Cek Fakta: Hoaks Beras Terbuat dari Plastik Beredar di Binjai

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim adanya peredaran beras terbuat dari plastik di Binjai, Sumatera Utara. Hoaks ini beredar sejak dua pekan lalu.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 26 Okt 2023, 17:00 WIB
Cek fakta beras plastik Binjai

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim adanya peredaran beras terbuat dari plastik di Binjai, Sumatera Utara. Hoaks ini beredar sejak dua pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video seorang wanita yang sedang membanting beras dan memantul saat dibanting ke lantai. Video itu disertai narasi:

"Warga Binjai sangat kecewa, beli beras murah dari pemerintah diduga terbuat dari plastik"

Akun itu juga menambahkan narasi "Kabulog wilayah Sumatra Utara mohon klarifikasinya...saya banyak beli beras kemaren di Berngam untuk stuck sebulan....klo benar ada nya mohon tanggung jawab nya sebagai penanggung jawab dalam penyaluran nya di kita Binjai ini...."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim adanya peredaran beras terbuat dari plastik di Binjai, Sumatera Utara?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan bantahan dari Badan Pangan Nasional / National Food Agency (NFA). Mereka menjelaskan bahwa klaim tersebut adalah tidak benar.

"Jadi berdasarkan koordinasi bersama dinas pangan daerah, OKKPD, dan satgas pangan hasil pengujian di laboratorium pangan terakreditasi menunjukkan bahwa beras yang diduga beras sintetis atau beras plastik tersebut hoaks, sehingga kami bisa memastikan bahwa beras SPHP yang beredar di masyarakat itu aman dan tidak berdampak pada kesehatan," ujar Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA, Andriko Noto Susanto.

"Pengujian sampel beras yang diduga beras plastik mencakup pengujian profil plastik yang dikandung dalam beras SPHP tersebut serta menerapkan pengujian dalam empat parameter, yaitu uji fisika, uji kimia, profil plastik, dan plasticizer.

Berdasarkan keempat parameter pengujian tersebut, baik sampel beras asal Kota Bukittinggi maupun sampel beras SPHP asal Kota Binjai disimpulkan negatif plastik. Kedua sampel beras secara fisika hancur, tidak meleleh, dan tidak terapung. Secara kimia positif mengandung pati dan keduanya negatif profil plastik maupun plasticizer," Andriko menambahkan.

Sumber:

https://badanpangan.go.id/blog/post/hasil-uji-lab-beras-sphp-okkp-badan-pangan-nasional-pastikan-beras-sphp-aman-dan-bukan-beras-sintetis-atau-beras-plastik


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan yang mengklaim adanya peredaran beras terbuat dari plastik di Binjai, Sumatera Utara adalah tidak benar.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya