Kisah Gotin Batik Warlami dari Trenggalek yang Sukses Mejeng di Sarinah Mall

Salah satu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) batik di Kabupaten Trenggalek yang sukses menembus pasar ibu kota adalah Gotin Batik Warlami.

oleh Fachri pada 08 Nov 2023, 21:45 WIB
Batik khas Trenggalek.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) batik di Kabupaten Trenggalek yang sukses menembus pasar ibu kota adalah Gotin Batik Warlami. Koleksi batik dari usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2015 silam itu berhasil mejeng di Sarinah Mall, Jakarta.

Gotin Batik Warlami memiliki motif unggulan yang mampu menarik banyak orang untuk membeli, seperti motif cengkeh dan turonggoyakso. Dengan dua motif unggulan tersebut, Gotin Batik Warlami sukses memasarkan produknya hingga ke Surabaya, Pasuruan, Malang, dan Kalimantan.

Selain itu, Gotin Batik Warlami juga mampu membawa dampak positif untuk masyarakat sekitar. Pasalnya, masyarakat sekitar, khususnya ibu-ibu rumah tangga mendapatkan penghasilan tambahan dan mengasah kreativitas dengan bekerja di usaha milik Bu Gotin tersebut.

Hasil yang diraih Gotin Batik Warlami hingga kini pun tak lepas dari peran Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek Trenggalek. Bagaimana tidak? Sang pemilik, yakni Bu Gotin merupakan contoh sukses yang dihasilkan dari pelatihan Komindag Trenggalek beberapa tahun yang lalu.

Usai mengikuti pelatihan dari Komindag Trenggalek tersebut, Bu Gotin pun memberanikan dirinya untuk membuka usaha batik bersama tujuh temannya dengan nama Warlami Group. Namun, selang beberapa waktu, usaha tersebut akhirnya dijalankan seorang diri oleh Bu Gotin dan ia pun mengubah nama Warlami Group menjadi Gotin Batik Warlami.


Dukungan Pemkab Trenggalek

Pemerintah Kabupaten Trenggalek mendorong industri batik di "Kota Gaplek" dengan berbagai program. Hasilnya, batik yang diproduksi oleh Gotin Batik Warlami pun sudah melakukan ekspansi pasar hingga di Kalimantan.

Pemkab Trenggalek juga mendukung penuh kreativitas masyarakat, terlebih mereka yang mampu untuk mendirikan industri sendiri sehingga membawa dampak yang baik bagi perekonomian. 

Dengan memberikan izin usaha serta mengikutsertakan dalam berbagai pameran dan event-event, Pemkab Trenggalek turut serta dalam memasarkan batik dari Gotin Batik Warlami yang menjadi ciri khas batik Trenggalek. 

Selain dibantu oleh pemerintah Gotin Batik warlami juga menitipkan produknya di berbagai tempat seperti Galeri Gemilang, Pak Rohmat Tenun Buluagung, dan Sarinah Mall, Jakarta. Dengan hal tersebut, dapat membantu memasarkan produk serta memudahkan konsumen untuk mencari produk Gotin Batik Warlami.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya