5 Drama Korea dengan Karakter Disabilitas, Kisah yang Penuh Perjuangan dan Menginspirasi

Berikut ini adalah beberapa drama Korea yang karakter di dalamnya ada dengan disabilitas.

oleh Marisa Atalia Insara diperbarui 22 Nov 2023, 16:00 WIB
Moon Gang Tae dan Sang Tae. Drama Korea yang mengangkat kisah penyandang disabilitas (Foto: Netflix)

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea (drakor) juga memasukkan karakter penyandang disabilitas dalam ceritanya. Sudah ada beberapa judul drakor yang memasukkan cerita tentang hal tersebut.

Berikut adalah beberapa drakor yang turut melibatkan karakter orang disabilitas seperti dikutip dari Elle pada Rabu, (22/11/2023).

1. It's Okay to Not be Okay

Sulit untuk menunjukkan kesulitan kesehatan mental dan autisme, tetapi drama Korea ini berhasil menggambarkan hal tersebut. 

Terlepas dari kisah cintanya, It’s Okay to be Not Okay adalah kisah Moon Sang-Tae seperti halnya kisah Moon Gang-Tae dan Ko Moon-young. Kehidupan tiga protagonis utama terjalin dalam drama yang sangat indah dan memilukan ini. 

Karakter autis Moon Sang-Tae dalam drama Korea ini diperankan oleh Oh Jung-Se dengan penuh harapan dan berani. Dengan kondisi autisme, Moon Sang-Tae tidak pernah membiarkan siapa pun merasa kasihan padanya. Kapanpun saatnya tiba, dia tidak segan-segan memamerkan karya seninya atau berbagi nasihat hidup melalui lensanya.

 

  


2. Page Turner

Para pemain mini seri Page Turner, Kim So Hyun, Ji Soo dan Shin Jae Ha. foto: soompi

Kisah Page Turner berkisar pada seorang pianis berbakat Yoo Seul yang diperankan oleh Kim So Hyun. Wanita muda ini kuat dan tangguh. 

Sebuah kecelakaan yang membuatnya buta mengancam untuk menghancurkan semua yang telah ia usahakan setelah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk bermain piano. 

Lalu, ada juga Ji Soo memerankan Cha Shik, seorang juara lompat galah. Dia juga kehilangan tujuan setelah mengetahui bahwa dia tidak akan bisa terus berolahraga. 

Namun, hidupnya menjadi bermakna ketika peristiwa memaksanya untuk bermain piano dan mendukung Yoo Seul.

 

 

 


3. Extraordinary Attorney Woo

Extraordinary Attorney Woo. (ENA via Soompi)

Extraordinary Attorney Woo mencuri perhatian publik di 2022 lantaran cerita yang menarik dengan karakter utama dengan autisme. 

Diceritakan bahwa tokoh utama bernama Young Woo diperankan Park Eun Bin adalah sosok dengan autis tetapi juga memiliki kemampuan hukum yang cerdas dan memberikan kesan yang menyenangkan, hangat, dan punya daya ingat luar bias. 

Park Eun Bin dinilai apik dalam menggambarkan kepribadian karakter Young Woo. Meskipun memiliki diagnosis gangguan spektrum autisme, Young Woo berhasil menjadi pengacara yang mengesankan. 

Setiap episode memungkinkan kita untuk bersimpati dengan tantangannya selain menyaksikan keunggulannya sebagai pengacara. 

 


4. Good Doctor

Drama Korea Good Doctor kini dapat ditonton streaming di platform Vidio. (Sumber: Vidio)

Good Doctor, yang dibintangi oleh aktor Joo Won sebagai seorang dokter cerdas autis akan membuat takjub para penontom dengan penggambaran realistis tentang perjuangan yang dihadapi oleh karakter utamanya yang menarik. 

Seorang pemuda harus mengatasi banyak prasangka untuk mencapai tujuannya. Seiring berkembangnya plot, setiap karakter menjadi dekat dan belajar satu sama lain, mengubah perspektif mereka terhadap individu autis dalam prosesnya.

5. Move to Heaven

 

Lee Jee Hoon beradu akting dengan aktor muda Tang Joon Sang dalam Move to Heaven. Drakor  berkisah tentang Gae Ru (Tang Jung Sang), seorang remaja yang memiliki sindrom Asperger yang bekerja sendiri menjadi pembersih trauma setelah ditinggal ayahnya, Jeong U (Ji Jin Hee) yang meninggal karena sakit.

Jeong U telah menyiapkan semuanya, termasuk biaya hidup Geu Ru serta walinya, yaitu Sang Gu (Lee Je Hoon), pamannya yang baru keluar dari penjara.

Kedatangan Sang Gu yang begitu mendadak dan sikapnya yang tidak menyenangkan pun membuat Na Mu (Hong Seung Hee), tetangga dekat Geu Ru, menyimpan curiga dan terus mengawasi gerak-geriknya dan membuat serial Move To Heaven terasa mendebarkan.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya