Penetapan Capres-Cawapres, TKN: Perdebatan Keabsahan Selesai, Mari Fokus Menangkan Prabowo-Gibran

TKN mengingatkan pendukung Prabowo-Gibran untuk menjaga kondusivitas dengan berkampanye positif dan menjauhi fitnah terhadap kandidat lainnya.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 14 Nov 2023, 07:31 WIB
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diarak oleh para pendukungnya dari Taman Suropati untuk kemudian menuju ke KPU untuk mendaftarkan Pilpres 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Budisatrio Djiwandono mengatakan, penetapan tiga paslon capres-cawapres di Pilpres 2024 adalah awalan baik untuk bekerja fokus dan meninggalkan polemik.

"Ini adalah awalan yang baik bahwa perdebatan soal keabsahan sudah selesai. Mari kita fokus ke depan memenangkan Prabowo-Gibran. Seperti kata Presiden Jokowi, politik saat ini banyak drama. Maka kita harus move on dan bekerja dengan penuh semangat," ujar Budisatrio, Selasa (14/11/2023).

Ia mengingatkan pendukung Prabowo-Gibran untuk menjaga kondusivitas dengan berkampanye positif dan menjauhi fitnah terhadap kandidat lainnya.

"Pak Prabowo berbicara di CSIS bahwa satu musuh terlalu banyak, 1.000 kawan terlalu sedikit. Semua adalah teman walaupun mereka nggak mau temenan sama kita," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyatakan pihaknya bersyukur atas ditetapkannya Prabowo dan Gibran sebagai pasangan calon di Pilpres 2024. Sebab, sempat ada narasi negatif bertujuan menjegal paslon tersebut.

"Kami merasa bersyukur alhamdulillah, meskipun melalui proses hambatan yang luar biasa, dan proses insinuasi, pasangan kami, paslon kami, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dinyatakan lolos sebagai peserta," kata Nusron.

Menurut Nusron, upaya penjegalan oleh pihak-pihak tertentu terhadap Gibran tidak mempan dengan adanya keputusan resmi KPU

"Ini menandakan bahwa upaya-upaya penjegalan oleh pihak-pihak tertentu dengan cara mendiskreditkan kepada Mas Gibran ternyata tidak mempan, dan lajunya pasangan Prabowo-Gibran Insyaallah tidak akan terbendung lagi," ujarnya.

Oleh karena itu, Nusron meminta kepada pihak yang memunculkan narasi penjegalan terhadap Gibran untuk menerima kenyataan.

"Terhadap pihak-pihak yang masih tidak bisa menerima dan masih mengeksploitasi narasi-narasi yang tidak benar kepada paslon kami, kami imbau supaya melihat kenyataan dan fakta bahwa secara faktual dan yuridis pasangan Prabowo-Gibran telah memenuhi syarat," kata dia.


KPU Tetapkan 3 Paslon Capres-Cawapres Peserta Pilpres 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah) seusai mengumumkan hasil rapat pleno Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (13/11/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan terdapat tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024.

Anggota KPU Idham Kholik di KPU menyatakan hasil pleno tertutup menyebutkan, tiga Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan memenuhi syarat sebagai paslon capres-cawapres untuk Pemilu serentak 2024.

"Hasil sidang pleno tersebut telah kami tuangkan dalam PKPU nomor 1631 tahun 2023," kata Idham dalam konferensi pers KPU RI, Senin (13/11/2023).

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

 


Pengundian Nomor Urut Dilakukan Hari Ini

KPU RI menggelar rapat pleno penetapan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berlaga dalam Pilpres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik mengatakan, setelah tiga pasang calon ditetapkan, pihaknya akan melakukan pengundian nomor urut pada Selasa, 14 November 2023.

"Untuk pengundian dan penetapan capres-cawapres tersebut, rencananya akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa, 14 November 2023, jam 18.30 Wib sampai dengan selesai," jelas Idham.


KPU Beri 74 Personel Pengawal untuk Setiap Capres dan Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, menetapkan terdapat tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2024. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sementara itu, Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin menyatakan, pihaknya memberikan 74 personel pengawalan kepada setiap capres dan cawapres.

"Pamwal berjumlah 74 personel, 2 tim," ujar Afif di KPU, Senin (13/11/2023).

Afif menyebut, penempatan personel pengawalan telah resmi dikeluarkan sekaligus ditandatangani oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran. 

"Bahwa KPU juga sudah melakukan penandatanganan serah terima satgas pam capres dan cawapres baru saja dilakukan," kata Afif.

Menurut Afif, pemberian satuan personel pengamanan itu telah tertuang berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 85 Tahun 2018 tentang Pengamanan dan Pengawalan Calon Prediden dan Wakil Presiden dalam Penyelenggaraan Pemilu.

 

Infografis Janji KPU Usai Penetapan Pasangan Capres-Cawapres Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya