Ganjar-Mahfud Md Akan Disambut Tarian Nasional saat Mendaftar Pilpres 2024 di KPU

Nantinya, para penari akan menampilkan aksi mereka ketika menyambut kedatangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud Md.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 19 Okt 2023, 10:46 WIB
Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Presiden bakal menampilkan tarian dan kebudayaan nasional di depan KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, pada Kamis (19/10/2023) untuk menyambut pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendaftar Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Presiden bakal menampilkan tarian dan kebudayaan nasional di depan KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, pada Kamis (19/10/2023) untuk menyambut pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendaftar Pilpres 2024.

Berdasarkan keterangan tertulis sejak pagi, puluhan penari telah bersiap dengan asesoris dan riasan daerah mereka masing-masing. Adapun, tarian yang akan ditampilkan berasal dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimamtan, Sulawesi hingga Papua.

Tak hanya penari, puluhan peserta kebudayaan juga terlihat tampak mengenakan pakaian dari sejumlah daerah. Nantinya, mereka bersama-sama akan ikut payai kebudayaan dengan berjalan kaki dari Taman Suropati menuju Gedung KPU RI.

Selain itu, Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDIP juga bakal menampilkan Marching Band. Puluhan anak-anak muda dengan perlengkapan Marching Band juga melakukan persiapan sebelum nantinya ikut dalam pawai kebudayaan itu.

Nantinya, para penari akan menampilkan aksi mereka ketika menyambut kedatangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud Md.

Diketahui, pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hari ini.

Ganjar-Mahfud akan berkumpul di Tugu Proklamasi sebelum mendaftar menuju KPU RI sekitar pukul 11.00 WIB.

Rencananya Ganjar dan Mahfud akan datang ke KPU bersama sukarelawan dan para pendukung. Para Ketua Umum parpol pendukung juga akan ikut mengantarkan Ganjar-Mahfud mendaftar di KPU.


Relawan Mulai Penuhi Tugu Proklamasi, Ganjar-Mahfud Akan Naik Mobil Dinas Soekarno ke KPU

Relawan pendukung paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mulai memenuhi lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, jelang pendaftaran ke KPU. Para relawan mengenakan kaos putih bergambar Ganjar-Mahfud sembari membawa mawar putih.

Rencananya, paslon Ganjar-Mahfud akan mendaftar ke KPU pada pukul 11.00 WIB. Keduanya akan memakai mobil dinas terakhir Presiden pertama RI, Soekarno, ke KPU.

Mobil it berjenis Cadillac Fleetwood 75 Limosin, berwarna hitam. Nampak ada bendera merah putih di depan mobil. Mobil Cadillac itu bernopol B-2847-STQ.

Mahfud sudah tiba di Tugu mengenakan kemeja putih dan langsung memasuki tenda VIP. Sementara Ganjar belum terlihat.

Sebelum berangkat ke Tugu, Mahfud mengaku siap mendaftar dan sudah berdoa.

“Sudah berdoa meminta rida kepada Allah kemudian berdoa bersama-sama untuk kebaikan Indonesia, saya sekarang akan ke KPU untuk mendaftar,” kata Mahfud.


Daftar ke KPU Hari Ini, Ganjar: Semua Udah Siap, Tinggal Mantennya Jalan

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023). Ganjar memastikan semua persyaratan sudah siap.

"Ya udah disiapin, teman-teman udah siap, rundown udah siap. Tinggal mantennya saya dengan Pak Mahfud Md menyiapkan diri, tinggal jalan," jelas Ganjar kepada wartawan di Gedung Arsip Nasional Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Ganjar-Mahfud dijadwalkan melakukan pendaftaran sebagai pasangan Pilpres 2024 pada pukul 11.00 WIB. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan mendaftar ke KPU pukul 08.00 WIB.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan memulai rangkaian perjalanan ke Kantor KPU dari Tugu Proklamasi. Sebab, tempat tersebut merupakan tempat yang sangat sakral.

"Jadi agenda besok, kami akan berangkat dari Tugu Proklamasi, suatu tempat yang sangat penting karena tadi Prof Mahfud Md menggelorakan semangat pintu gerbang kemerdekaan itu oleh Bung Karno dan Bung Hatta, sehingga kami memulai dari tempat yang sangat sakral tersebut," kata Hasto, kepada wartawan, di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

"Dan kami memohon doa restu dari seluruh rakyat Indonesia dan rangkaian itu akan mengambil tema kokoh di dalam kultur dan jati diri bangsa," sambungnya.

Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya