Berlibur ke Jepang, Datanglah ke Ushiku Daibutsu dan Temukan Dunia Cahaya yang Bikin Takjub

Saat memasuki "Dunia Cahaya" di Ushiku Daibutsu itu kita akan takjub dengan lampu berwarna biru dan ungu seolah berada di alam lain yang keramat dan suci.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 19 Des 2023, 10:32 WIB
Ushiku Daibutsu, salah satu dari tiga patung Buddha terbesar di dunia yang berada di Jepang. (Nila Chrisna).

Liputan6.com, Jakarta - Jika anda berlibur ke Jepang, cobalah mampir ke Ushiku Daibutsu di Prefektur Ibaraki, Jepang. Ushiku Daibutsu, adalah salah satu dari tiga patung Buddha terbesar di dunia dengan tinggi 120 meter atau setara dengan bangunan 38 lantai dan berat mencapai 4.000 ton.

Patung Buddha yang terbuat dari perungu ini dibangun oleh Kuil Higashi Honganji. Bagian dalam patung memiliki aula ibadah utama serta observatorium setinggi 85 meter. Patung Buddha ini dibangun pada tahun 1993 di sebuah lokasi yang diasosiasikan dengan Shinran, pendiri sekte Buddha Jodo Shinsu.

Kita bisa memasuki patung Buddha ini dari sisi belakang. Kita akan dibawa ke sebuah ruangan yang gelap gulita sebelum memasuki ruangan "Dunia Cahaya dan Kehidupan yang Tak Terbatas".

Saat memasuki "Dunia Cahaya" itu kita akan takjub dengan lampu berwarna biru dan ungu seolah berada di alam lain yang keramat dan suci. Sementara di tengah ruangan itu ada sebuah patung Buddha kecil berwarna emas. 

Saat memasuki Dunia Cahaya itu kita akan takjub dengan lampu berwarna biru dan ungu seolah berada di alam lain yang keramat dan suci.

Naik ke lantai dua, terdapat pameran tentang sejarah pembangunan Daibutsu. Di mana di ruangan itu terdapat model ibu jari Buddha yang sangat besar. Serta ada pula tempat menyalin sutra dengan hati yang bisa kita persembahkan kepada Buddha untuk mengucapkan syukur dan berterimakasih.

Naik ke lantai dua, terdapat pameran tentang sejarah pembangunan Daibutsu. Di mana di ruangan itu terdapat model ibu jari Buddha yang sangat besar.

 

Kemudian, naik ke lantai 3 kita akan memasuki "Dunia Suci Teratai" bisa melihat ruangan yang dindingnya dihiasi sebanyak 3.400 patung Buddha kecil yang terbuat dari emas. Di sana, kita bisa menuliskan nama-nama keluarga kita di patung Buddha tersebut.

Kemudian, kita bisa naik lagi dengan mengunakan lift ke lantai observasi setinggi 85 meter. Di sana kita bisa melihat panorama indah di sekeliling patung Buddha tersebut dengan mengintip di jendela. Jika cuaca cerah, kita dapat melihat Gunung Fuji dan Tokyo Skytree.


Menikmati Taman yang Indah di Kaki Patung Buddha

Di bawah kaki Patung Buddha Ushiku Daibutsu, kita bisa menikmati taman seluas 10.000 meter yang penuh dengan yang bunga mekar sepanjang tahun.

Di bawah kaki Patung Buddha, kita bisa menikmati taman seluas 10.000 meter yang penuh dengan yang bunga mekar sepanjang tahun. Sebab di taman itu terdapat banyak bunga seperti hydrangea, peony, sakura, phlox lumut, popi, dan kosmos.

Kita juga bisa memetik bunga tersebut untuk kenang-kenangan. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah ketika musim semi di mana bunga sakura dan phlox lumut merah muda mekar berbarengan. 

Untuk mengunjungi Ushiku Daibutsu ini, kita bisa naik kereta dari stasiun Stasiun Ushiku pada JR Joban Line, yang beroperasi dari Stasiun Nippori dan Ueno di Tokyo.

Dari Stasiun Ushiku, naiklah bus dari pintu keluar timur Platform 2. Turunlah di halte bus Ushiku-Daibutsu. Perjalanan dengan bus memerlukan waktu sekitar 30 menit.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya