Synology Jadi Solusi Jaga Keamanan Data dari Ransomware Bagi Para Pelaku Bisnis

Menurut sebuah studi hampir 40% gangguan pada bisnis disebabkan karena kehilangan data karena backup yang gagal atau restorasi yang gagal

oleh stella maris pada 18 Okt 2023, 17:00 WIB
Synology Jadi Solusi Jaga Keamanan Data dari Ransomware Bagi Para Pelaku Bisnis/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Ransomware adalah salah satu jenis malware yang menyerang komputer, dengan cara mengenkripsi file agar tidak bisa diakses kembali oleh pemiliknya. Kemunculan ransomware bahkan menjadi epidemi global karena terus memakan korban di seluruh dunia.

Parahnya lagi, ransomware diduga sempat menyerang sejumlah perusahaan besar di Tanah Air yang menjalani bisnis, dengan 'menyandera' database dan meminta sejumlah uang, agar sistem yang dibajak dapat dibuka kembali. 

Mengulas kembali presentasi dari Synology tentang pentingnya keamanan data dalam bisnis pada acara IndoSec 2023 di Jakarta lalu, menurut Clara Hsu selaku Country Manager Synology untuk Indonesia, kerugian akibat ransomware secara global sudah mencapai USD20 juta pada 2021. Kerugian tersebut diprediksi dapat mencapai lebih dari USD265 juta pada 2031, artinya dapat meningkat 13 kali lipat dari 10 tahun sebelumnya. 

Clara Hsu selaku Country Manager Synology untuk Indonesia saat presentasi di acara IndoSec 2023 di Jakarta/Stella Maris.

"Selain ransomware, ada faktor lain yang dapat mengganggu bisnis, misalnya kerusakan sistem, human error, dan gagalnya backup data, dan bencana. Namun menurut sebuah studi hampir 40% gangguan pada bisnis disebabkan karena kehilangan data karena backup yang gagal atau restorasi yang gagal," ujar Clara seperti dijelaskannya dalam presentasi di acara IndoSec 2023. 

Booth Synology di acara IndoSec 2023 di Jakarta/Stella Maris.

Berkaitan dengan hal tersebut, Clara menegaskan bahwa backup data memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis di zaman yang serba digital sekarang ini. Banyak tantangan yang harus dihadapi para pelaku bisnis (skala kecil hingga enterprise) terkait perlindungan data, tiga di antaranya adalah seperti dijelaskan Clara, yaitu: 

  1. Manajemen yang tak terpusat karena data-data bisnis tersebar di berbagai perangkat atau platform yang berbeda, seperti virtual machine dan juga cloud
  2. Tak sedikit pelaku bisnis yang menganggap bahwa backup adalah investasi yang tinggi karena mempertimbangkan biaya dari hardware, software, dan lisensi yang terintegrasi
  3. Serangan ransomware yang semakin canggih, maka dari itu solusi backup yang digunakan pun harus memiliki fitur keamanan yang kuat

Cegah Kerugian Bisnis dan Andalkan Keamanan dari Synology

Synology Comprehensive Hybrid Cloud Backup Solution/Stella Maris.

Setiap bisnis pasti mengalami perkembangan atau kemajuan. Bukan sekadar keuntungan, tapi data-data yang dimiliki pun terus berkembang, selama perusahaan maju. 

Ketika perusahaan di skala apapun berkembang, artinya ada hal yang harus dijaga, yaitu keamanan datanya, untuk mencegah kerugian bisnis. Ya, perusahaan harus mengetahui dan memiliki kontrol penuh terhadap lokasi data yang disimpan. 

Berkaitan dengan keamanan data, Synology yang merupakan hybrid storage server menjadikan keamanan sebagai prioritas utama. Maka dari itu, mengandalkan Synology untuk menjaga keamanan data demi kelanggengan bisnis adalah pilihan yang tepat. 

"Synology hadir sebagai solusi perlindungan data dari berbagai platform berbeda. Semua tugas backup, bisa dilakukan Synology dengan efisien secara komprehensif. Selain itu, Synology juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang memperkuat perlindungan data dan juga sistem storage, untuk memastikan data penting selalu terjaga," kata Clara. 


Keuntungan Gunakan Synology

Ketika membangun bisnis, budgeting menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan matang. Selain digunakan untuk modal usaha, menggaji karyawan, dan sewa kantor, sejumlah uang justru dapat dialokasikan sebagai solusi tempat penyimpanan data. 

"Paling penting adalah budgeting karena semua perusahaan pasti ada budgeting. Biasanya alokasi untuk biaya IT sekitar 25% dari total biaya, cukup tinggi untuk UMKM. Maka dari itu, pada saat memilih solusi untuk menyimpan data bisnis, akan lebih efektif memang untuk pilih solusi yang memberikan solusi lengkap, bukan hanya hardware untuk penyimpanan saja, tetapi juga dengan fitur yang lengkap, seperti Synology dengan solusi yang komprehensif," ujar Clara sambil menjelaskan keuntungan menggunakan Synology dalam skala perusahaan apapun.

Clara Hsu selaku Country Manager Synology untuk Indonesia/Stella Maris.

Biasanya untuk menyimpan data, bisnis butuh server yang memang dirancang untuk menjadi server data. Namun, berbeda dengan solusi yang ada di pasaran, keunggulan dari Synology adalah memiliki storage data yang lengkap dengan solusi-solusi yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis. Selain memastikan data tersimpan di perangkat yang canggih, hadirnya solusi backup yang lengkap dari Synology juga menjamin keamanan data dari serangan ransomware.

Synology dapat memberikan satu ekosistem IT yang lengkap untuk pelaku bisnis atau perusahaan. Dengan integrasi hardware, OS, dan software tanpa biaya lisensi, artinya bisnis yang dijalankan tak perlu membayar biaya tambahan lagi.

Clara Hsu selaku Country Manager Synology untuk Indonesia saat presentasi di acara IndoSec 2023 di Jakarta/Stella Maris.

"Semua bisa dilakukan dengan Synology. Selain efisien, juga cost effective, Synology bisa membantu perusahaan di Indonesia untuk melawan ransomware, dengan solusi backup yang lengkap serta keperluan disaster recovery," ujar Clara.

Untuk mengetahui  lebih lanjut mengenai produk Synology yang menawarkan solusi keamanan data lengkap untuk penyimpanan data, agar bisnis berjalan aman, klik di sini

 

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya