5 Tanda Pria Tidak Serius Menjalin Hubungan Cinta, Salah Satunya Enggak Ada Effort

Jika kamu curiga cowok yang saat ini tengah dekat denganmu tidak tertarik untuk menjalin hubungan serius, cara terbaik adalah menanyakan langsung padanya.

oleh Marisa Atalia Insara diperbarui 20 Okt 2023, 21:00 WIB
ilustrasi hubungan cinta/Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, orang-orang mempunyai gagasan yang berbeda-beda tentang apa artinya menjalin hubungan, jadi terkadang sulit untuk mengetahui status kita dengan seseorang yang telah menghabiskan banyak waktu bersama.

Belakangan ini, orang-orang mempunyai gagasan berbeda-beda mengenai apa arti menjalin hubungan. Banyak menghabiskan waktu bersama belum tentu merupakan tanda dari suatu hubungan serius. Terlebih di era digital seperti saat ini. 

Jika kamu curiga cowok yang saat ini tengah dekat denganmu tidak tertarik untuk menjalin hubungan serius, cara terbaik adalah menanyakan langsung padanya. Itu satu-satunya cara kamu mendapatkan jawaban pasti.

Namun, sambil mempersiapkan diri untuk percakapan itu, berikut beberapa tanda kuat yang harus diwaspadai yang menunjukkan bahwa dia tidak menginginkan suatu hubungan—dan apa yang harus dilakukan jika itu masalahnya.

Berikut tanda-tanda pria tidak menginginkan suatu hubungan serius dikutip dari Mindbodygreen.

1. Dia tidak menyinggung ingin menjalin hubungan

Pernahkah kamu mendengar pria ini bicara dengan sungguh-sungguh tentang gagasan menjalin hubungan yang serius, menikmati memiliki pasangan tetap, dan berkomitmen pada satu orang? Atau apakah dia (atau teman-temannya) menertawakan gagasan tentang dia menjalin hubungan nyata?

Jika gagasan yang dia sampaikan terasa bertentangan dengan apa yang kamu ketahui tentang dia dan kepribadiannya, itu mungkin merupakan tanda bahwa secara naluriah kamu menyadari bahwa dia bukan "pria yang suka menjalin hubungan".

 


2. Dia ingin hubungan tanpa status

Beberapa orang memang lebih menyukai hubungan tanpa status, namun yang terpenting, hubungan tanpa status tetaplah sebuah hubungan dan tetap memerlukan kejelasan seputar ekspektasi.

"Beberapa orang mungkin memilih untuk tidak memberi status pada hubungan mereka karena mereka takut terikat terlalu cepat atau berada di tempat di mana mereka merasa terjebak," kata terapis hubungan Shena Tubbs, MMFT, LPC, CSAT-C, kepada mbg. 

Jika dia menghindari untuk memberi tahu bagaimana perasaannya terhadapmu dan tidak memberi tahu apa pun, anggap itu sebagai tanda bahaya.


3. Dia masih berbicara dengan orang lain

Dengan banyaknya penggunaan aplikasi kencan, kebanyakan orang akan mengeksplor  potensi hubungan dengan beberapa orang sekaligus hingga mereka menemukan satu orang yang ingin mereka fokuskan untuk menjalin hubungan serius. 

Namun jika kamu sudah melakukan pendekatan selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan dan dia masih menjalin hubungan dengan orang lainnya, itu mungkin karena dia sudah memutuskan bahwa kamu bukanlah orang yang tepat. Sebaiknya kurangi ekspektasi dan mulailah alihkan perasaan. 


4. Dia tidak berusaha mengenalmu lebih jauh

Apakah dia pernah menanyakan pertanyaan tentang kehidupan pribadi? Apakah dia tampak tertarik dengan pekerjaan dan tujuan karir? Teman dan keluarga? Luka dan trauma? Atau apakah dia hanya mengangguk ketika kamu membicarakan hal itu dan kemudian mengganti topik?

Jika dia sepertinya tidak pernah tertarik untuk melakukan percakapan lebih dalam, mungkin saja dia tidak tertarik untuk mengenalmu lebih dalam. Demikian pula, perhatikan apakah dia sepertinya tidak pernah mengingat detail tentangmu atau kehidupanmu.

Jika ya, jangan buang-buang waktu memupuk harapan menjalin hubungan dengannya. 


5. Dia tidak ada usaha dalam hubungan

Hubungan adalah jalinan dua arah. Jika dia tidak berusaha untuk memperkuat hubungan dan mencoba mengambil langkah maju, itu mungkin karena dia tidak ingin hubungan denganmu berlanjut ke arah yang lebih serius.

"Jika mereka ingin menjalin hubungan denganmu, mereka akan muncul. Mereka akan terus mengajak berkencan, ingin sering bertemu, dan ingin bergerak ke arah yang serius," kata terapis dan pelatih kehidupan Tess Brigham , MFT, BCC. 

"Mereka akan menanyakan hal-hal penting dan membicarakan rencana masa depan."

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya