pernikahan ngunduh mantu.

"Memang diundang ada acara pernikahan kebetulan saya sama keluarga beliau dekat sudah lama, Kiai Musthofa ini kami dekat sekali dengan keluarganya," kata Ganjar dikutip dari keterangan tertulis yang diterima, Minggu.

Ketika ditanya mengenai kedekatannya bersama Mahfud Md selama acara pernikahan putra Mustofa Aqil Siroj, Ganjar mengakui bilamana memang sangat dekat dengan mantan Ketua MK itu.

“Dekat tadi, dekat banget duduknya,” ungkap Ganjar.

 

Reporter: Ahda B

Sumber: Merdeka

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya