Besok Surya Paloh Bakal Pidato Khusus, Motivasi Anies-Cak Imin Sebelum Daftar ke KPU

Pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan mendaftar ke KPU pada besok Kamis (19/10/2023).

oleh Winda Nelfira diperbarui 18 Okt 2023, 21:15 WIB
Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim (kedua dari kiri) menyebut, Ketum NasDem Surya Paloh akan memberikan pidato khusus untuk memotivasi pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebelum daftar ke KPU. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum (Ketum) Surya Paloh, bakal memberikan motivasi kepada pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok, Kamis 19 Oktober 2023.

"Pak Surya (Paloh) akan memberikan pidato khusus. Beliau menghantar sampai KPU, tapi di NasDem itu beliau juga akan memberikan sambutan untuk memotivasi para calon," kata Sekjen NasDem Hermawi Taslim di Rumah Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Nomor 46, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Adapun markas NasDem menjadi lokasi pemberhentian terakhir Anies-Cak Imin beserta rombongan yang bertolak dari PKS dan PKB sebelum menuju ke Kantor KPU. Sehingga sejumlah hal telah dipersiapkan.

"Apa yang kami lakukan di NasDem? Di NasDem itu sudah ada 30 UMKM yang jualan bubur ayam dan segala macam, itu kami persiapkan di depan untuk masa yang di depan, siapa cepat lah lah," kata dia.

"Satu gerobak masing-masing 500 kami order 500 sampai habis mungkin di sepanjang jalan RP Soeroso itu," sambung dia.

Lebih lanjut, Hermawi menyampaikan jumlah massa yang hadir diprediksi bakal membludak. Sehingga, Badan Pekerja (BAJA) AMIN akan menyiagakan petugas kebersihan di rute-rute yang bakal dilalui AMIN dan rombongan.

"Kita juga kerja sama dengan beberapa instansi di Pemda DKI melalui DPRD kita itu juga untuk menambah. Jadi sedapat mungkin, sekecil mungkin gangguan bagi masyarakat walaupun itu tidak bisa kita hindari," ucap Sekjen NasDem.


Akan Koordinasi dengan Tim Ganjar-Mahfud

Tim pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan berkoordinasi dengan tim Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebelum mendaftar ke KPU, Kamis (18/9/2023) agar tidak bentrok. Diketahui, kedua pasangan bakal capres-cawapres tersebut akan mendaftar ke KPU pada hari yang sama. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sementara itu, Jubir Anies Baswedan, Sudirman Said bakal menghubungi tim pasangan bacapres-bacawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk berkoordinasi terkait alur pergerakan masa kedua pasangan calon (paslon) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rencananya, kedua bakal paslon yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan mendaftar sebagai peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) ke Kantor KPU pada besok Kamis (19/10/2023).

"Kemudian mengenai alur berangkat kita berusaha juga berkomunikasi dengan timnya Mas Ganjar ya supaya ada koordinasi menghindari resiko-resiko," kata Sudirman Said dalam konferensi pers di Rumah Koalisi Perubahan, Brawijaya X Nomor 46, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023).

Adapun Anies-Cak Imin dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) daftar lebih dahulu pada pukul 08.00 WIB, Kamis 19 Oktober 2023. Sementara Ganjar-Mahfud bakal mendaftar pukul 11.00 WIB.

Menurut Sudirman, Koalisi Perubahan yang mengusung Anies-Muhaimin (AMIN) mendukung pemilihan umum (Pemilu) 2024 berlangsung damai. Sehingga, antarpendukung mesti rukun

"Tadi sudah disampaikan pesan kita adalah pesan perdamaian, pesan persahabatan. Ini bukan permusuhan, tapi ini adalah persahabatan," kata dia.

Oleh sebab itu, dia mendorong relawan Anies-Cak Imin yang nantinya bertemu relawan Ganjar-Mahfud Md agar tak gaduh. Justru, kata dia harus saling menyapa satu sama lain.

"Jadi kalaupun nanti ketemu di jalan ya kita akan salaman dan InsyaAllah ini juga dipahami dengan baik oleh teman-teman dari Pak Ganjar dan Pak Mahfud," ujar Sudirman Said.   


Bergerak Sejak Subuh

Pasangan bakal capres-cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut bahwa anak-anaknya saling bercerita soal manuver politik jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/WInda Nelfira)

Pasangan bakal calon wakil presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan bergerak dari dini hari sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 19 Oktober 2023 besok.

"InsyaAllah seluruh rangkaian acara akan dimulai sejak setelah subuh. Ini adalah spirit kemenangan dari tim AMIN," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Al-Habsyi di kawasan Bandung 11, Jakarta Pusat (18/10/2023).

Menurut Aboe, hal ini menunjukkan pasangan AMIN sepenuhnya siap bekerja untuk rakyat. Terlebih, kata Aboe waktu pagi hari penuh dengan keberkahan tersendiri.

"Dalam kerja yang dimulai dari pagi hari kami yakin akan membawa keberkahan. Jadi ini ada spirit keberkahan yang hendak dibawa di pendaftaran besok, InsyaAllah," ujar dia.

Dilihat Liputan6.com, Anies-Cak Imin akan bergerak dari kediamannya masing-masing, dimulai pada pukul 04.30-05.45 WIB dimulai dengan acara keluarga, melaksanakan salat subuh, hingga melakukan sungkeman ke orang tua.


Mampir ke Markas PKS, PKB, dan NasDem

Duet bakal Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) disambut lautan massa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Tim Media AMIN)

Selanjutnya, pukul 05.45-06.15 WIB, Anies dan Cak Imin bakal menuju ke DPP PKS untuk silahturahmi. Lalu, secara bersama-sama Anies-Cak Imin beserta massa PKS beranjak ke DPP PKB pada pukul 06.15-07.15 WIB.

Iring-iringan AMIN beserta pimpinan parpol PKS dan PKB akan berakhir di DPP NasDem pada pukul 07.15-07.45 WIB.

Kemudian, pada pukul 07.45-08.15 WIB mobilisasi AMIN beserta pimpinan parpol akan menuju depan KPU. Mereka bakal naik mobil bak terbuka dari NasDem ke KPU.

Dokumen pendaftaran akan diserahkan ke KPU pukul 08.15-09.45 WIB. Setelah itu, Anies-Cak Imin dijadwalkan berorasi di depan KPU pukul 09.45-10.45 WIB.

Siang harinya, iring-iringan paslon Anies-Cak Imin bakal menuju Transjakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Kejaksaan Agung (CSW) dan berakhir di Stasiun MRT Fatmawati pada pukul 12.30-13.00 WIB.   

Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Kamis 19 Oktober 2023 pukul 11.00 WIB.  

Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya