Honda NX500 Gantikan CB500X, Bentuk Penghormatan untuk NX650 Dominator

Honda CB500X telah menjadi andalan dalam jajaran model Honda selama beberapa tahun ini. Memang, motor ini terbukti menjadi salah satu motor adventure pemula yang paling serbaguna berkat aksesibilitas dan kinerjanya yang bersahabat, sementara pada saat yang sama menarik bagi para pengendara yang lebih berpengalaman yang mencari motor yang santai dan dapat digunakan di mana saja.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 15 Nov 2023, 15:11 WIB
Honda NX500 2024

Liputan6.com, Jakarta - Honda CB500X telah menjadi andalan dalam jajaran model sepeda motor Honda dengan karakter adventure selama beberapa tahun belakangan ini. Motor ini terbukti menjadi salah satu motor adventure pemula yang paling serbaguna berkat aksesibilitas dan kinerjanya yang bersahabat.

Motor ini juga sama menariknya bagi para pengendara berpengalaman yang mencari motor yang santai dan dapat digunakan di mana saja.

Dilansir dari rideapart, Honda telah mengumumkan untuk model tahun 2024, hanya saja tidak lagi disebut CB500X.

Honda telah memutuskan untuk mengganti nama motor adventure entry-levelnya menjadi NX500, sebuah nama yang memberi penghormatan kepada merek NX650 Dominator yang lahir di era 1980an.

Untuk mengiringi perubahan nama tersebut, Honda telah memberikan beberapa revisi gaya pada NX500, yang paling menonjol adalah lampu depan dan lampu belakang yang baru.

Motor ini juga hadir dengan pilihan warna baru yang terdiri dari Grand Prix Red, Matt Gunpowder Black Metallic, dan Pearl Horizon White.

Di balik tampilan luarnya, NX500 masih merupakan bagian dari keluarga Honda CB500. Motor ini ditenagai oleh mesin 471cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar, paralel-twin yang sama, yang menghasilkan 47 Tk dan torsi 43 Nm. 

Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan yang dilengkapi dengan slipper clutch untuk pengendaraan yang sangat lembut.


Spesifikasi dan Fitur

Seperti CB500X sebelumnya, tugas suspensi ditangani oleh garpu Showa Separate-Function Big Piston, serta monoshock belakang yang dapat disetel preload.

Perangkat pengereman hadir dalam bentuk rem cakram kembar di depan dan cakram tunggal di belakang, serta ABS dua saluran sebagai standar.

Di sisi teknologi,layar TFT berukuran lima inci full color disematkan dengan konektivitas smartphone melalui aplikasi Roadsync Honda.

Fitur ini juga memungkinkan pengendara untuk mengaktifkan Honda Selectable Traction Control (HSTC), sehingga pengendara dapat menonaktifkannya untuk skenario berkendara di medan off-road dan teknis.

Yang tak kalah penting, Honda NX500 baru juga lebih ringan tiga kilogram dibandingkan CB500X, dengan bobot 196 kilogram.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya