Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Pendukung Anies Baswedan Marah Akibat Tertipu Doorprize

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 23 Okt 2023, 14:57 WIB
Penelusuran klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Oktober 2023.

Unggahan klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize ini diawali dengan menampilkan seorang sedang memegang benda berupa lembaran berbentuk persegi panjang.

Pada lembaran tersebut terdapat tulisan "MLAKU BARENG" dibawah tulisan tersebut terlihat foto pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Anies-Muhaimin yang dibawah foto tersebut terdapat tulisan "ANIES & MUHAIMIN".

Kemudian tayangan video dilanjutkan dengan menampilkan sejumlah orang sedang berjalan, seorang perempuan mengenakan baju biru dan kerudung merah dalam video dtanyakan tentang tanggapan acara yang diikutinya dalam vidoe tersebut.

Wanita itu pun mengungkapkan kekecewaan terhadap acara yang diikutinya karena tidak kebagian kupon dan menuding kupon tersebut diambil panitia.

Berikut percakapannya.

Penanya:

"Bu bagaimana perasaan ibu yang tidak dapat kupon?"

Ibu berkerudung merah:

"Kecewa, nyesal ikut berjalan, acara ini acara tai, kupon banyak digondol panitia kami semua nggak dapat, panitia semua yang dapat kupon"

Dalam video tersebut pun terdapat tulisan

"Door prize Anies ternyata tipu2, para pendukung marah 2"

Benarkah klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya adalah akun Instagram @kalbar_info. Video yang identik diunggah akun tersebut pada 16 Oktober 2023.

 

Penelusuran klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Jalan Sehat Peringati HUT Ke 16 PERUMDAM Melawi, Masyarakat Kecewa Pembagian Kupon Tak Merata

Ratusan warga masyarakat Melawi yang mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT ke-16 Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Melawi Minggu 15 Oktober 2023 pagi, kecewa lantaran tidak mendapatkan kupon.

Video yang viral di Medsos (Grup WhatsApp) satu diantara ibu-ibu mengungkapkan kekecewaannya terhadap Panitia pelaksana jalan sehat, sangking meluapkan kecewanya ibu tersebut mengucapkan kata-kata kasar kepada panitia pelaksana.

Kekecewaan tersebut terjadi lantaran panitia pelaksana saat pembagian kupon tidak merata sehingga ibu tersebut dan peserta jalan sehat lainnya banyak tidak kebagian dan pembagian kupon tersebut terkesan di monopoli panitia.

Kekecewaan peserta jalan sehat HUT ke-16 Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Melawi, salahnya diungah salah seorang warga (Anita Darma) di laman Facebook Informasi Melawi

Hal yang sama itu juga disampaikan oleh Yuni warga melalui akun pribadi Facebooknya dimana dirinya juga menyatakan rasa kekecewaan dan kekesalannya, lantaran banyak warga yang tidak kebagian kupon terutama ibu-ibu yang bawa anaknya, ungkapnya. (RF)".

Unggahan akun Instagram @kalbar_info tersebut dijadikan bahan penelusuran selanjutnya, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'masyarakat kecewa pembagian kupon tak merata hut Perumdam Melawi'

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Peserta Jalan Sehat Kecewa Tidak Dapatkan Kupon" yang dimuat situs rri.co.id, pada 16 Oktober 2023.

Artikel situs rri.co.id menyebutkan, peserta jalan sehat yang ikut andil untuk memperingati HUT PDAM Tirta Melawi yang ke-16 di Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar) menuai kekecewaan banyak warga, pasalnya kupon doorprize yang disediakan oleh penyelenggara dinilai sangat sedikit, bahkan jauh dari kata meriah.

Beredar, video viral dibeberapa Media Sosial memperlihatkan aksi seorang emak-emak yang mengucapkan kalimat kata-kata kotor ke arah kerumunan warga di Nanga Pinoh, Melawi, Kalbar, Minggu (15/10/2023) pagi.

Emosi emak-emak itu dipicu karena tidak mendapatkan kupon jalan sehat dalam rangkaian peringatan HUT Perumdam Tirta Melawi ke -16.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Kecewa Tidak Kebagian Kupon Berhadiah Jalan Santai, Peserta: Stop Tipu Kami Masyarakat" yang dimuat situs Melawinews.com, pada 15 Oktober 2023.

Artikel Melawinews.com memuat foto yang identuk dengan cuplikan klaim video, dalam foto tersebut juga terdapa seorang wanita berkerudung merah seperti yang ada pada klaim video.

 

Penelusuran klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize

 

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut "Sejumlah peserta jalan santai dalam rangka memperingati Hari Jadi Perumda Tirta Melawi ke16 tahun 2023 kecewa lantaran tak kebagian kupon undian, seperti yang dijanjikan panitia".

Artikel situs melawinews.com menyebutkan, sejumlah peserta jalan santai dalam rangka memperingati Hari Jadi Perumda Tirta Melawi ke16 tahun 2023 kecewa lantaran tak kebagian kupon undian, seperti yang dijanjikan panitia, Minggu (15/10) pagi.

Pihak pantia pun menjadi sasaran amarah warga yang tidak mendapat kupon doorprize memperebutkan hadiah utama 1 unit sepeda motor dan ratusan hadiah lainnya berupa barang elektronik serta berbagai doorprize lainnya.

Mereka menilai panitia tak siap dalam menyalurkan kupon kepada peserta, lantaran tidak sesuai dengan jumlah kupon yang tersedia. Satu diantara peserta jalan santai yang kecewa adalah Koteng, warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/Cyc_kG-LusT/

https://www.rri.co.id/pontianak/olimpik/401520/peserta-jalan-sehat-kecewa-tidak-dapatkan-kupon

 https://melawinews.com/2023/10/15/kecewa-tidak-kebagian-kupon-berhadiah-jalan-santai-peserta-stop-tipu-kami-masyarakat/


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize tidak benar.

Peristiwa dalam video tersebut merupakan masyarakat Melawi yang mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT ke-16 Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Melawi Minggu 15 Oktober 2023 pagi, kecewa lantaran tidak mendapatkan kupon.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Kesimpulan

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya