Manchester United Dapat Kabar Buruk dari Crystal Palace, Satu Target Sir Jim Ratcliffe Terancam Lepas

Crystal Palace merasa tersanjung direktur sport mereka Dougie Freedman diincar Manchester United. Namun saat ini tak ada pembicaraan soal itu dengan klub.

oleh Defri Saefullah diperbarui 20 Nov 2023, 15:30 WIB
Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta Sir Jim Ratcliffe segera mengambil alih 25 persen saham Manchester United dalam waktu dekat. Perannya di MU nanti yaitu merombak manajemen dan sisi sport klub.

Salah satu target Sir Jim Ratcliffe, owner INEOS di Man Utd yaitu mendatangkan Direktur Sport Crystal Palace, Dougie Freedman. Dia menjadi salah satu kandidat untuk mengisi kursi direktur sport yang dianggap gagal melaksanakan tugas dengan baik di Manchester United.

Pengaruh Ratcliffe mulai terasa di Old Trafford karena Chief Executive MU Richard Arnold mundur dari jabatannya. Sir Jim Ratcliffe mau membawa mantan rekannya di Lens, Jean Claude Blanc menjadi pengganti Arnold di MU>

Selain Dougie Freedman, Manchester United juga mengincar figur lain untuk posisi direktur sport. Mereka adalah eks Tottenham Paul Mitchell dan mantan duu Liverpool Michael Edwards dan Julian Ward.

Ada juga direktur Sport AC Milan Paolo Maldini yang juga diminati Ratcliffe. Namun nama Dougie Freedman yang diincar lebih dahulu karena berhasil membawa pemain bertalenta seperti Marc Guehi, Eberechi Eze dan Michael Olise.

Sebelum niat itu terlaksana, Co Owner dan Chairman Crystal Palace Steve Parish langsung membantahnya. Dia mengaku tersanjung orang kepercayaannya diminati MU, tapi tak ada negoisasi apapun dengan Crystal Palace.

 


Bantahan Crystal Palace soal Dougie Freedman

Dougie Freedman

 

Steve Parish mengatakan berita di media tak bisa sepenuhnya dipercaya. Soalnya, apa yang terjadi sebenarnya ada di otak Sir Jim Ratcliffe.

"Dia diminati oleh MU artinya dia sudah melakukan pekerjaan dengan baik. Saya yakin tak ada pembicaraan apapun. Ini tentu membuat klub kami tersanjung," kata Parish.

"Anda (wartawan) hidup di dunia dimana 50 persen cerita itu benar, sedangkan 50 persen lainnya tidak. Kita tidak tahu mana yang benar."

 


Dougie Freedman Vital untuk Crystal Palace

Selebrasi Bek Crystal Palace, Marc Guehi (kiri) salah satu yang bakatnya berhasil diendus Dougie Freedman di bursa transfer (AFP/Oli Scarff)

 

Parish mengatakan Dougie Freedman menjadi bagian vital dalam keberlangsungan Crystal Palace. Freedman banyak membantu kesuksesan Palae.

"Dia orang yang penting, brilian. Dia manajer kedua yang saya punya di klub. Dia punya peran penting saat kami promosi," katanya.

"Saat masih jadi pemain, dia juga membantu Crystal Palace yang nyaris degradasi dari Championship. Dia mencetak gol penyelamat lawan Stockport. Dia juga membantu kami promosi lewat golnya lawan Wolves."

 


Jejak Karier Dougie Freedman

Direktur Sport Crystal Palace Dougie Freedman dikaitkan dengan Manchester United (AFP)

 

Dougie Freedman memang sudah melekat dengan Crystal Palace. Sebagai pemain dia memperkuat Palace selama 10 tahun dalam dua kali kesempatan.

Dia lalu pernah jadi manajer Palace di 2011 dan membawa klub promosi ke Liga Inggris. Setelah gagal menjadi manajer Bolton dan Nottingham Forest, dia kembali ke Palace sebagai direktur sport pada 2017.

Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat Manchester United dan Crystal Palace di Liga Inggris

Bruno Fernandes dan Marcus Rashford merayakan sukses MU mengalahkan Cyrstal Palace Old Trafford, Sabtu (4/2/2023) malam WIB. (AP Photo/Dave Thompson). (AP Photo/Dave Thompson)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya