Cuaca Tak Menentu, Satpolairud Cek Sarana Keselamatan Kapal Nelayan Pemalang

Satpolairud Polres Pemalang mengintensifkan patroli untuk memantau keselamatan berlayar kapal nelayan yang beroperasi di perairan Kabupaten Pemalang, sebagai langkah antisipasi cuaca dan angin yang saat ini sedang tidak menentu

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Okt 2023, 08:43 WIB
Satpolairud Pemalang cek sarana keselamatan berlayar di kapal nelayan. (Foto: Liputan6.com/Humas Polres Pemalang)

Liputan6.com, Pemalang - Satpolairud Polres Pemalang mengintensifkan patroli untuk memantau keselamatan berlayar kapal nelayan yang beroperasi di perairan Kabupaten Pemalang, sebagai langkah antisipasi cuaca dan angin yang saat ini sedang tidak menentu, Kamis (26/10/2023).

Saat menyambangi sejumlah kapal, personel Satpolairud mengingatkan para nelayan untuk membawa sarana keselamatan berlayar saat bekerja di laut.

“Dikarenakan kondisi cuaca pada saat ini yang tidak menentu, maka kesiapan sarana keselamatan berlayar, seperti life jacket, ring buoy dan alat P3K, sangat diperlukan keberadaanya,” kata Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Kasat polairud AKP Heru Irawan.

Setelah dilakukan pengecekan, masih terdapat beberapa nelayan yang belum melengkapi sarana keselamatan berlayar di atas kapal, seperti life jacket.

“Kami meminta para nelayan tersebut, agar ke depan melengkapi kapalnya dengan life jacket sebelum berangkat melaut,” kata Kasat Polairud.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Dokumen dan Kondisi Kapal

Satpolairud Pemalang cek sarana keselamatan berlayar di kapal nelayan. (Foto: Liputan6.com/Humas Polres Pemalang)

Begitu juga dengan dokumen kapal, dirinya bersama personel juga melakukan pemeriksaan pada setiap kapal nelayan yang disambangi.

“Pada kesempatan yang sama, kami juga melakukan pemeriksaan dokumen kapal, serta memeriksa body serta mesin kapal nelayan,” kata Kasat Polairud.

Saat gelaran patroli tersebut, Kasat Polairud mengatakan, kondisi cuaca dan angin terpantau masih tenang.

“Meski cuaca terlihat tenang, nelayan diimbau tetap wasapada, karena kondisinya dapat berubah sewaktu-waktu,” kata Kasat Polairud.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya