Manchester United Siapkan 2 Calon Pengganti Ten Hag, Salah Satunya Sosok yang Digandrungi Guardiola

Zidane sebelumnya berhasil membawa Real Madrid meraih kejayaan Liga Champions, namun hanya sedikit mengetahui tentang Amorim, sosok pelatih 38 tahun yang digandrungi Pep Guardiola

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 03 Nov 2023, 08:30 WIB
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag berjalan keluar setelah laga 16 besar Carabao Cup 2023/2024 melawan Newcastle di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (02/11/2023) dini hari WIB. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik ten Hag saat ini tengah berada dalam tekanan berat di Old Trafford, menyusul kekalahan berturut-turut dari rival sengitnya Manchester City dan Newcastle.

Setan Merah sekarang duduk di urutan kedelapan klasemen sementara Liga Inggris, terpaut sembilan poin dari peringkat pertama Tottenham Hotspur. Performa mereka di kompetisi Eropa juga tidak lebih baik, menderita kekalahan dalam dua dari tiga pertandingan pembukaan Liga Champions.

Akibatnya, Ten Hag dianggap sudah berada di atas "es tipis" setelah membawa klub tersebut mengalami awal musim terburuk dalam 61 tahun.

Ada laporan yang menyebutkan manajer Sporting Lisbon Ruben Amorim dan Zinedine Zidane telah dipilih sebagai calon pengganti.

Zidane sebelumnya sukses memimpin Real Madrid meraih kejayaan Liga Champions. Namun, publik hanya sedikit mengetahui tentang Amorim. Lantas, siapakah sosok pelatih 38 tahun yang digandrungi Pep Guardiola?


Pernah Mencatat Kemenangan Impresif atas Arsenal

Pelatih Sporting Lisbon, Ruben Amorim. (AFP/Carlos Costa)

Amorim bermain sebagai gelandang sebelum memasuki dunia kepelatihan. Dia mencatatkan 95 penampilan untuk raksasa Portugal Benfica.

Ia kemudian memulai karier manajerialnya di Casa Pia pada tahun 2018, sebelum bergabung dengan Braga B. Amorim kemudian dipromosikan ke tim utama, dan ditunjuk oleh Sporting Lisbon pada tahun 2020.

Amorim telah melatih tim Portugal sejak itu dan membawa mereka meraih gelar liga pertama mereka dalam 19 tahun pada musim 2020/21. Dia pernah mencatatkan kemenangan impresif atas Arsenal di Liga Europa musim lalu.


Pep Guardiola Puji Amorim Salah Satu Pelatih Terbaik

Erling Haaland berbincang dengan Pep Guardiola seusai Manchester City menghadapi tuan rumah Manchester United pada lanjutan Liga Inggris 2023/2024 di Old Trafford, Minggu (29/10/2023). (AP Photo/Dave Thompson)

Berbicara tentang Amorim, manajer Manchester City Pep Guardiola memiliki penilaian sendiri. Dia mengenang saat jelang pertandingan leg kedua Liga Champions musim lalu melawan RB Leipzig.

Guardiola menggambarkan manajer asal Portugal itu sebagai salah satu pelatih terbaik. "Setahun yang lalu kami menang dengan selisih lima gol di Lisbon pada tahap Liga Champions ini dan mereka mengatakan 'betapa buruknya Sporting'.


Amorim Membawa Klubnya Tampil Cemerlang

Bek Sporting CP, Jerry St. Juste (kiri) berebut bola dengan gelandang Arsenal asal Swiss Granit Xhaka dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2022-2023 di Estadio Jose Alvalade, Jumat (10/3/2023) dini hari WIB. Arsenal akan meladeni Sporting di Emirates Stadium dalam duel leg kedua Liga Europa pekan depan. (Photo by FILIPE AMORIM / AFP)

"Tim yang buruk sekali. Mereka telah memenangkan liga. Dari sudut pandang saya, pelatih mereka adalah salah satu yang terbaik saat ini. Timnya sangat, sangat bagus. Tahukah Anda apa yang terjadi di sana? Lima peluang, lima tembakan, lima gol. Itu 100%.

"Sebagus apa pelatihnya ya? Tahun ini kami punya peluang, kami bermain imbang dengan Leipzig dan mereka bilang Manchester City adalah bencana."

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya