Viral Aksi 'Mak Lampir' Isi Ceramah di Pengajian, Suaranya Menggelegar

Penampilan dan suara Mak Lampir ceramah bikin netizen kaget.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 07 Nov 2023, 15:40 WIB
Aksi Mak Lampir Ceramah di Pengajian (Sumber: Tiktok/masacsay)

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat tanah air sudah tak asing lagi dengan nama Mak Lampir. Sosok legenda berasal dari Sumatera Barat ini diketahui punya nama Siti Lampir Maimunah. Kisahnya juga dikaitkan dengan kisah Misteri Gunung Merapi. Meski dikenal dengan sifat suka marah dan galak, namun belakangan viral sosok Mak Lampir jadi penceramah

Sebuah video yang diunggah akun Tiktok menampilkan aksi wanita mengenakan kostum ala Mak Lampir. Menariknya, Mak Lampir tersebut berdiri dan memberikan petuah di tengah jamaah sebuah pengajian. Bukan marah-marah, Mak Lampir ceramah ini berdakwah agar ibu-ibu rajin mengaji. 

Meski tak diketahui siapa sosok sebenarnya Mak Lampir ceramah, namun netizen seketika terfokus dengan suara Mak Lampir ceramah yang sangat mirip dengan suara asli Mak Lampir pemeran sinetron Misteri Gunung Merapi yang tayang perdana pada 1998 silam bareng sosok Grandong. 

“Mak Lampir undangan pengajian,” tulis dalam keterangan video.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari unggahan Tiktok @masacsay Selasa (7/11/2023), aksi Mak Lampir ceramah itu berada di sebuah pengajian Taklim Darul Mukmin. Suara Mak Lampir ceramah ini sukses bikin netizen nostalgia sinetron lawas. 


Kostum Mak Lampir Ceramah Pakai Tongkat Tengkorak

Aksi Mak Lampir Ceramah di Pengajian (Sumber: Tiktok/masacsay)

Video Mak Lampir ceramah diunggah pada Sabtu 4 November 2023 kini viral di jagat maya. Tak heran jika video berdurasi 29 detik itu menyoroti sosok wanita tampil dengan kostum Mak Lampir yang sifatnya bertolak belakang karena jadi penceramah. 

Sosok wanita tua dengan suara menggelegar dan tawa cekikikan ada pada Mak Lampir Ceramah. Bahkan saat membagikan nasehat, Mak Lampir mengenakan tongkat dihias ornamen tengkorak yang identik dengan bau mistis. 

Tak sedikit netizen yang mengaitkan sosok Mak Lampir ceramah dengan pengisi suara Mak Lampir, Asriati. 

“Atas undangan bapak-bapak ustaz tapi ngga diundang saya juga mau datang, makanya ibu ibu jangan ada yang malas, kasihan bapak-bapak guru kita, ibu guru kita, jadi setiap rabu kita ramai-ramai datang kemari di pengajian Majels  Taklim Darul Mukmin,”  kata Mak Lampir ceramah sambil mengangkat tongkat tengkoraknya.

Menariknya, video yang sudah dilihat 430 ribu kali itu menunjukkan jamaha ibu-ibu pengajian terlihat khidmat mendengarkan Mak Lampir Ceramah.


Netizen Pertanyakan Keberadaan Grandong

Aksi Mak Lampir Ceramah di Pengajian (Sumber: Tiktok/masacsay)

Video aksi Mak Lampir ceramah di pengajian ini seketika mencuri perhatian netizen. Tak sedikit warganet yang kaget dengan penampakan Mak Lampir mengisi pengajian. Beberapa netizen juga tak bisa lepas mempertanyakan sosok Mak Lampir ceramah yang dikaitkan dengan keberadaan musuhnya, Grandong. 

Ada juga netizen yang menyoroti nada dan suara Mak Lampir ceramah yang sangat mirip dengan aslinya. 

“Khas Suaranya, Salut Buat Mak Lampir, eh siapa aslinya,tahunya aku Mak Lampir aja lah 😁😁😁,” komentar akun @riristrikurniyadi.

“eh kalau mau ngundang gmn caranya?,” penasaran pemilik akun @Pesonaretro_helmet

“grandong nya mna Mak Lampir???,” komentar @hudoriwahid.

“Alhamdulillah, Mak Lampir udah hijrah.... semoga Istiqomah mak😂,” tulis akun @fatihsaijaan16

“lah coba itu Emak Lampir Ampe Turun Gunung Untung Grandong Gak dibawa 😅,” celetuk akun @uztadz.com_alfikry

“Mak asriati😁😁😁 pengisi suara asli Mak lampir,” komentar akun @birawa164. 


Simak Videonya

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya