Daftar Proyek Pembangunan IKN Nusantara Diresmikan Jokowi Hari Ini, Ada Kantor BI

Ada 10 proyek senilai Rp 12,5 triliun yang dilakukan groundbreaking oleh Presiden Jokowi selama tiga hari pada 1-3 November 2023.

oleh Septian Deny diperbarui 02 Nov 2023, 19:15 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus menggencarkan pembangunan di IKN Nusantara dengan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah proyek.

Setidaknya, ada 10 proyek senilai Rp 12,5 triliun yang dilakukan groundbreaking oleh Jokowi selama tiga hari pada 1-3 November 2023. Pada hari ini, Jokowi meresmikan pembangunan kantor Bank Indonesia, PLTS dan kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut daftar proyek di IKN Nusantara yang pembangunannya diresmikna Jokowi pada hari ini, Kamis 2 November 2023:

1. Kantor Bank Indonesia 

Presiden Jokowi melakukan proses peletakan batu pertama, atau groundbreaking pembangunan kompleks kantor Bank Indonesia (BI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (2/11/2023).

Dengan adanya Kantor Bank Indonesia di IKN, Jokowi optimistis itu bakal turut mendongkrak kedatangan investor baru. Pasalnya, ia menilai kehadiran bank sentral di ibu kota baru akan menumbuhkan kepercayaan publik internasional kepada proyek tersebut.

"Kalau BI sudah mulai membangun, mau apa kita? Karena yang pegang uang semuanya ada di bank sentral kita. Sekali lagi, keberadaan kantor BI di IKN ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dunia usaha dan investor," ujar Jokowi."Karena otoritas moneter perbankan telah ada dan siap mendukung IKN, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di IKN. dan groundbreaking ini membuktikan kesungguhan komitmen kita, kesiapan kita untuk membangun IKN menjadi ibu kota yang berkelas dunia," ungkapnya.

Kompleks Kantor Bank Indonesia ini jadi proyek ketujuh yang didatangi Jokowi dalam kunjungannya di IKN pada 1-3 November 203. Rencananya, akan ada 10 proyek senilai Rp 12,5 triliun yang dilakukan groundbreaking oleh RI 1 selama tiga hari tersebut.

 


2. PLTS 50 Megawatt

Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2023). (Foto: Sekretariat Presiden)

Selain kantor Bank Indonesia, Presiden Jokowi juga meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 megawatt. PLTS yang mulai dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan mampu mengurangi hingga 104 ribu ton emisi karbon setiap tahun.

“Ini adalah pionir pembangkit listrik energi terbarukan di IKN,” kata Presiden dalam acara peletakan batu pertama PLTS IKN di Kalimantan Timur dikutip dari Antara, Kamis (2/11/2023).

Pembangunan PLTS yang dapat memproduksi energi hijau sekitar 93 gigawatt hour per tahun, menurut Jokowi, menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menyiapkan sistem kelistrikan yang andal dan ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan listrik di IKN.

“Pemenuhan EBT di IKN selaras dengan konsep pembangunan IKN sebagai ibu kota negara yang berkonsep forest city—yang hijau dan ramah lingkungan,” ujar Presiden.

Dalam pembangunan PLTS dan sistem kelistrikan di IKN, Presiden Jokowi berpesan kepada PT PLN (Persero) agar kabel-kabel listrik jangan sampai terlihat, melainkan semuanya harus ditanam di bawah tanah (ground cable).

Permintaan tersebut disanggupi oleh Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, yang hadir dalam peletakan batu pertama proyek tersebut.

Selain memanfaatkan tenaga surya, sistem kelistrikan di IKN juga akan memanfaatkan potensi energi air dari sungai dan danau yang ada di sekitar wilayah ibu kota baru Indonesia itu.

“Dengan demikian nantinya sistem kelistrikan di IKN akan berbasis pada energi baru terbarukan sehingga kita tidak hanya mampu menghasilkan listrik yang andal tetapi juga bersih dan tidak mencemari lingkungan,” ujar Presiden.

Pembangunan PLTS itu semakin melengkapi berbagai infrastruktur yang disiapkan untuk IKN.

Presiden menyebut di IKN akan ada lima hotel yang segera dibangun, di antaranya empat hotel bintang lima dan satu hotel bintang empat. Selain itu, ada empat rumah sakit dan sekolah yang segera dimulai pembangunannya.

“Untuk sekolahnya kemarin sudah dimulai peletakan batu pertama yaitu Nusantara Intercultural School yang akan dibangun oleh JIS Jakarta, dan juga sekolah yang akan dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” tutur Jokowi.

 


3. Kantor BPJS Kesehatan

Presiden Jokowi Resmikan Peletakan Batu Pertama RS Hermina di IKN Nusantara, Bisa untuk Pengguna BPJS Kesehatan. Foto: Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan groundbreaking kantor pemerintahan untuk kepentingan publik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada kesempatan kali ini, adalah Kantor BPJS Ketenagakerjaan yang mendapat giliran tersebut.

“Kantor BPJS ketenagakerjaan akan menambah lengkap fasilitas masyarakat di IKN, menambah keyakinan masyarakat agar tidak ragu lagi tinggal di IKN,” kata Jokowi seperti dikutip daring, Kamis (2/11/2023).

Jokowi menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan adalah cerminan dari perlindungan jaminan sosial. Sebab, kehadiran BPJS ketenagakerjaan sangat penting artinya oleh para pekerja agar merasa terlindungi dari berbagai resiko, baik resiko sosial dan ekonomi.

"Apalagi di IKN saat ini sedang banyak kegiatan pembangunan. Tadi pak dirut bisik-bisik ke saya 'pak yang bekerja di Nusantara sudah masuk BPJS semua' saya kira sangat bagus. kita tidak berharap ada kecelakaan tapi kalau ada yang melindunginya ada BPJS ketenagakerjaan,” bangga presiden.


Peresmian Pembangunan Sebelumnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan groundbreaking kantor pemerintahan untuk kepentingan publik di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Istimewa)

Pada Rabu (1/11/2023) kemarin, Jokowi diketahui telah melangsungkan proses groundbreaking untuk 5 proyek di IKN. Antara lain, bandara VVIP atau Bandara Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Superblok Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School, dan Rumah Sakit Hermina Nusantara.

Adapun Jokowi sudah melakukan groundbreaking untuk 9 proyek di IKN sejak September 2023. Adapun 4 proyek yang sudah disambangi oleh Jokowi pada September lalu yakni Hotel Nusantara, Pusat Pelatihan Sepakbola (National Training Center), Rumah Sakit Abdi Waluyo, dan Hotel Vasanta. 

Dengan begitu, total sudah ada tiga rumah sakit dan dua hotel di IKN Nusantara yang dilakukan groundbreaking oleh kepala negara. 

Tidak berhenti di situ, Jokowi menyebut masih ada 9 proyek lagi di IKN yang akan dilaksanakan peletakan batu pertama pada Desember 2023 mendatang. 

"Bapak Kepala Otorita (IKN) sudah sampaikan, bulan Desember saya diperintah untuk ke sini lagi karena ada groundbreaking sekitar 8-9 (proyek) lagi yang baru," ujar Jokowi di IKN Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Komitmen itu seakan menguatkan pernyataan Jokowi beberapa waktu lalu, saat meminta kepada Kepala Otorita IKN agar ada proses peletakan batu pertama setiap bulan di wilayah Nusantara. 

"Saya sudah minta kepada Kepala Otorita, setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya," kata Jokowi saat menghadiri proses peletakan batu pertama Hotel Vasanta di IKN pada September 2023 lalu.

Berikut daftar proyek IKN yang sudah dilakukan groundbreaking oleh Jokowi:

  1. Hotel Nusantara, groundbreaking Kamis, 21 September 2023
  2. Pusat Pelatihan Sepakbola (National Training Center), groundbreaking Jumat, 22 September 2023
  3. Rumah Sakit Abdi Waluyo, groundbreaking Jumat, 22 September 2023
  4. Hotel Vasanta, groundbreaking Sabtu, 23 September 2023
  5. Bandara Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  6. Mayapada Hospital Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  7. Superblok Pakuwon Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  8. Nusantara Intercultural School, groundbreaking Rabu, 1 November 2023
  9. Rumah Sakit Hermina Nusantara, groundbreaking Rabu, 1 November 2023.   
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya